Kamis, 19 Januari 2017

Merawat Pagar Rumah

Pagar menjadi salah satu bagian rumah yang mesti kita rawat. Bila kita kurang menaruh perhatian untuk merawatnya, bisa saja pagar terlihat kurang indah sehingga mengurangi nilai estetika eksterior. Nilai esterika eksterior yang berkurang tentunya akan mengurangi keindahan penampilan rumah. Selain itu, bisa saja terdapat celah masuk yang akan dimanfaatkan pencuri. Lalu, bagaimana cara merawat pagar rumah? Berikut beberapa tips merawat pagar rumah.

Perhatikan Bagian-Bagian Pagar Apakah Ada yang Terputus Atau Tak Tersambung dengan Baik Besi, pada dasarnya, termasuk material yang dapat berkarat. Karena besi termasuk material berkarat, ada saatnya pagar rumah berkarat. Biasanya, saat pagar rumah berkarat, ada bagian pagar yang terputus ataupun tak tersambung dengan baik. Bagian ini bisa saja dimanfaatkan pencuri untuk memasuki rumah. Nah dengan demikian, kita sebaiknya rutin memeriksa pagar. Misalnya, setiap tiga bulan ataupun setiap enam bulan. Bila ada bagian pagar yang terputus atau tak tersambung dengan baik, sebaiknya kita segera memanggil tukang las untuk memperbaikinya.


Gambar 1.Contoh Bagian Besi Pagar yang Patah

Mencat Pagar Secara Rutin dengan Cat Pagar yang Berkualitas
Ada saatnya juga cat pagar mulai terlihat pudar. Biasanya. disebabkan sinar terik matahari. Nah, bila cat pada pagar terlihat pudar, tentunya akan mengurangi keindahan eksterior. Karenanya, ada baiknya kita mencat pagar secara rutin. Agar eksterior rumah terlihat lebih fresh, pilihlah warna yang berbeda dari warna yang digunakan sebelumnya. Selain memperindah pagar, mencat pagar pun akan lebih melindungi pagar dari karatan. Pilihlah cat pagar yang berkualitas baik agar warna cat tak mudah luntur.


Gambar 2. Pagar yang Dicat Dengan Perpaduan Biru dan Coklat

Cermati Engsel atau Roda Pagar, Lumasi Bila Macet
Ditinjau dari cara pemasanganya, pagar dapat dikategorikan menjadi pagar engsel dan pagar doa. Pagar engsel menggunakan engsel sebagai poros dibuka-tutupnya pagar. Sedangkan pagar roda menggunakan roda, yang terdapat pada bagian bawah, agar pagar dapat dibuka-tutup. Nah, sama seperti dua hal sebelumnya, ada saatnya juga engsel ataupun roda pagar macet. Bila engsel ataupun roda macet, pintu akan sulit dan keras saat dibuka-tutup. Selain itu, akan mengeluarkan suara deritan kasar saat pagar dibuka-tutup. Untuk mengatasinya, lumasi engsel ataupun roda dengan oli secukupnya.


Gambar 3. Pagar jenis Roda

Cermati Slot Pagar
Slot pagar menjadi bagian pagar yang begitu vital. Sebabnya, bagian ini mengunci pagar agar tak dapat dibuka. Biasanya, pagar menggunakan slot pada bagian samping dan pada bagian bawah pagar. Nah, ada saatnya juga slot pagar longgar. Bila slot pagar longgar, maka pagar akan mudah dibuka walaupun digembok. Dengan demikian, bila slot pagar longgar, kita sebaiknya memanggil tukang las untuk mengencangkannya.


Gambar 4. Slot Pagar Pada Bagian Samping

Demikian, tips-tips merawat pagar rumah. Dengan merawat pagar rumah secara lebih seksama, maka akan membuat rumah lebih indah dan lebih aman.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://c8.alamy.com/comp/BP4FNB/a-pair-of-rusting-unhinged-iron-gates-at-chateau-de-bosmelet-near-BP4FNB.jpg
2.http://lh3.ggpht.com/_PMf4k8doAMY/R1ENvELtPZI/AAAAAAAAJpM/pGyt28T1svw/s800/YTGATE341.JPG
3.http://4.bp.blogspot.com/-v17WY8NqTTc/U1HownaUceI/AAAAAAAABPU/VoNY40P7Pmc/s1600/siburan+double+bearing.JPG
4. Gambar Milik Pribadi


Related Posts :