Senin, 27 Februari 2017

Memilih Tangga untuk Rumah Minimalis

Saat ini rumah dengan tipe minimalis sedang menjadi primadona di kalangan menengah ke bawah, terlebih lagi untuk daerah perkotaan yang sudah sulit untuk mendapatkan lahan. Keterbatasan lahan ini juga sangat menyulitkan kita jika ingin melakukan perluasan area rumah demi kenyamanan anggota keluarga. Dengan bertambahnya anggota keluarga sudah pasti kita juga memerlukan ruang gerak yang lebih besar. Bagi anda yang mempunyai kendala keterbatasan lahan, hal yang bisa dilakukan untuk memperluas area rumah adalah menambah bangunan ke atas, alias membangun lantai 2. Untuk menghubungkan lantai 1 dan 2 anda membutuhkan tangga. Tangga rumah biasanya terbuat dari beton, besi, kaca, atau kayu. Tangga yang berbahan dasar beton memiliki keistimewaan kuat dan mudah dibentuk apa saja. Sedangkan yang berbahan dasar besi atau baja memiliki kesan ringan, modern, dan minimalis. Untuk tangga yang berbahan dasar kayu cenderung kurang fleksibel, tapi memiliki kelebihan cepat dalam hal pengerjaannya.


Gambar 1. Salah satu contoh tangga minimalis

Saat melakukan pemilihan model tangga, ada baiknya jika anda memperhatikan keamanan dan keindahan dalam penempatannya. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika memilih model tangga yang diinginkan.

Pertama, perhatikan denah dan konsep rumah anda.
Saat menentukan penggunaan tangga untuk hunian anda, hal pertama yang anda lakukan adalah memperhatikan denah rumah dan konsep yang anda gunakan. Ini bertujuan untuk mencari letak penempatan tangga yang pas. Selain untuk menjaga supaya tetap enak dipandang juga untuk menghemat area kosong. Ada baiknya jika anda menggambar terlebih dahulu denah tangga yang diinginkan untuk merencanakan matang-matang fungsi dan keamanan tangga tanpa merusak nilai estetika rumah anda.

Ke dua, pemilihan kualitas tangga.
Tidak bisa dipungkiri jika tangga ini adalah elemen penting untuk bangunan yang berlantai 2 atau lebih. Jadi , mengeluarkan dana lebih besar demi keamanan dan kenyamanan penghuni rumah bukanlah hal yang salah. Misalnya untuk tangga kayu anda menggunakan kayu jati, kayu jati memang memiliki harga yang tinggi, tetapi sudah menjadi rahasia umum jika kayu ini terkenal kuat dan tahan lama. Selain itu penggunaan kayu ini akan memunculkan kesan eksotis atau unik.

Ke tiga, model atau desain tangga.


Gambar 2. Tangga minimalis multi fungsi

Desain tangga yang anda pilih berperan penting untuk memberikan kenyamanan dan juga keindahan. Terutama bagi anda yang mempunyai anggota keluarga balita, keamanan tangga rumah harus di utamakan. Perhatikan railing atau pagar yang ada di samping tangga, gunakan bahan yang kuat untuk menahan beban. Jangan lupa untuk mempertimbangkan luas ruangan anda juga, pilihlah tangga yang seminimalis mungkin supaya tidak terlalu memakan tempat. Atau anda bisa memilih model tangga yang memiliki fungsi ganda. Ini sangat pas untuk di aplikasikan pada rumah yang sempit.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
http://blogdesainrumah.net/tips-memilih-tangga-kayu-untuk-rumah-minimalis/

Sumber gambar:
1. http://www.arsindo.com/wp-content/uploads/2012/01/tangga-rumah-minimalis.jpg
2. http://www.mebellemari.com/wp-content/uploads/2014/06/ML-LG02-Lemari-Tangga-Minimalis-299x224.jpg


Related Posts :