Jumat, 17 Februari 2017

Memperindah Interior dengan Wallpaper

Ada banyak cara untuk menciptakan interior yang sedap dan nyaman dipandang mata. Salah satunya yaitu memasang wallpaper. Nah, agar wallpaper menjadikan interior sedap dan nyaman dipandang mata, kita mesti cermat memilih wallpaper. Lalu, seperti apa wallpaper yang sebaiknya kita pilih? Bila beberapa trik mudah dan praktis memilih wallpaper.

Pilihlah Wallpaper yang Memberikan Kesan Dramatis
Dilansir dari situs housebeautiful.com, Meg Braff, seorang desainer dekorasi, menyarankan memasang wallpaper wallpaper yang berkesan dramatis. Misalnya, wallpaper berornamen rerumputan ataupun wallpaper berornamen bunga berwarna pink. Selain menyarankan memilih wallpaper yang berkesan dramatis, Meg Braff pun menyarankan posisi pemasangan wallpaper. Menurutnya, letak pemasang wallpaper yang tepat yaitu di bagian plafon atau di belakang furniture. Nah, sebagai contoh wallpaper yang terlihat dramatis, dapat kita amati pada gambar berikut.


Gambar 1. Wallpaper Bermotif Bunga dan Pohon. Wallpaper Ini Memancarkan Kesan Dramatis Sehingga Seolah-olah Membawa Kita Ke Alam Bebas.

Memilih Wallpaper yang Simpel dan Menyatu dengan Isi Ruangan
Memasang wallpaper berkesan dramatis membuat ruangan terlihat begitu ramai. Nah, bila menginginkan wallpaper yang terlihat simpel, bagaimana triknya? Amati bentuk furniture yang dominan terlihat di dalam interior. Ambil contoh, bentuk furniture yang dominan terlihat yaitu bentuk garis miring. Lalu, pilihlah wallpaper dengan ornamen bentuk tersebut. Misalnya, ornamen trapesium ataupun jajargenjang. Nah, dengan menerapkan cara ini, wallpaper akan terlihat lebih simpel dan harmonis. Sekaligus juga menyatu dengan isi ruangan.


Gambar 2. Wallpaper Bermotif Pola Trapesium. Wallpaper ini ‘Matching’ dengan Kursi dan Lampu

Memilih Wallpaper untuk Ruangan Berukuran Kecil atau Minimalis
Sebagian besar orang memandang bahwa wallpaper hanya cocok dipasang pada ruangan berukuran besar. Padahal, wallpaper dapat juga dipasang pada ruangan berukuran kecil atau minimalis. Dengan demikian, bila rumah kita berukuran kecil ataupun bergaya kecil, dapat memasang wallpaper untuk memperindah interior. Akan tetapi, sebaiknya pilihlah wallpaper yang didominasi warna terang. Sebabnya, bila wallpaper didominasi warga gelap, cenderung membuat ruangan terasa sempit. Selain itu, pilihlah juga wallpaper dengan ornamen yang tak terlalu kompleks. Sebabnya, bila ornamen terlihat terlalu kompleks, cenderung membuat ruangan terasa padat. Berikut contoh ruangan minimalis yang dipasang wallpaper.


Gambar 3. Wallpaper Berornamen Simpel dan Berwarna Putih Cocok Dipasang di Dalam Ruangan Minimalis

Wallpaper Berornamen Warna Cerah Cocok Dipasang Pada Dinding Kamar Tidur
Menurut beberapa penelitian, warna mempengaruhi suasana hati orang yang memandangnya. Terkait wallpaper, wallpaper berornamen warna cerah sangat cocok dipasang pada kamar tidur. Sebabnya, saat memandang warna-warna cerah, secara psikologis membuat lebih nyaman dan tenang beristirahat. Terlebih, bila telah melakukan aktivitas melelahkan Wallpaper berornamen warna cerah pun dapat juga dipasang pada ruang keluarga, agar membuat kita lebih nyaman dan tenang saat berada di ruang tersebut. Berikut contoh wallpaper dengan ornamen berwarna cerah yang dipasang pada dinding kamar tidur.


Gambar 4. Wallpaper Cerah pada Dinding Kamar Tidur


Gambar 5. Wallpaper Cerah pada Dinding Kamar Tidur

Demikian, beberapa hal terkait wallpaper yang dapat kita pilih untuk memperindah interior. Dengan memilih wallpaper yang sesuai dengan karakteristik ruangan, menjadikan interior begitu sedap dan nyaman dipandang mata. Nah, ingin memperindah interior dengan wallpaper?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://www.velvetcushion.com/files/media/wallpaper-designs-home-interior-g36902.jpg
2. http://interiordesignfiles.com/wp-content/uploads/2011/03/nina-campbell-luxury-wallpaper-home-interior-decorating-10.jpg
3. http://www.interiordesign777.com/wp-content/uploads/2014/05/Modern-minimalist-sofa-background-wall-with-abstract-leaf-wallpaper.jpg
4. http://themaisonette.net/wp-content/uploads/2012/12/Kids-room-cute-pink-dotty-wallpaper-girls-bedroom-home-design.jpg
5. http://3.bp.blogspot.com/-dOhSSkCi7Qk/T_XhfPePnWI/AAAAAAAARqs/UPO6l64Of0Q/s1600/stadshem+cococozy+white+gray+grey+bedroom+bed+throw+pillows+wallpaper+feature+wall+branches+light+gray.jpg


Related Posts :