Rabu, 08 Februari 2017

Menata Kabel Listrik Barang-Barang Elektronik Agar Rumah Terlihat Lebih Rapih

Dalam rumah, umumnya terdapat beragam barang elektronik. Mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar. Beberapa contoh barang elektronik yang biasanya terdapat di dalam rumah yaitu televisi, mesin cuci, dan kulkas. Nah, karena barang-barang elektronik menggunakan kabel listrik, penataan kabel listrik menjadi hal yang tak dapat diabaikan. Sebabnya, bila kabel listrik kurang tertata dengan baik, secara psikologis akan mengurangi kenyamanan kita saat berada di dalam rumah. Dan juga, secara psikologis akan memunculkan kesan rumah kurang begitu terawat. Lalu, bagaimana menata kabel listrik barang-barang elektronik agar rumah terlihat lebih rapih? Berikut beberapa cara menata kabel listrik agar rumah terlihat lebih rapih.

Tempel Kabel pada Tembok Dengan Menggunakan Klem Kabel
Bagi sebagian penghuni rumah, klem menjadi barang yang tak asing lagi. Klem biasa digunakan untuk menempelkan kabel panjang, seperti kabel telepon, kabel bel, ataupun kabel jaringan komputer, pada permukaan tembok. Nah, klem dapat digunakan juga untuk menempelkan kabel listrik barang-barang elektronik pada permukaan tembok. Terlebih, bila terdapat banyak barang elektronik di dalam rumah. Dan juga, bila terdapat banyak barang elektronik yang berada jauh dari sumber listrik. Dengan memasang klem pada kabel listrik, kabel listrik akan terlihat lebih rapih. Nah, untuk memasang klem, memerlukan palu. Bila ingin memasang klem di permukaan tembok tinggi, tentunya memerlukan tangga. Berikut contoh klem.


Gambar 1. Contoh Klem

Bila Banyak Kabel Listrik yang Tercolok Pada Sumber Listrik, Ikat dengan Pengikat Kabel
Saat ini, di pasaran terdapat beragam produk pengikat kabel. Salah satunya, yaitu pengikat kabel yang terbuat dari bahan nilon. Pengikat kabel dapat kita gunakan bila terdapat sekumpulan kabel listrik yang tercolok pada sumber listrik. Dengan mengikat sekumpulan kabel tersebut, tentu saja akan terlihat lebih rapih. Berikut contoh pengikat kabel.


Gambar 2. Pengikat Kabel Berbahan Nilon

Aturlah Posisi Kabel dan Terminal Listrik Agar Tak Terlalu Terlihat
Secara psikologis, orang merasa kurang nyaman melihat untaian kabel. Terlebih, bila kabel begitu panjang, berjumlah banyak, ataupun bergulung-gulung. Karenanya, agar keberadaan kabel tak mengurangi kenyamanan saat berada di dalam rumah, aturlah posisi kabel agar tak terlalu terlihat. Misalnya, menyimpan untaian kabel di belakang barang elektronik agar tak terlalu terlihat. Bila kita menggunakan terminal listrik, aturlah juga posisi terminal listrik agar tak terlalu terlihat. Misalnya, menyimpannya di bagian belakang barang elektronik. Sebabnya, secara psikologis, bila terminal listrik berada di hadapan mata, cenderung mengurangi kenyamanan berada di dalam rumah.


Gambar 3. Terminal Listrik

Demikian, beberapa cara menata kabel listrik barang-barang elektronik agar rumah terlihat lebih rapih. Kesimpulannya, penataan kabel listrik menjadi salah satu hal penting dalam penataan interior. Karenanya,tak ada salahnya kita mencermatinya.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://i01.i.aliimg.com/photo/v0/1476989365/Strong_nail_square_plastic_cable_clamps.jp
2. http://www.cabletiefan.co.uk/cableties/cable_tie_.JPG
3. https://ecs12.tokopedia.net/newimg/product-1/2014/7/6/185038/185038_5eb0dea2-04f3-11e4-9e4b-cadd4908a8c2.jpg


Related Posts :