Senin, 13 Maret 2017

Cara Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami

Apa sih yang anda rasakan ketika menemukan kecoa berkeliaran di dalam rumah? Yang pasti jijik ya, serangga yang satu ini memang identik dengan kotor. Apa yang biasa anda lakukan jika anda menemukan kecoa di rumah anda? Menyemprotkan pembasmi serangga atau memukulnya sampai mati? Tahukah anda jika kedua cara di atas itu berbahaya untuk kesehatan anggota keluarga. Bahan kimia yang terkandung pada cairan pembasmi serangga cukup berbahaya, apalagi jika anda memiliki anak-anak. Dan memukul kecoa sampai hancur, mengeluarkan isi perutnya juga berbahaya. Karena di dalam perut kecoa terdapat cacing yang berbahaya bagi manusia, walaupun kecoa ini mati cacing di dalam perutnya tidak mati. Ada baiknya jika anda membasmi kecoa dengan bahan alami saja. Berikut ini ada beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk membasmi kecoa.


Gambar 1. Kecoa

  1. Larutan Mentimun
    Ternyata selain nikmat dikonsumsi sebagai lalapan mentimun ini juga bisa anda gunakan untuk mengusir kecoa yang berkeliaran di rumah anda. Jadi jika anda menggunakan timun untuk pelengkap hidangan jangan membuang kulitnya. Masukkan kulitnya ke dalam kaleng aluminium dan tambahkan air, reaksi yang dihasilkan mentimun dan aluminium ini adalah bau menyengat yang sangat tidak di sukai oleh kecoa. Tinggal anda letakkan di tempat yang menjadi sarang kecoa, pasti kecoanya kabur.

  2. Pasta Gigi
    Buatlah cairan pasta gigi, caranya cukup mencampur pasta gigi dan air, masukkan ke dalam botol sprai. Jadi sewaktu-waktu anda menemukan kecoa berkeliaran di dalam rumah tinggal langsung semprot dengan cairan ini. Setelah anda semprot dengan cairan ini kecoa akan lemas dan mati.

  3. Daun Salam
    Bumbu dapur yang satu ini ternyata juga bisa kita gunakan sebagai bahan pengusir kecoa. Caranya sangat mudah, ambillah beberapa helai daun salam kering, tumbuk sampai halus. Berikutnya anda cukup menaburkan bubuk daun salam ini di sarang kecoa, serangga ini akan pergi karena tidak menyukai aroma daun salam.

  4. Bay Leaf
    Daun rempah yang berasal dari Eropa ini juga bisa anda gunakan sebagai bahan alami pengusir kecoa. Walaupun tumbuhan ini berasal dari Eropa tapi saat ini sudah banyak dijual di Indonesia, anda bisa membelinya di supermarket. Daun ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan daun salam, tapi aroma dan kegunaannya berbeda. Cara menggunakan daun ini untuk mengusir kecoa juga sama dengan jika anda menggunakan daun salam, taburkan saja bubuk daun ini, kecoa tidak menyukai aroma daun bay leaf.

  5. Baking Soda
    Satu lagi bahan dari dapur anda yang bisa digunakan untuk mengusir kecoa, yaitu baking soda atau soda kue. Selain digunakan untuk membuat kue, baking soda juga ampuh untuk membasmi kecoa. Caranya cukup mencampur baking soda dan gula putih. Taburkan campuran dua bahan ini di kolong meja, lemari makan, atau di mana pun tempat yang sekiranya disukai kecoa. Si gula akan mengundang kecoa sedangkan baking soda akan membunuhnya.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
1. http://www.lintangsore.com/2016/09/cara-mengusir-kecoa-secara-alami.html
2. http://indotopinfo.com/mengusir-kecoa-dari-rumah.htm

Sumber gambar:
http://riesalam.com/wp-content/uploads/2015/08/membasmi-menghilangkat-perangkap-cara-mengusir-kecoa.jpg


Related Posts :