Rabu, 15 Maret 2017

Jenis-jenis Atap Rumah [Bag. 2]

5. Atap Genteng Asbes


Gambar 5. Atap Rumah yang Terbuat dari Asbes

Genteng asbes ini memiliki bentuk yang sama persis dengan genteng seng, hanya saja bahan asbes tidak menimbulkan hawa panas di dalam rumah. Akan tetapi penggunaan asbes ini sudah dilarang karena berbahaya untuk kesehatan. Karbon yang digunakan pada asbes mudah terlepas dan terhirup pada pernapasan menyebabkan kanker paru-paru.

6. Atap Genteng Metal


Gambar 6. Atap Rumah yang terbuat dari Genteng Metal

Jika anda berencana menggunakan genteng metal sebagai atap hunian anda maka anda harus menyiapkan anggaran yang cukup besar untuk ini. Jenis genteng yang satu ini memiliki harga jual yang sangat tinggi. Harga yang dibandrol si genteng metal Ini sepadan jika dilihat dari segi penampilan,manfaat, dan kualitas. Genteng terobosan terbaru ini terbuat dari logam anti karat / baja lapis ringan. Karena memiliki sifat yang ringan otomatis beban yang harus ditanggung rangka atap juga ringan. Selain ringan, atap metal ini juga mempunyai sifat memantulkan panas, jadi suhu di dalam ruangan akan terasa lebih sejuk. Sedangkan dari segi penampilan jenis genteng ini tidak perlu diragukan lagi keindahannya, anda bisa memilih bentuk yang anda inginkan, tersedia banyak sekali variasi bentuk jenis genteng metal. Kelebihan lain yang dimiliki genteng metal adalah anti karat, anti api, anti pecah, anti lumut, bebas perawatan, dan ramah lingkungan, karena bisa di daur ulang. Kelemahan genteng metal hanya terletak pada harganya saja yang mahal dan sedikit sulit pemasangannya karena memerlukan ketelitian supaya tetap nampak sedap dipandang mata.

7. Atap genteng Kaca


Gambar 7. Genteng Kaca yang Terpasang pada Sebagian Atap Rumah

Genteng yang terbuat dari kaca ini biasanya dipasang pada bagian tertentu di atap rumah, gunanya adalah untuk memberikan pencahayaan yang cukup di dalam rumah, sehingga ruangan tidak lembab dan pengap. Disarankan untuk tidak terlalu banyak memasang genteng kaca, karena jika anda memasang genteng kaca terlalu banyak maka suhu di dalam ruangan akan naik, terutama saat siang hari. Kelemahan genteng kaca yaitu mudah pecah, sama seperti sifat kaca pada umumnya.

8. Atap Beton Cor


Gambar 8. Atap Rumah yang Terbuat dari Beton Cor Dimanfaatkan sebagai Tempat Bersantai

Atap beton cor memiliki nama lain beton bertulang. Biasanya ditemui pada bangunan yang memiliki lantai 2 atau lebih. Atap beton ini memiliki fungsi ganda, selain sebagai atap rumah biasanya difungsikan juga untuk tempat menjemur pakaian atau untuk tempat bersantai. Ada bagian lain yang harus anda perhatikan jika anda menggunakan atap beton cor ini, yaitu bagian pondasi rumah. Pastikan pondasi rumah anda kuat menahan beban bangunan, karena atap beton cor ini memiliki kelemahan pada beratnya. Pondasi rumah yang biasa digunakan pada bangunan yang beratapkan beton cor adalah pondasi jenis ceker ayam.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
  1. http://teknikarsitektur.com/macam-bahan-atap-rumah/
  2. http://majalahasri.com/mengenal-ragam-jenis-atap/
  3. http://rumahlia.com/perawatan/atap/jenis-jenis-atap-rumah
Sumber gambar:
5. http://teknikarsitektur.com/wp-content/uploads/2016/06/Macam-Bahan-Atap-Rumah-Asbes.png
6. http://teknikarsitektur.com/wp-content/uploads/2016/06/Macam-Bahan-Atap-Rumah-Metal.png
7. http://rumahlia.com/wp-content/uploads/2016/08/genteng-kaca-e1470111145314-300x257.jpg
8. http://rumahlia.com/wp-content/uploads/2016/08/atap-beton-cor-1-300x286.jpg


Related Posts :