Kamis, 16 Maret 2017

Jenis-jenis Atap Rumah [Bag. 3 - Habis]

9. Atap Genteng Keramik


Gambar 9. Atap Rumah dengan Genteng Keramik

Sesuai dengan namanya jenis genteng yang satu ini terbuat dari keramik. Genteng ini memiliki tekstur licin dan memberikan kesan mewah, akan tetapi harga genteng jenis ini cukup mahal. Sebenarnya genteng keramik ini terbuat dari tanah liat yang dilapisi pewarna glatzur pada akhir tahap pembuatannya. Genteng keramik memiliki banyak pilihan warna yang cantik, warna yang dimiliki genteng keramik juga tahan lama karena proses pembuatannya dibakar pada suhu tinggi. Selain harga yang mahal, kelemahan lain dari genteng keramik adalah kesulitan pemasangannya. Harus menggunakan mur / baut untuk mengikat genteng dan dibutuhkan ketelitian juga. Ketika anda melakukan pemasangan genteng keramik ada hal yang perlu anda perhatikan, yaitu kemiringan minimal 30 derajat supaya genteng aman tidak terlepas ketika ada angin kencang dan air hujan dapat mengalir lancar.

10. Atap Genteng Aspal


Gambar 10. Atap Rumah dengan Genteng Aspal

Saat anda memutuskan untuk menggunakan genteng aspal ini maka yang harus anda persiapkan adalah rangka atap yang kuat, karena genteng aspal ini memiliki sifat berat. Akan tetapi berat genteng jenis ini lebih ringan dibanding genteng metal atau keramik. Harga genteng yang terbuat dari aspal dan campuran bahan kimia ini juga lumayan mahal. Kelebihan yang dimiliki genteng aspal yaitu memiliki berbagai pilihan warna, sudah dilapisi anti jamur, anti pudar, tahan terhadap angin kencang dan api.

11. Atap Kanopi


Gambar 11. Teras dengan Atap Kanopi

Atap dengan bahan kanopi sering sekali kita jumpai di teras-teras rumah atau car port. Penggunaan kanopi pada teras rumah ini memberikan kesan teduh pada hunian. Bahan atap kanopi ini memiliki kelebihan mudah dalam hal pemasangan dan murah harganya. Selain itu, bahan atap yang satu ini banyak sekali variasi pilihan bentuk dan warnanya. Kanopi juga memiliki ketahanan yang cukup bagus pada cuaca, hanya saja akan menimbulkan suara berisik ketika hujan seperti seng.

12. Atap Awning


Gambar 12. Sisi Rumah yang Terpasang Atap Awning untuk Melindungi Jendela

Atap awning ini adalah atap yang terbuat dari kain dan dipasang dengan rangka besi. Kelebihan yang dimiliki adalah kainnya bisa dibuka dan ditutup sesuai keinginan. Sayang sekali atap jenis ini tidak tahan terhadap serangan cuaca hujan dan panas. Atap jenis ini sering kita jumpai pada sisi bangunan untuk melindungi jendela atau pintu supaya tidak tampias ketika hujan atau melindungi dari teriknya sinar matahari.

Itulah beberapa jenis atap rumah yang bisa anda pilih untuk hunian anda. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan anda ketika memilih bahan untuk atap bangunan yang sesuai dengan keinginan anda.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
1. http://teknikarsitektur.com/macam-bahan-atap-rumah/
2. http://majalahasri.com/mengenal-ragam-jenis-atap/
3. http://rumahlia.com/perawatan/atap/jenis-jenis-atap-rumah

Sumber gambar:
9. http://rumahlia.com/wp-content/uploads/2016/08/Genteng-keramik-300x271.jpg
10. http://rumahlia.com/wp-content/uploads/2016/08/genteng-aspal-300x187.jpg
11. http://rumahlia.com/wp-content/uploads/2016/08/atap-kanopi-300x212.jpg
12. http://rumahlia.com/wp-content/uploads/2016/08/atap-awning-300x187.jpg


Related Posts :