Senin, 06 Maret 2017

Jenis-jenis Pintu

Pintu adalah suatu hal yang penting dalam suatu bangunan. Setiap kita mendirikan bangunan pasti ada pintu untuk akses keluar masuk. Entah itu di rumah, gedung perkantoran, swalayan, rumah sakit, atau tempat apapun. Pintu adalah hal pertama yang dilihat orang ketika ingin mengunjungi suatu tempat. Maka tidak salah jika anda memprioritaskan penampilan pintu, apalagi jika itu adalah bangunan tempat usaha, supaya lebih menarik bagi si costumer anda tentunya. Penampilan bukan hanya untuk penampilan manusianya saja, bangunan anda juga perlu untuk dipoles supaya tampil cantik dan menarik. Nah di sini saya akan membahas jenis-jenis pintu yang bisa anda aplikasikan untuk mempercantik bangunan anda, silahkan dicek.

  1. Pintu Ayun atau Swing Door

    Pintu jenis ini adalah pintu yang paling umum dan sering kita jumpai, digunakan di berbagai bangunan, di rumah, kantor, toko, dan sebagainya. Sering juga disebut pintu jenis kupu-kupu, dengan cara pengoprasian ditarik atau didorong. Keistimewaan pintu ini adalah mudah dari segi pemasangan dan perawatannya. Kelemahan yang dimiliki yaitu membutuhkan tempat yang lumayan luas untuk ayunan pintu saat membuka dan menutupnya.


    Gambar 1. Jenis pintu ayun berbahan dasar kayu

  2. Pintu Geser
    Yang kedua adalah pintu geser, pintu jenis ini wajib ada di rumah anda jika anda menyukai bangunan rumah ala Jepang. Pintu jenis ini biasa digunakan pada rumah yang sempit untuk menjadi pemisah ruangan, karena tidak membutuhkan ruang yang lebar saat membuka dan menutupnya. Biasanya juga digunakan pada lemari baju atau bufet, ini akan menimbulkan kesan rapi. Sebagian orang menyebutnya pintu sliding, dari namanya saja kita sudah tau cara penggunaannya, yaitu digeser ke kiri atau ke kanan. Kelemahan dari pintu jenis ini adalah pemasangannya yang sulit karena bantalan padatnya dan juga membutuhkan waktu untuk menggantung daun pintu.


    Gambar 2. Pintu geser ala Jepang

  3. Pintu Lipat
    Pintu jenis lipat ini memiliki cara kerja yang sama dengan pintu geser, hanya saja ketika anda menggesernya untuk dibuka maka akan ada lipatan daun pintu yang menumpuk. Biasanya digunakan pada garasi, pintu pagar, atau pemisah ruang keluarga yang luas. Adapun kelemahan yang dimiliki jenis pintu ini adalah dibutuhkan ruang vertikal untuk meletakkan lipatan daun pintu.


    Gambar 3. Pintu lipat berbahan dasar kaca

  4. Pintu Otomatis
    Jenis pintu ini biasanya di gunakan pada area perkantoran. Pintu ini juga disebut pintu pintar, karena pintu akan membuka atau menutup sendiri ketika ada orang yang ingin masuk atau keluar ruangan. Pintu ini bekerja dengan sensor gerak, jadi ketika ada orang yang melewati sensor gerak maka pintu otomatis terbuka. Jenis pintu ini memiliki keunggulan dalam kekuatan mempertahankan suhu ruangan.


    Gambar 4. Jenis pintu otomatis

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
http://rumahbagus.info/jenis-dan-model-pintu-rumah/

Sumber gambar:
  1. http://rumahbagus.info/wp-content/uploads/2014/11/Contoh-Model-Pintu-Lipat-Kaca-Aluminium-Rumah-Minimalis-540x488.jpg
  2. http://media.rooang.com/wp-content/uploads/2014/09/japanese-room.jpg
  3. http://rumahasik.com/wp-content/uploads/2015/11/Desain-Pintu-Geser-Lipat.jpg
  4. https://ecs12.tokopedia.net/newimg/product-1/2014/3/27/3569470/3569470_9eec7422-b56b-11e3-bca2-b3692523fab8.jpg


Related Posts :