Rabu, 01 Maret 2017

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Rangka Atap Baja

Perkembangan zaman dan teknologi saat ini sangat pesat, tak terkecuali perkembangan di bidang konstruksi. Sudah banyak yang meniggalkan atap bangunan yang menggunakan bahan dasar kayu, selain karena mahal, kayu juga sulit dicari. Sekarang sudah banyak orang yang mulai beralih ke bahan baja ringan, karena harga baja ringan yang lebih murah dibanding dengan menggunakan kayu, baja ringan ini juga lebih awet. Dari sisi pengerjaannya juga tidak terlalu memakan waktu.

Baja yang dimaksud di sini bukanlah baja pada umumnya, melainkan baja yang dibentuk setelah dingin (cold form steel),memiliki sifat ringan dan tipis tapi fungsi yang dimiliki sama dengan baja pada umumnya. Rangka atap baja ini sangat kuat dan anda bisa menggunakan genteng dari bahan apapun. Untuk meyakinkan anda dalam penggunaan rangka atap baja ringan, ada baiknya jika anda melihat kelebihan dan kekurangannya berikut ini.


Gambar 1. Rumah dengan rangka atap baja

Kelebihan menggunakan atap baja ringan:
  1. Beban atap lebih ringan dibanding menggunakan rangka kayu. Otomatis struktur rumah yang ada di bawah tidak menanggung beban berat. Atap baja ringan ini sangat cocok digunakan untuk rumah yang berada di kawasan rawan gempa, atap yang ringan tidak akan menghancurkan bangunan rumah anda ketika terjadi gempa.
  2. Mengurangi api berkobar ketika terjadi kebakaran, karena sifat baja ringan ini tidak membesarkan api seperti jika anda menggunakan kayu.
  3. Menggunakan rangka atap baja ringan lebih awet di banding menggunakan rangka kayu, meminimalisir biaya renovasi pada atap.
  4. Rangka atap baja ringan bebas dari serangan rayap dan tidak akan mengalami perubahan atau penyusutan yang diakibatkan oleh cuaca. Kecuali jika anda tinggal di pesisir pantai, tidak direkomendasikan menggunakan atap baja ringan. Karena angin laut bisa menyebabkan baja karatan.
  5. Atap baja ringan lebih mudah dan cepat proses pemasangannya dibandingkan kayu dan juga tidak menyisakan banyak potongan-potongan bahan yang tidak terpakai.
  6. Menggunakan rangka atap baja ini lebih ramah lingkungan, karena anda mengurangi penebangan pohon di hutan.
Kekurangan menggunakan atap baja ringan:
  1. Rangka atap baja ini kurang menarik, tidak seperti kayu. Jadi mau tidak mau anda harus menggunakan plafon supaya kelemahan atap ini tidak terlihat. Akan tetapi jika desain kerangka ini dibuat sebagus dan semenarik mungkin tidak ada salahnya untuk membiarkannya terbuka, untuk menimbulkan kesan unik.
  2. Jika terjadi kesalahan pada satu bagian maka akan berimbas pada seluruh bagian rangka atap. Karena sifat rangka atap baja ini seperti jaring, saling berhubungan antara titik satu dengan yang lainnya.
  3. Rangka atap baja ini tidak fleksibel . Jadi anda tidak bisa berkreasi seperti kalau anda menggunakan kayu. Tidak bisa membuat model ukiran atau membuat bentuk sesuai dengan keinginan anda. Rangka atap baja ini juga sulit diaplikasikan pada rumah yang memiliki bentuk atap bulat.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
http://www.binasyifa.com/679/35/27/kelebihan-dan-kekurangan-atap-baja-ringan.htm
http://www.rumah.armina123.com/kelebihan-dan-kekurangan-atap-baja-ringan/

Sumber gambar:
http://www.ilmusipil.com/wp-content/uploads/2013/04/rangka-atap-baja-ringan.jpg


Related Posts :