Jumat, 03 Maret 2017

Memilih dan Meletakkan Tempat Sampah

Tempat sampah menjadi benda yang wajib ada di dalam rumah. Tentu saja, karena tempat sampah bermanfaat sebagai tempat penampungan beragam jenis sampah. Lalu, karena terdapat beragam jenis tempat sampah, tempat sampah seperti apa yang sebaiknya kita letakkan di dalam rumah? Dan juga, di posisi mana saja sebaiknya tempat sampah diletakkan? Berikut beberapa tips memilih dan meletakkan tempat sampah.

Pilihlah Tempat Sampah yang Dilengkapi Penutup Untuk Membuang Sampah Organik
Salah satu jenis sampah yaitu sampah organik (sisa-sisa makanan). Nah, untuk membuang sampah organik, sebaiknya sediakan tempat sampah yang dilengkapi penutup. Di pasaran, tersedia beragam jenis tempat sampah yang dilengkapi penutup. Lalu, mengapa? Bila membuang sampah organik di tempat sampah tanpa penutup, kemungkinan besar tempat sampah mengeluarkan aroma tak sedap. Selain itu, cenderung mengundang kucing, tikus, kecoak, lalat mengambil sisa-sisa makanan dari dalam sampah. Terkait posisi meletakkannya, letakkan di tempat yang dekat dengan tempat mencuci piring. Tentu saja, agar lebih memudahkan kita membuangnya.


Gambar 1. Tempat Sampah Yang Dilengkapi Penutup

Untuk Membuang Sampah Anorganik, Tak Mesti Menggunakan Sampah Berpenutup.
Beberapa contoh sampah anorganik yang biasanya ada di dalam rumah antara lain kardus makanan, bungkus makanan ataupun minuman instan, dan tumpukan kertas. Nah, berbeda dengan sampah organik, kita tak mesti menggunakan sampah berpenutup untuk membuang sampah an-organik. Namun, bila sampah an-organik berjumlah banyak, sebaiknya pilihlah tempat sampah berpenutup. Sebabnya, orang biasanya kurang nyaman memandang sampah yang bertumpuk-tumpuk. Lalu, di posisi mana kita sebaiknya meletakkannya? Sebaiknya, letakkan tempat sampah ini di salah satu pojok ruangan pada setiap ruangan. Tentu saja, agar kita lebih praktis membuang berbagai sampah an-organik.

Bila Memiliki Budget Berlebih, Sebaiknya Memilih Tempat Sampah Berbahan Stainless Steel
Tempat sampah berbahan plastik menjadi jenis tempat sampah yang paling digunakan. Selain tempat sampah berbahan plastik, adajuga tempat sampah berbahan stainless steel. Dibandingkan tempat sampah plastik, tempat sampah stainless steel terlihat lebih bersih sehingga membuat interior terlihat lebih bersih. Akan tetapi, harganya lebih tinggi dibandingkan tempat sampah plastik. Dengan demikian, bila memiliki dana berlebih, sebaiknya memilih tempat sampah berbahan stainless.


Gambar 2. Tempat Sampah Stainless Steel

Perhatikan Juga Bentuk Desain Tempat Sampah
Meskipun menjadi wadah penampungan sampah, tempat sampah dapat juga dimanfaatkan untuk menghias interior. Caranya, pilihlah tempat sampah dengan warna dan desain yang menarik. Berikut contoh tempat sampah dengan warna dan desain yang menarik.


Gambar 3. Tempat Sampah Berdesain Unik

Demikian, beberapa hal terkait pemilihan dan posisi meletakkan tempat sampah. Kesimpulannya, dengan memilih tempat sampah dan meletakkannya secara tepat, rumah akan terlihat lebih bersih. Dan juga, meskipun tempat sampah menjadi tempat penampungan sampah, pemilihan tempat sampah yang tepat akan membuat interior terlihat lebih manis dipandang mata.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://www.yser-toyogo.com/pix/dustbin/1013.jpg
2. https://pusatempatsampahstainless.files.wordpress.com/2014/05/tempat-sampah-standing-ashtray-kotak-stainless.jpg
3. http://www.decobizz.com/pictures/20140103/unique-design-designer-garbage-cans-layout.jpg


Related Posts :