Senin, 20 Maret 2017

Mengusir Rayap dengan Bahan Alami

Rayap adalah salah satu jenis serangga merugikan yang sering kita temui di sudut-sudut, menggerogoti kayu sampai keropos. Rayap paling suka menyerang bagian-bagian yang lembab, maka dari itu usahakan untuk memberikan pencahayaan yang cukup supaya terlepas dari serangan rayap. Atau lakukan penjemuran secara rutin pada furnitur supaya tidak lembab.


Gambar 1. Rayap, serangga pemakan kayu

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk menghindari rayap adalah melakukan penyemprotan galian pondasi dengan obat anti rayap sebelum mendirikan bangunan, cara ini sangat efektif untuk menghindari rayap. Pada metode ini, obat akan bertahan selama kurang lebih 5 tahun. Jika bangunan anda sudah terlanjur berdiri dan anda belum melakukan penyemprotan, untuk mengusir serangga pemakan kayu ini anda bisa menggunakan bahan alami berikut ini:
  1. Garam
    Bumbu dapur yang satu ini memang benar-benar multi fungsi, selain untuk bumbu masak garam juga sering sekali digunakan untuk bahan pengobatan herbal. Garam juga bisa anda gunakan untuk mengusir serangga di dalam rumah, salah satunya untuk mengusir rayap. Cara mengusir rayap dengan garam ini sangatlah mudah, cukup anda taburkan garam dapur di sarang rayap dan sekitarnya maka rayap akan menjauh.

  2. Air Cucian Beras
    Air cucian beras ternyata bisa anda manfaatkan loh untuk mengusir rayap. Caranya cukup mudah, siramkan air cucian beras yang pertama pada sarang rayap dan sekitarnya, dengan begitu rayap akan pergi. Memanfaatkan limbah cucian beras yang tidak berbahaya untuk mengusir rayap ini termasuk pilihan yang cermat, karena anda tidak perlu mengeluarkan biaya tetapi rayap lenyap.

  3. Minyak Tanah
    Selain digunakan sebagai bahan bakar, minyak tanah juga bisa anda gunakan untuk mengusir serangga pemakan kayu ini. Caranya sangat mudah cukup masukkan minyak tanah pada botol seprai, lalu semprotkan pada kayu yang terserang rayap dan juga di sarangnya, dijamin rayap akan menghilang dari rumah anda. Sisi minusnya menggunakan minyak tanah sebagai bahan pengusir rayap adalah bau tidak sedap yang ditinggalkan si minyak tanah. Tapi di luar bau menyengat yang ditimbulkan minyak tanah ini sudah terbukti ampuh untuk mengusir rayap.

  4. Air Rendaman Tembakau
    Si bahan dasar pembuat rokok ini juga bisa anda manfaatkan untuk mengusir rayap. Caranya sangat mudah, rendam tembakau selama satu malam untuk mengeluarkan sari tembakau. Setelah itu masukkan air rendaman tembakau ke dalam botol seprai dan semprotkan pada bagian rumah yang diserang rayap.

  5. Air Kapur Sirih
    Rayap memiliki kulit yang tipis dan halus, sedangkan kapur sirih memiliki sifat panas, jadi anda bisa menggunakan kapur sirih untuk mengusir serangga ini. Caranya cukup dengan membuat cairan kapur sirih, mencampur kapur sirih dengan air. Masukkan cairan kapur sirih ke dalam botol sprai lalu semprotkan pada kayu yang terserang rayap.

Oleh: Nora
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi tulisan:
http://bacaterus.com/cara-membasmi-rayap-di-rumah/
Sumber gambar:
http://2.bp.blogspot.com/-WIv5gNQSkvo/UWUZF1iKtkI/AAAAAAAAAQk/8FUx9z0Ijn0/s1600/rayap.jpg


Related Posts :