Kamis, 23 Maret 2017

Trik Menata Buku-Buku Agar Terlihat Lebih Rapih

Bagi yang hobi membaca buku ataupun bagi yang senang mengkoleksi buku, tentunya memiliki banyak buku. Ada yang menyimpannya di ruangan khusus dan ada juga yang menyimpannya di ruangan lainnya. Nah, agar buku-buku terlihat rapih, kita mesti cermat menatanya. Sebabnya, bila buku-buku kurang tertata dengan rapih, bisa saja membuat kurang nyaman saat berada di dalam ruangan tempat menyimpan buku. Terlebih, bila buku berjumlah banyak. Lalu, bila memiliki banyak buku, bagaimana trik menata buku-buku agar terlihat rapih? Berikut trik-trik menata buku-buku agar terlihat rapih.

Sebaiknya Tak Menyimpan Buku-Buku Dalam Posisi Bertumpuk
Kita dapat menyimpan buku-buku, baik di dalam lemari ataupun di atas meja. Bila buku berjumlah banyak, sebaiknya simpan di dalam lemari khusus berukuran besar. Nah, agar buku-buku terlihat lebih rapih, sebaiknya tak menyimpan buku-buku dalam posisi bertumpuk. Simpanlah buku-buku dalam posisi berdiri dengan menggunakan peyangga. Sebabnya, orang cenderung lebih nyaman memandang buku-buku yang disimpan dalam posisi berdiri dibandingkan buku-buku yang disimpan dalam posisi bertumpuk.

Selain itu, bila buku-buku disimpan dalam posisi bertumpuk, kita akan lebih sulit mengambilnya dan menyimpannya kembali. Terlebih, bila ukuran buku sangat beragam. Buku-buku pun biasanya lebih cepat rusak bila disimpan dalam posisi bertumpuk. Sebagai informasi, sebagian besar perpustakaan menyimpan buku dalam posisi berdiri. Berikut contoh buku-buku yang disimpan dalam posisi berdiri.


Gambar 1. Buku-Buku yang Disimpan Dalam Posisi Berdiri Di Dalam Lemari

Bila Ruangan Tempat Menyimpan Buku Berukuran Kecil, Pasang Lemari Atau Tempat di Dinding Untuk Menyimpan Buku
Dalam ruangan berukuran kecil, tumpukan buku-buku yang tersimpan di atas meja cenderung membuat ruangan terasa lebih sempit dan lebih sesak.. Terlebih, bila terdapat banyak barang lainnya di atas meja seperti pensil, pulpen, speaker, laptop, dan lain-lain. Begitu pun bila kita menyimpan lemari khusus untuk menyimpan buku. Ruangan pun akan terasa lebih sempit dan lebih sesak karena keberadaan lemari tersebut.

Nah, agar buku-buku dapat kita simpan dan tak membuat ruangan terasa lebih sempit dan lebih sesak, pasang lemari dinding. Kita simpan buku-buku di dalam lemari tersebut. Cara ini dapat juga diterapkan bila ruangan berukuran besar, agar keberadaan buku-buku tak membuat ruangan terasa lebih sempit. Berikut contoh buku-buku yang disimpan di dalam lemari dinding.


Gambar 2. Menyimpan Buku-Buku Di Dinding. Cara Ini Cocok Diterapkan Bila Ruangan Berukuran Kecil

Bila Ukuran Buku Beragam, Kelompokkan Buku Berdasarkan Ukurannya
Bila terdapat banyak buku dengan beragam ukuran, sebaiknya kelompokkan berdasarkan ukurannya. Sebabnya, bila buku-buku dengan beragam ukuran disimpan tak berdasarkan ukurannya, keberadaan buku-buku cenderung kurang nyaman dipandang mata. Ambil contoh, kita dapat menyimpan buku-buku berukuran sedang di rak lemari atas dan menyimpan buku-buku berukuran besar di rak lemari bawah. Contoh menyimpan buku berdasarkan ukurannya dapat kita amati pada gambar pertama dan gambar kedua

Demikian, trik-trik menata buku-buku agar terlihat lebih rapih. Bagi yang memiliki banyak buku, tak ada salahnya menerapkan trik-trik tersebut agar penyimpanan buku-buku terlihat lebih rapih. Dengan penataan buku yang lebih rapih, tentunya membuat kita lebih nyaman saat berada di ruangan tempat menyimpan buku.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar:
1. http://kidfriendlydc.com/wp-content/uploads/2011/04/24-book-room.jpg
2. http://dehouss.com/wp-content/uploads/2014/11/stylish-scandinavian-living-room-on-living-room-with-colorful-scandinavian-living-room-books-displayed-by-color-pictures.jpg


Related Posts :