Jumat, 10 Maret 2017

Trik-Trik Menata Dapur Agar Terlihat Lebih Rapih

Dapur menjadi bagian penting dan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah rumah. Karenanya, kita mesti menata dapur sebaik mungkin agar selalu terlihat rapih. Terlebih, bila terdapat banyak barang tersimpan di dalam dapur. Lalu, bagaimana menata dapur agar selalu terlihat rapih? Nah, agar dapur selalu terlihat lebih rapih, berikut trik-trik yang dapat kita coba.

Bila Tak Terdapat Lemari Dinding, Pasang Lemari Dinding untuk Menyimpan Berbagai Jenis Peralatan Memasak
Dapur menjadi tempat menyimpan berbagai jenis peralatan memasak seperti ketel ataupun panci. Bila peralatan memasak disimpan di atas meja dapur ataupun digantung, cenderung kurang sedap dipandang mata. Terlebih, bila peralatan tersebut berjumlah banyak. Nah, agar kedua peralatan tersebut tak menjadikan dapur kurang sedap dipandang mata, simpanlah kedua peralatan tersebut di dalam lemari dinding. Nah, bila tak terdapat lemari pada dinding dapur, tak ada salahnya memasangnya agar dapur terlihat lebih rapih. Berikut contoh lemari dinding dapur.


Gambar 1. Lemari Dinding Dapur

Kelompokkan Peralatan Makan Berdasarkan Fungsinya dan Ukurannya
Dapur pun biasanya menjadi tempat menyimpan berbagai peralatan makan dan minum. Lalu, bagaimana menata peralatan tersebut agar dapur terlihat lebih rapih? Kelompokkan peralatan makan berdasarkan fungsinya dan ukurannya. Ambil contoh, seluruh mug berukuran besar diletakkan di rak bagian belakang. Sedangkan seluruh piring makan berukuran besar diletakkan rak bagian depan. Berikut contoh penataan peralatan makan berdasarkan fungsinya dan ukurannya.


Gambar 2. Menyimpan Peralatan Berdasarkan Fungsinya dan Ukurannya di Dalam Lemari Dinding

Sisakan Ruang Kosong Sebanyak Mungkin Pada Meja Dapur
Selain menjadi tempat untuk menyimpan berbagai peralatan memasak, peralatan makan, dan peralatan minum, dapur pun menjadi tempat menyimpan berbagai jenis wadah. Misalnya, wadah bumbu masak, wadah gula, wadah teh, wadah kopi, dan sebagainya. Nah, agar dapur terlihat rapih, aturlah letak masing-masing wadah tersebut agar menyisakan ruang kosong sebanyak mungkin pada meja dapur. Sebabnya, bila jarak antara wadah-wadah tersebut terlalu dekat ataupun berhimpit, cenderung memunculkan kesan berantakan.


Gambar 3. Adanya Ruang Kosong pada Meja Dapur Membuat Dapur Terlihat Lebih Rapih

Sebaiknya Tak Meletakkan Barang-Barang yang Jarang Dipakai di Meja Dapur
Amati barang-barang yang tersimpan di meja dapur. Lalu, perhatikan apakah barang yang dipakai tersimpan di atas meja dapur. Bila terdapat barang yang jarang dipakai, sebaiknya simpan di dalam lemari dinding ataupun di dalam rak. Misalnya, pada meja dapur, terletak blender yang jarang dipakai. Nah, blender dapat kita simpan di dalam lemari dinding. Lalu, mengapa? Sebabnya, bila barang-barang tersebut disimpan di meja dapur, akan mengurangi area ruang kosong pada meja dapur.

Sebaiknya Jangan Biarkan Cucian Gelas dan Piring Menumpuk
Dapur pun menjadi tempat mencuci gelas-gelas dan piring-piring kotor. Nah, agar dapur terlihat bersih, sebaiknya jangan biarkan cucian gelas dan piring menumpuk. Sebabnya, bila cucian gelas dan piring menumpuk, cenderung menjadikan dapur terlihat kurang bersih dan kurang rapih. Selain itu, bisa saja sisa-sisa makanan yang tertinggal di piring akan mengeluarkan aroma kurang sedap.

Demikian, beberapa trik menata dapur agar dapur terlihat lebih rapih. Nah, apakah kita sering merasakan dapur terlihat kurang rapih? Bila ya, dapat menerapkan trik-trik yang sudah dijelaskan. Akhir kata, selamat menata dapur...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
  1. http://catatankecil.com/wp-content/uploads/2014/11/Kitchen-Set-Minimalis3.jpeg
  2. http://4.bp.blogspot.com/-0dR9Vu5Zaho/T4t6Th3-6cI/AAAAAAAAD2E/S0kAgpFCVS8/s1600/2.JPG
  3. http://homedee.com/gallery/2013/03/best-kitchen-designs.jpg


Related Posts :