Jumat, 07 April 2017

Benda-Benda di Dalam Rumah yang Rawan Menjadi Sarang Bakteri dan Sarang Virus

Bila kita jarang membersihkan rumah, biasanya akan muncul sarang-sarang bakteri dan sarang-sarang virus. Karenanya, sangat penting untuk membersihkan rumah agar selalu bersih. Semakin banyak sarang bakteri dan sarang-sarang virus di dalam rumah, sangat berisiko memunculkan berbagai penyakit. Nah, terkait tempat yang menjadi sarang bakteri ataupun sarang virus, terdapat beberapa benda yang sangat rawan menjadi sarang keduanya. Benda-benda ini biasanya ada di dalam rumah. Nah, apa sajakah benda-benda tersebut?

Pertama, Tempat Mencuci Piring di Dapur
Setelah makan, piring-piring yang digunakan saat makan biasanya diletakkan di tempat mencuci piring. Bila terdapat sisa-sisa makanan pada piring, piring akan dihinggapi berbagai bakteri. Terlebih, bila terdapat banyak sisa-sisa makanan. Nah, bila bakteri yang hingga pada piring menyebar, sangat berisiko memunculkan penyakit. Kita pun akan rawan terkena penyakit, bila bakteri mengenai tubuh kita. Nah, agar tempat mencuci piring lebih terbebas dari bakteri, sebaiknya lekaslah cuci piring kotor. Membiarkan piring-piring kotor bertumpuk di dapur sama saja meningkatkan risiko kita terserang penyakit. Agar tempat ini semakin terbebas dari bakteri, bersihkan juga bagian-bagian tempat mencuci piring, termasuk kran air, secara rutin.


Gambar 1. Tempat Mencuci Piring

Kedua, Sikat Gigi yang Tersimpan di Dalam Kamar Mandi
Sikat gigi yang tersimpan di dalam kamar mandi pun berisiko menjadi sarang bakteri. Lalu, mengapa? Saat kita menyikat gigi, bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut bisa saja terbang menuju sikat gigi. Bila bakteri ini mengenai tubuh kita, berisiko memunculkan penyakit. Nah, agar sikat gigi lebih terbebas dari bakteri, bersihkan sikat gigi sebaik mungkin setelah digunakan. Pastikan juga sikat gigi selalu kering saat tak digunakan. Sebabnya, sikat gigi yang kering biasanya tak akan menjadi sarang bakteri.

Ketiga, Wadah Garam
Wadah garam biasanya ada di dalam dapur. Nah, setelah kita memegangnya, sebaiknya kita lekas mencuci tangan. Kita pun sebaiknya membersihkan wadah garam secara rutin. Menurut suatu penelitian wadah garam sangat berisiko menjadi sarang virus yang dapat mengakibatkan penyakit demam.


Gambar 2. Wadah Garam

Keempat, Remote Televisi
Kita pun sebaiknya mencuci tangan juga setelah memegang remote. Dan juga, sebaiknya rutin membersihkan remote. Sebabnya, menurut suatu penelitian. permukaan remote televisi sarang virus bisa saja menjadi sarang virus yang mengakibatkan penyakit demam. Dalam penelitian tersebut, setengah dari jumlah remote yang diteliti ditinggali virus tersebut

Kelima, Keyboard Komputer atau Laptop
Kita pun sebaiknya mencuci tangan juga bila akan menggunakan laptop .Terlebih, bila akan menggunakan laptop milik orang lain. Sebabnya, saat jemari menyentuh tombol keyboard, bakteri yang berada di jemari bisa saja tebang menuju keyboard. Nah, agar keyboard semakin terbebas dari bakteri, goyangkan keyboard secara lembut. Cara ini akan mengusir bakteri yang hinggap di dalam keyboard.

Keenam, Bak Air di Kamar Mandi
Membersihkan bak air secara rutin pun sangat penting agar kita lebih terbebas dari berbagai penyakit. Menurut suatu penelitian, bak air sangat rawan menjadi sarang berbagai macam bakteri. Salah satu bakteri yang biasanya ada di bak air, bila bak air jarang dibersihkan yaitu jamur. Bakteri ini mengakibatkan penyakit kulit seperti panu ataupun kurap.


Gambar 3. Bak Air

Demikian, beberapa bagian rumah yang biasanya menjadi sarang bakteri. Kesimpulannya, agar kesehatan kita lebih terjaga, kita mesti memperhatikan kebersihan enam benda tersebut secara lebih ekstra. Bila diperlukan, kita dapat membersihkan keenam bagian tersebut dengan cairan alkohol ataupun lysol. Kedua cairan tersebut mampu melenyapkan berbagai bakteri dan virus. Simpanlah juga hand sanitizer di tempat kita mencuci tangan, agar kita lebih praktis menggunakanya saat mencuci tangan.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.webmd.com/women/home-health-and-safety-9/places-germs-hide

Sumber gambar:
1. http://st.houzz.com/simgs/9d3163ff0fb14c48_4-0359/traditional-kitchen-sinks.jpg
2. http://cdn.radioiowa.com/wp-content/uploads/2013/03/Salt-Shaker.jpg
3. https://hehemahita.files.wordpress.com/2011/08/bak_mandi_life_in_aceh_2.jpg


Related Posts :