Kamis, 27 April 2017

Keunggulan-Keunggulan Kloset Jongkok Dibandingkan Kloset Duduk

Apa jenis kloset yang terpasang pada kamar mandi rumah kita? Kloset duduk atau kloset jongkok? Bila kedua pemakai kedua kloset dibandingkan, sebagian besar masyarakat menggunakan kloset jongkok. Lalu, bila kedua jenis kloset tersebut dibandingkan, kloset mana yang lebih baik? Nah, bila kloset yang terpasang pada kamar mandi berjenis kloset jongkok, kita termasuk orang yang beruntung. Sebabnya, kloset jongkok secara mendasar sebenarnya lebih baik daripada kloset duduk. Lalu, apa saja keunggulan-keunggulan kloset jongkok dibandingkan kloset duduk?


Gambar 1. Kloset Duduk Dan Kloset Jongkok

Jongkok Merupakan Posisi Ideal Untuk Buang Air Besar
Jongkok sebenarnya menjadi posisi ideal untuk buang air. Dr.Ayu Andini, dokter umum Klinik Cempaka Putih Jakarta Pusat, menuturkan bahwa anatomi tubuh, saat buang air besar, akan lebih baik bila menggunakan kloset jongkok. “Kenapa? Karena posisi anatomi tubuh manusia akan lebih baik jika kita menggunakan toilet jongkok”, tuturnya. Hal yang sama pun dinyatakan oleh Henry L Bockus dalam jurnal ilmiah berjudul Gastroenterology. “Posisi ideal untuk buang air besar adalah jongkok dengan paha tertekuk pada perut”, tuturnya. Nah, karena buang air besar dilakukan dengan anatomi tubuh yang ideal, kotoran akan lebih mudah keluar.

Menggunakan Kloset Jongkok Terhindar dari Ancaman Bakteri
Saat menggunakan kloset duduk untuk buang air besar, kulit akan menyentuh permukaan kloset. Nah, karena kulit menyentuh permukaan kloset, berisiko memunculkan penyakit seperti penyakit kulit, penyakit kelamin, ataupun penyakit terkait pencernaan. Terlebih, bila kloset duduk jarang dibersihkan. Sebabnya, menurut banyak penelitian, kloset merupakan salah satu tempat berkembangbiaknya kuman dan bakteri. Nah, bila kita buang air dengan menggunakan kloset jongkok. Kita tak perlu tak khawatir dengan ancaman bakteri. Sebabnya, saat buang air menggunakan kloset jongkok, tak ada kontak antara kulit dengan permukaan kloset.

Mencegah Wasir dan Masalah Pencernaan
Dalam hal kesehatan, kloset duduk sebenarnya kurang begitu sehat. Sebabnya, banyak penelitian yang membuktikan bahwa menggunakan kloset duduk cenderung berisiko memunculkan berbagai penyakit. Nah, penyakit yang berisiko muncul bila menggunakan kloset duduk yaitu penyakit terkait masalah pencernaan seperti sembelit ataupun infeksi usus. Penyakit lainnya yang bisa saja muncul karena menggunakan kloset duduk yaitu wasir. Menurut suatu penelitian, bila terlalu lama duduk di kloset duduk, akan meningkatkan risiko mengalami wasir.

Kekurangan Kloset Jongkok
Lalu, apa kekurangan kloset jongkok? Kekurangannya, dibandingkan kloset duduk, yaitu kurang praktis. Sebabnya, untuk membersihkan kotoran, kita mesti mengambil air menggunakan gayung. Sedangkan pada kloset duduk, untuk membersihkan kotoran cukup dengan memutar tuas sehingga lebih praktis.

Demikian, keunggulan-keunggulan kloset duduk dan kloset jongkok. Kesimpulannya, sekali lagi, kloset jongkok memang jauh lebih baik daripada kloset duduk. Meskipun, kloset jongkok memang kurang praktis dan terkesan kurang modern.

oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Referensi:
1. http://www.alodokter.com/mana-yang-lebih-sehat-toilet-jongkok-atau-toilet-duduk
2. https://www.klikdokter.com/healthnewstopics/berita-terkini/toilet-duduk-vs-toilet-jongkok
3. https://hellosehat.com/posisi-bab-buang-air-besar-jongkok-lebih-sehat/

Sumber Gambar:
Gambar Milik Pribadi


Related Posts :