Sabtu, 20 Mei 2017

4 Ide Desain Interior Bernuansa Jepang Untuk Rumah Anda

Apa yang pertama kali terlintas di kepala Anda ketika mendengar kata Jepang? Yup. Anime, cosplay, Tokyo, sushi, JKT48 ataupun Haruma Miura tentu sudah tak asing lagi bagi sebagian orang.

Tak hanya budaya, makanan atau aktor-aktornya saja loh yang menarik untuk diulas. Desain bangunan di sana juga seru untuk diulik. Seperti halnya rumah adat di berbagai pelosok negeri, Jepang juga memiliki rumah tradisional.

Desain rumah tradisional di Jepang rata-rata sederhana namun elegan. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba nuansa Jepang hadir di rumah Anda, berikut 4 inspirasi desain interior yang patut ditiru!

  1. Ruang Minum Teh


    Gambar 1. Ruang Khusus Minum Teh

    Ruang khusus untuk minum teh merupakan salah satu ruangan penting yang tak boleh terhapus dari desain rumah minimalis ala Jepang. Seperti yang kita tahu, upacara minum teh merupakan satu dari sekian banyak gaya hidup tradisional dari negeri matahari terbit tersebut.

    Minum secangkir teh hangat di pagi hari dapat memberikan efek nyaman dan tenang. Kandungan vitamin E yang terdapat pada teh juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

    Dengan adanya ruang khusus untuk minum teh, kesan menawan dan harmonis akan terasa di rumah Anda.

  2. Lantai kayu


    Gambar 2. Desain Interior dengan Lantai Kayu

    Rumah gaya Jepang selalu menambahkan elemen alam untuk dekorasi maupun desain interior, seperti kayu dan bambu. Bagi Anda yang menginginkan nuansa Jepang terasa di rumah Anda, cobalah untuk mengganti ubin atau keramik menjadi lantai kayu.

    Selain memberikan kesan natural dan elegan, lantai kayu dapat memberikan rasa hangat kala musim dingin tiba. Hal ini dikarenakan kayu dapat menyimpan suhu panas di siang hari. Sehingga di malam hari, kayu tetap terasa hangat.

  3. Bonsai dan pot tanaman


    Gambar 3. Bonsai Bambu

    Istilah bonsai di Jepang, muncul pertama kali pada masa pemerintahan Kamakura (1192 – 1333). Bonsai sendiri memiliki arti tanaman dalam pot dangkal. Bagi bangsa Jepang, bonsai berhubungan erat dengan kepercayaan kuno dan filsafat timur, yaitu keselarasan antara manusia, jiwa dan alam.

    Meletakkan beberapa pot kecil berisi bonsai di beberapa sudut rumah Anda, akan menciptakan suasana asri dan alami. Pilihlah tanaman dengan bunga cerah seperti anggrek putih atau mawar. Atau bisa juga tanaman alternatif lain seperti bambu.

  4. Bak mandi kecil untuk berendam


    Gambar 4. Bak Mandi untuk Berendam

    Berendam dalam air hangat setelah seharian bekerja itu rasanya... surga banget! Bagi masyarakat Jepang yang memang terkenal dengan angka kelelahan bekerja tertinggi di dunia, budaya ofuro (berendam dalam bak mandi kecil berisi air hangat) tentu sudah tak asing lagi.

    Siapkanlah bak mandi kecil untuk berendam di kamar mandi Anda. Selain menambah nuansa Jepang dalam rumah, berendam dalam air hangat memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah membantu relaksasi otot.

Oleh : Nira Kunea
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi Tulisan :
1. http://desainrumahkeren.com/dekorasi-rumah/kelebihan-dan-kelemahan-lantai-kayu- rumah-idaman.html
2. http://pohonbonsai.com/sejarah-dan-asal-usul-bonsai/
3. http://www.rumah-minimalis.web.id/2015/04/model-rumah-minimalis-gaya-jepang.html

Sumber Gambar :
1. http://novie07november.blogspot.co.id/2013/06/sejarah-upacara-minum-teh-jepang-chanoyu.html
2. https://normangela.files.wordpress.com/2015/03/wpid-japanese-diningroom-2-jpg.jpeg
3. http://shopping.rediff.com/product/bonsai-bamboo-with-ceramic-pot-plant/12659598
4. http://rumahkecilminimalis.com/desain-kamar-mandi-gaya-jepang/desain-kamar-mandi-gaya-jepang


Related Posts :