Selasa, 30 Mei 2017

Agar Rumah Lebih Terbebas Dari Kebisingan Suara Kendaraan Bermotor

Siapapun tentunya ingin suasana rumah yang tenang. Lalu, bagaimana bila rumah kita berada di pinggir jalan raya yang dilintasi begitu banyak lalu lalang kendaraan bermotor. Lalu-lalangnya kendaraan bermotor tentunya mengeluarkan suara bising yang ‘menusuk-nusuk’ telinga. Karenanya, akan membuat kita kurang nyaman berada di dalam rumah. Terlebih, saat kita sedang beristirahat di dalam rumah. Mulai dari kendaraan bermotor beroda dua hingga kendaraan bermotor yang berukuran besar seperti truk ataupun bus.

Nah, agar rumah lebih terbebas dari kebisingan suara bermotor, berikut tips-tips mudah dan praktis mengurangi kebisingan suara kendaraan bermotor dari jalan raya.


Gambar 1. Rumah Anda Berada di Pinggir Jalan Raya Yang Dilalui Lalu Lalang Kendaraan Bermotor? Simak Tips-Tips Berikut Agar Rumah Lebih Terbebas dari Suara Bising

Tutup Sebagian Lubang Ventilasi Udara
Suara, secara fisikawi, merambat melalui udara. Nah, dengan menutup sebagian lubang ventilasi, maka akan mengurangi masuknya suara dari luar rumah. Termasuk suara bising kendaraan bermotor. Bila kita memiliki lemari yang tinggi, kita dapat menutupnya dengan lemari tersebut. Hanya saja, bila menutup sebagian lubang ventilasi, mengurangi udara segar yang masuk ke dalam rumah. Karenanya, tak tertutup kemungkinan, membuat gerah para penghuni rumah.

Tambahkan Batu Pada Dinding Muka Ataupun Pada Dinding Pagar Rumah
Dilansir dari situs supersoundproofing.com, batu merupakan materi yang baik untuk meredam suara. Termasuk juga suara kebisingan kendaraan bermotor. Dengan demikian, kita dapat menambahkan batu baik pada dinding muka rumah ataupun pada dinding pagar rumah. Semakin tebal batu, baik pada dinding pagar ataupun dinding muka rumah, maka rumah akan lebih terbebas dari suara kebisingan kendaraan bermotor. Selain meredam suara bising, adanya batu pun mempercantik tampilan eksterior rumah.


Gambar 2. Batu Pada Tembok Pagar

Dapat Juga Membangun Air Mancur Mini di Halaman Rumah
Kita pun dapat juga menambahkan air terjun mini halaman rumah, agar mengurangi suara bising kendaraan bermotor. Lalu, apa kaitan air terjun mini dengan mengurangi suara bising Dilansir dari situs functionalgarden.com, suara air terjun akan mengalahkan suara bising kendaraan bermotor. Terlebih, bila air terjun berukuran besar. Kita pun dapat juga menambahkan tanaman di sekitar air terjun. Dilansir dari situs supersoundproofing, serat tanaman mampu meredam suara bising. Nah, selain mengurangi suara bising, adanya air terjun mini dengan dikelilingi tanaman pun akan mempermanis eksterior rumah.


Gambar 3. Contoh Air Terjun Mini di Halaman Rumah

Demikian, beberapa tips mudah dan praktis agar rumah lebih terbebas dari suara bising kendaraan bermotor. Kesimpulannya, agar kita lebih merasa nyaman dan tenang di dalam rumah, tak ada salahnya menerapkan tips-tips yang sudah dijelaskan. Nah, ingin menerapkan satu atau lebih tips yang sudah dijelaskan?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi
1. http://supersoundproofing.com/forum/index.php?topic=1522.0
2. http://www.soundproofwindows.com/how-they-work/
3. http://functionalgardens.com/noise-reduction-with-water/

Sumber gambar:
1. http://gambar-rumah.com/attachments/yogyakarta/800118d1384849994-rumah-mewah-pinggir-jalan-raya-mangunsarkoro-dsc_9907.jpg
2. https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/41/cb/4a/41cb4a90ff8bfc918688f8c3779eaab9.jpg
3. http://www.coftable.com/wp-content/uploads/2014/08/small-backyard-ponds-waterfalls-pictures.jpg


Related Posts :