Jumat, 02 Juni 2017

5 Tips Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Meja Komputer

Memiliki komputer di rumah bagi seorang pelajar ataupun pekerja kantoran sangatlah penting untuk memperhatikan meja penopang yang digunakan untuk komputer tersebut. Tak jarang orang-orang pada saat ini tidak begitu memperhatikan terhadap spesifikasi meja komputer yang sesuai dengan ruangan tempat komputer itu digunakan. Bagi Anda yang belum memiliki meja komputer dan berencana untuk membelinya, ketahui 5 tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli meja komputer berikut ini :

  1. Rencanakan terlebih dahulu di mana meja komputer akan diletakkan

    Berbagai macam desain Meja Komputer Terbaik
    Gambar 1. Peletakkan Meja Komputer

    Ya, langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah merencanakan tata letak meja komputer. Sebelum membeli meja komputer sebaiknya Anda pikirkan terlebih dahulu di mana meja komputer akan diletakkan nantinya. Mengapa demikian?

    Karena ada beberapa meja komputer yang sengaja dibuat khusus untuk diletakkan di posisi-posisi tertentu yang lebih spesifik sesuai dengan ruangan.

    Apakah akan disimpan di sisi, di tengah, atau di sudut ruangan?

    Sehingga dengan demikian, meja komputer yang akan Anda beli dapat menyesuaikan dengan ruangan yang kita gunakan untuk menyimpan komputer tersebut.

  2. Hitung ukuran ruangan tempat meja komputer diletakkan


    Gambar 2. Mengukur ruangan untuk tata letak meja komputer

    Setelah merencanakan tata letak, hitunglah ukuran ruangan tempat di mana meja komputer akan diletakkan. Dengan mengetahui ukuran ruangan, Anda bisa memikirkan model meja komputer seperti apa yang sesuai dengan kondisi ruangan tersebut.

    Biasanya untuk model meja berbentuk L digunakan untuk ruangan khusus bekerja, sedangkan untuk model meja berbentuk U akan banyak digunakan bagi Anda yang memerlukan banyak tempat penyimpanan khusus saat menggunakan komputer, sehingga dengan model meja seperti ini akan memudahkan Anda untuk meraih keperluan yang tak jauh dari letak komputer. Selain itu, perhitungkan juga desain meja ergonomis untuk model meja komputer yang akan Anda beli. Desain meja ergonomis akan memberikan Anda kenyamanan dan keamanan saat menggunakan komputer. Serta pilihlah juga pasangan kursi yang sesuai dengan tinggi meja komputer yang pas bagi tubuh Anda.

  3. Kenali kebutuhan yang Anda perlukan

    http://mejaminimalis.net/wp-content/uploads/2016/03/Meja-Komputer-1-Set.jpg
    Gambar 3. Peletakkan kebutuhan di sekitar meja komputer

    Sebelum membeli meja komputer, Anda juga sebaiknya memperhitungkan kebutuhan-kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas Anda saat menggunakan komputer. Misalnya kebutuhan buku, box berkas-berkas penting, tempat DVD, map arsip dan kebutuhan-kebutuhan lainnya yang dapat dengan mudah Anda jangkau. Sehingga dengan mengetahui kebutuhan tersebut, Anda akan bisa menentukan fitur apa saja yang harus ada di meja komputer yang akan dibeli. Misalnya dilengkapi dengan laci untuk menyimpan berkas-berkas, lemari kecil untuk menyimpan tempat DVD, rak untuk menyimpan buku dan lain sebagainya.

  4. Ketahui bahan meja yang sesuai dengan budget Anda

    Hasil gambar untuk bahan meja
    Gambar 4. Pemilihan bahan meja komputer

    Menentukan model meja dengan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan tentu harus Anda sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Pemilihan bahan tentu akan memengaruhi harga, berat dan visualisasi dari bentuk meja itu sendiri. Ada 3 bahan yang banyak digunakan untuk membuat meja komputer yaitu:
    • Bahan kayu
      Biasanya untuk meja berbahan kayu terbilang cukup mahal di pasaran karena memiliki ketahanan yang sangat baik, kuat dan dapat bertahan hingga bertahun-tahun.
    • Bahan logam
      Meja berbahan logam merupakan salah satu alternatif selain memilih meja berbahan kayu. Walaupun harganya akan lebih murah dari meja berbahan kayu, namun meja berbahan logam ini memiliki penampilan yang kokoh dan terlihat modern untuk digunakan.
    • Bahan plastik atau serbuk kayu
      Bahan meja yang cukup terbilang sangat murah adalah meja berbahan plastik atau terbuat dari serbuk kayu. Biasanya model meja sejenis ini ringan untuk dibawa kemana-mana, sehingga cocok bagi Anda yang sering menggunakan meja komputer di mana saja (bersifat available)

  5. Pilih model dengan warna yang cocok dengan selera Anda

    Hasil gambar untuk model meja komputer sesuai selera
    Gambar 5. Model meja komputer

    Langkah terakhir yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli meja komputer adalah Anda harus memilih model dengan warna yang sesuai dengan selera. Hal ini akan memberikan efek kenyamanan dan membuat Anda betah untuk berlama-lama menggunakan komputer pada saat Anda mengerjakan tugas ataupun pekerjaan.

Nah, kelima tips di atas dapat Anda praktikkan sebelum membeli meja komputer.
Memilih meja komputer yang sesuai tentu akan membuat nyaman ruangan yang digunakan. Dengan demikian, dengan memperhatikan kelima point di atas akan menjadikan ruangan komputer sebagai tempat menyenangkan yang membuat Anda tidak merasa bosan saat menggunakan komputer.

Oleh: Fitriyana Suhendi
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber materi dan foto:
1. https://www.dekoruma.com/artikel/6/8-Tips-Sebelum-Membeli-Meja-Komputer
2. http://pakarkode.blogspot.co.id/2015/08/berbagai-macam-desain-meja-komputer.html
3. http://id.wikihow.com/Mengukur-Meter-Persegi
4. http://mejaminimalis.net/12-model-meja-komputer-murah-desain-modern-dan-unik/
5. http://www.solusiproperti.com/trend-properti/furniture/artikel/desain-meja-ramping-dan-minimalis-dengan-bahan-kayu-solid
6. http://derumahminimalis.blogspot.co.id/2015_07_01_archive.html


Related Posts :