Senin, 12 Juni 2017

Ingin Kamar Tidur Yang Tenang? Ini Dia Triknya

Dibanding ruangan lainnya, kamar tidur haruslah menjadi yang paling tenang. Mengapa? Karena di ruangan inilah Anda berbaring dan bersantai melupakan segala kekhawatiran dan tekanan yang Anda alami. Sayangnya, kesalahan pada desain kamar tidur bisa merusak kenyamanan itu sendiri. Nah, agar kamar tidur Anda terasa tenang, nyaman, dan damai, ada beberapa cara yang bisa ditempuh seperti berikut.

Cahaya
Pencahayaan tidak hanya berfungsi untuk mengatur ritme ruangan secara keseluruhan, tapi juga mampu memengaruhi suasana hati. Pencahayaan yang terlalu terang dapat menimbulkan kegelisahan sehingga berpotensi menimbulkan sakit kepala ringan. Sebaliknya, menempatkan pencahayaan lembut akan membuat suasana lebih tenang. Dengan demikian, kerja mata akan berkurang dan Anda pun akan lebih mudah tertidur.

Warna
Tidak hanya cahaya, warna kamar tidur juga sangat memengaruhi suasana hati. Setidaknya ada 4 warna yang mampu memberikan efek hangat dan menenangkan, yaitu coklat kemerahan, kuning muda, ungu tua, dan emas muda. Pertama, Cokelat Kemerahan adalah warna gelap yang dapat memberikan kehangatan tersendiri bagi kamar tidur.Biarkan banyak cahaya masuk ke dalam kamar, membuat berkolaborasi dengan cokelat kemerahan. Kedua, Kuning Muda membuat kamar lebih terbuka dan hangat. Ketiga, Ungu Tua menimbulkan efek yang intim dan nyaman, meski pada akhirnya kamar tidur terasa sedikit sesak. Terakhir adalah Emas Muda yang mampu memberikan kehangatan, apalagi jika berkolaborasi dengan furnitur kayu. Agar kamar tidur terlihat lebih luas, sebaiknya warna Emas Muda disapukan juga pada langit-langit kamar.


Gambar 1. Kamar tidur berwarna emas muda

Tempat Tidur
Penting bagi Anda untuk memiliki tempat tidur yang nyaman dan mampu membuat tidur menjadi lelap. Mengapa? Karena terbangun saat malam hari karena ketidaknyamanan akan memengaruhi kinerja Anda esok hari. Untuk menghindari suasana hati yang negatif, pastikan tempat tidur Anda terdiri dari kasur, selimut, dan bantal yang lembut.

Meja di dekat tempat tidur
Letakkan meja di dekat tempat tidur Anda, di mana Anda dapat meletakkan charger, gelas, ataupun buku yang selesai dibaca. Dengan demikian, istirahat Anda tidak akan terganggu oleh benda-benda yang berserakan di sekitar tempat tidur.

Karpet
Selain menambah nilai estetika, karpet juga dapat memberikan kenyamanan saat disentuh. Kecemasan dapat muncul secara mendadak saat kaki bersentuhan dengan permukaan yang tak menyenangkan. Jadi sebaiknya Anda menempatkan karpet yang lembut agar merasa tenang dan nyaman.

Suara menenangkan
Terkadang berbaring di ruangan yang terlalu tenang dapat menimbulkan kecemasan, lantaran tak terdengar suara apa pun selain pikiran sendiri. Berbagai hal yang terpikirkan saat sebelum tidur bisa saja membuat Anda insomnia. Oleh karena itu, cobalah mendengarkan suara yang menenangkan sebelum tidur. Anda bisa mendengar suara air hujan ataupun air terjun dari aplikasi ponsel Anda dan rasakanlah perbedaannya.

Aromaterapi
Cara lain untuk menangkal kecemasan di kamar tidur adalah dengan menyapukan minyak esensial atau aromaterapi. Selain aromaterapi, Anda juga bisa menempatkan bunga segar dengan aroma halus di kamar tidur. Cara ini akan membuat Anda lebih tenang dan bersemangat di keesokan harinya.


Gambar 2. Aromaterapi di kamar tidur

Rapi
Tips terakhir ini tidak hanya berlaku bagi kamar tidur saja tapi juga di seluruh tempat di mana pun Anda berada. Barang yang berserakan di atas meja dan lantai tentu membuat Anda bad mood. Oleh karena itu, Anda harus terbiasa meletakkan barang-barang dengan rapi. Dengan demikian, saat hendak tidur, Anda akan lebih tenang dan mudah terlelap.


Oleh: Rahel Simbolon
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber:
1. http://properti.kompas.com/read/2017/02/05/202359721/8.trik.ciptakan.ketenangan.di.kamar.tidur
2. http://properti.kompas.com/read/2015/12/15/160000721/Ingin.Tidur.Anda.Berkualitas.Gunakan.4.Warna.Ini.

Sumber Gambar:
1. http://warnacat.net/wp-content/uploads/2016/11/warna-cat-kamar-emas.jpg
2. http://www.jbbardot.com/wp-content/uploads/2013/05/Aromatherapy-essential-oils-candles-e1368561073111.jpg


Related Posts :