Senin, 03 Juli 2017

Manfaat-Manfaat Karpet yang Jarang Diketahui Penghuni Rumah

Karpet menjadi salah satu aksesori rumah yang sudah tak asing bagi para penghuni rumah. Akan tetapi, tak semua penghuni rumah memahami manfaat-manfaat karpet. Penghuni rumah pun umumnya memandang karpet hanya bermanfaat untuk alas duduk. Karenanya, karpet biasanya hanya dihamparkan saat akan duduk di atas lantai. Lalu, apa saja manfaat-manfaat karpet selain sebagai alas duduk? Berikut manfaat-manfaat karpet yang jarang diketahui penghuni rumah.


Gambar 1. Karpet, Manfaatnya Tak Hanya Sebatas Untuk Alas Duduk Saja.

Membuat Rumah Menjadi Lebih Tenang
Apa kaitan karpet dengan rumah yang tenang? Dengan menghamparkan karpet di atas lantai, akan melapisi lantai. Nah, karena lantai terlapisi, kaki tak akan langsung mengenai lantai saat berjalan sehingga meredam suara jejak-jejak kaki. Teredamnya suara jejak-jejak kaki membuat rumah terasa lebih tenang, karena suara ‘dag dig dug’ (suara jejak-jejak kaki tak begitu terdengar.Terlebih, bila menghamparkan karpet yang tebal. Bila banyak penghuni rumah yang berlalu lalang di dalam rumah, tak ada salahnya menghamparkan karpet. Tentu saja, agar kita merasa lebih tenang berada di dalam rumah.

Mengurangi Risiko Terjatuh
Dibandingkan berjalan di lantai keramik, berjalan di atas hamparan karpet sebenarnya jauh lebih aman. Sebabnya, dibandingkan lantai keramik, risiko terjatuh saat berjalan di atas hamparan karpet sebenarnya jauh lebih rendah. Nah, agar kita lebih aman berjalan di dalam rumah, tak ada salahnya menghamparkan karpet. Bila terdapat banyak anak-anak yang senang bermain di dalam rumah, tak ada salahnya juga menghamparkan karpet. Tentu saja, agar mengurangi risiko anak terjatuh.

Menghangatkan Kaki Penghuni Rumah
Sebagian besar masyarakat berada di dalam rumah tanpa alas kaki. Karenanya, saat berada di dalam rumah, biasa berjalan ataupun melakukan aktivitas lainnya di dalam rumah tanpa alas kaki. Sebabnya, mengenakan alas kaki di dalam rumah membuat lantai rumah cenderung lebih cepat kotor. Nah, dengan menghamparkan karpet, seperti yang sudah disebutkan, akan melapisi lantai. Ada lapisan ini membuat kaki terasa lebih hangat, karena kaki tak langsung mengenai lantai. Terlebih, bila karpet yang dihamparkan begitu tebal. Bila kaki lebih hangat, kita akan lebih nyaman beraktivitas di dalam rumah. Misalnya, misalnya bila kaki lebih hangat saat memasak, kita akan lebih nyaman mengolah makanan.

Memperindah Interior Rumah
Selain manfaat-manfaat tersebut, ada juga fungsi estetis karpet. Kita dapat memanfaatkan hamparan karpet untuk memperindah interior. Nah, agar hamparan karpet memperindah interior, kita mesti cermat memilih warna dan motif yang tampak pada karpet. Untuk mengetahui karpet seperti apa yang cocok dihamparkan di dalam rumah kita, kita dapat membaca berbagai tips dan tips memilih. Artikel ini bisa kita dapatkan via internet ataupun mencarinya di majalah terkait interior.

Demikian, manfaat-manfaat karpet yang jarang diketahui penghuni rumah. Kesimpulannya, keberadaan karpet membuat kita lebih aman dan nyaman saat berada di dalam rumah.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.carpet-rug.org/benefits-of-carpet-and-rugs.html

Sumber Gambar:
1. http://www.amazinginteriordesign.com/wp-content/uploads/2013/05/Black-neutral-shag-rug-for-your-living-room.jpg


Related Posts :