Senin, 03 Juli 2017

Memanfaatkan Balkon Rumah

Bila rumah kita terdiri dari lebih satu lantai, apakah terdapat balkon pada rumah? Nah, bila terdapat balkon pada rumah kita, balkon sebenarnya dapat kita manfaatkan untuk hal tertentu. Akan tetapi, umumnya balkon dibiarkan kosong oleh pemilik rumah. Lalu, bagaimana memanfaatkan balkon rumah? Berikut beberapa tips memanfaatkan balkon rumah.

Menjadikan Balkon Sebagai Ruang Makan Mini
Cara pertama untuk memanfaatkan balkon yaitu meletakkan meja makan di balkon. Dengan menyantap makanan di balkon, tentunya memberikan sensasi baru yang sangat berbeda dibandingkan dengan menyantap makanan di ruang makan. Karena balkon berada di ruang terbuka, kita pun akan lebih segar saat menyantap makanan. Selain itu, kita pun dapat juga memandang lingkungan sekeliling kita. Nah, bila kita merasa jenuh menyantap makanan di ruang makan, tak ada salahnya mencoba menjadikan balkon sebagai ruang makan. Terlebih, bila balkon berukuran luas.


Gambar 1. Meletakkan Meja Makan di Balkon

Menjadikan Balkon Sebagai Taman Mini
Balkon pun dapat dimanfaatkan menjadi ruang makan, balkon pun dapat juga ‘disulap’ menjadi taman mini.Selain memperindah tampilan eksterior rumah, keberadaan taman mini di balkon pun membuat udara menjadi lebih segar. Nah, agar tanaman-tanaman pada taman mini tersebut semakin membuat eksterior lebih menawan, tak ada salahnya menyimpan beragam tanaman berwarna-warni.


Gambar 2. ‘Menyulap’ Balkon Menjadi Taman Mini

Memasang Lampu Hias Pada Balkon
Menyukai rumah yang bergemerlapan cahaya terang saat malam? Bila ya, balkon menjadi tempat yang tepat untuk kita letakkan lampu hias. Dengan meletakkan lampu hias pada balkon, akan terpancar cahaya dari bagian atas rumah saat malam. Karenanya, rumah akan diselimuti gemerlap cahaya saat malam. Nah, lampu hias dapat kita letakkan pada pagar pembatas balkon ataupun pada atap-atap balkon.


Gambar 3. Meletakkan Lampu Pada Pagar Pembatas Balkon

Menjadikan Balkon Sebagai Ruang Tamu Sekunder
Balkon pun dapat juga dijadikan ruang tamu sekunder. Bila ada tamu spesial yang berkunjung ke rumah kita, kita dapat mengajaknya mengobrol di balkon yang sudah ‘disulap’ menjadi ruang tamu. Dibandingkan mengobrol di ruang tamu yang berada di dalam rumah, mengobrol di balkon yang sudah ‘disulap’ menjadi ruang tamu terasa lebih segar. Tentu saja, karena balkon berada di ruang terbuka. Dan juga, dapat memandang lingkungan sekeliling dengan lebih leluasa saat mengobrol. Nah, bila balkon berukuran luas, tak ada salahnya ‘menyulapnya’ menjadi ruang tamu sekunder. Nah, karena balkon difungsikan sebagai ruang tamu, tentunya kita mesti meletakkan sofa dan meja.


Gambar 4. Mengfungsikan Balkon Menjadi Ruang Tamu Sekunder

Demikian, beberapa tips memanfaatkan balkon rumah. Kesimpulannya, balkon tak hanya sebagai ruang kosong yang mengisi rumah saja. Area ruang balkon pun dapat kita manfaatkan Nah, ingin memanfaatkan balkon dengan menerapkan tips-tips yang sudah dijelaskan?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://cdn.home-designing.com/wp-content/uploads/2010/03/balcony-dining.jpg
2. http://d16u920cdkkea2.cloudfront.net/wp-content/uploads/2015/08/balcony-vertical-garden-8_mini.jpg
3. http://www.urbanhomez.com/userfiles/craftynest.jpg
4. http://www.eltap.org/wp-content/uploads/2015/11/balcony-furniture-6.jpg


Related Posts :