Kamis, 27 Juli 2017

Mengharumkan Ruangan dengan Bahan-Bahan Alami

Untuk mengharumkan ruangan, umumnya orang menyemprotkan pengharum ruangan. Nah, selain dengan cara tersebut, kita dapat juga menggunakan bahan-bahan alami untuk menyemprotkan ruangan. Nah, bila dibandingkan dengan aroma harum penyemprot ruangan, aroma wangi bahan-bahan alami lebih terasa lebih segar. Karenanya, membuat kita lebih rileks. Terlebih, setelah melakukan aktivitas melelahkan.

Sebagai informasi, dilansir dari situs hellosehat.com, penggunaan produk berbahan kimia berisiko menyebabkan gangguan sistem saraf. Karena penyemprot ruangan termasuk produk berbahan kimia, menggunakan penyemprot ruangan sebenarnya membahayakan sistem saraf. Lalu, apa saja bahan-bahan alami yang dapat kita gunakan untuk mengharumkan ruangan? Berikut bahan-bahan tersebut.

Beberapa Jenis Bunga
Bahan alami pertama yang dapat kita gunakan untuk mengharumkan ruangan yaitu beberapa jenis bunga. Jenis bunga tersebut antara lain melati, lavender, dan kayu manis. Nah, dengan meletakkan satu atau lebih bunga tersebut, ruangan akan terasa lebih harum. Bunga-bunga tersebut pun relatif tak sulit kita temui. Nah, selain membuat ruangan lebih harum, kehadiran bunga tersebut pun membuat ruangan terlihat lebih cantik.


Gambar 1. Bunga Melati

Perpaduan Jeruk, Jahe, dan Ekstra Almond
Dengan memadukan jeruk, jahe, dan ekstra almond, akan terpancarkan aroma wangi yang begitu manis tercium. Lalu, bagaimana cara meracik ketiga bahan alami tersebut? Jeruk dan jahe diiris tipis-tips. Lalu, siapkan toples. Masukkan irisan tersebut bersama dengan ekstra almond dan air ke dalam toples. Toples yang berisi racikan ketiga bahan tersebut kita letakkan di ruangan, agar terpancarkan aroma kesegaran yang begitu wangi. Baik jeruk, jahe, maupun ekstra almond relatif tak sulit kita temui di pasaran.


Gambar 2. Contoh Produk Ekstra Almond

Kulit Jeruk
Jeruk menjadi buah yang mudah kita temui di pasaran. Harganya pun tak terlalu mahal bagi kebanyakan orang. Karenanya, bila kita ingin mengharumkan ruangan secara alami, kulit jeruk dapat juga kita manfaatkan untuk mengharumkan ruangan. Lalu, bagaimana menggunakan kulit jeruk untuk mengharumkan ruangan? Ikuti langkah berikut.

Siapkan panci berisi air, lalu masukkan kulit jeruk. Nyalakan kompor dengan suhu yang rendah. Tunggulah hingga air mendidih. Nah, saat air mendidih, kulit jeruk akan mengeluarkan aroma alami yang menyegarkan. Agar aroma kulit jeruk lebih segar. Kita dapat menambahkan satu batang kayu manis sebelum kulit jeruk direbus di dalam panci. Air panas yang kita gunakan untuk merebus kulit jeruk dapat kita pindahkan ke dalam bejana. Lalu, bejana kita letakkan di dalam ruangan yang ingin kita beri aroma kesegaran alami.


Gambar 3. Kulit Jeruk

Demikian, beberapa bahan alami yang dapat kita gunakan untuk mengharumkan ruangan. Kesimpulannya, bila kita menginginkan ruangan dengan aroma kesegaran alami ataupun ingin mengusir aroma kurang sedap di dalam rumah, kita dapat menggunakan salah satu dari bahan tersebut.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar
1. https://i0.wp.com/www.satujam.com/wp-content/uploads/2015/06/melati.jpg?resize=900%2C675
2. https://ecs7.tokopedia.net/img/product-1/2016/10/12/6859262/6859262_8e03bb96-4f99-47af-b227-fbd947121021.jpg
3. https://img.okezone.com//content/2016/04/26/481/1372798/jangan-buang-kulit-jeruk-ini-manfaatnya-2vsiUjcEFv.jpg

Referensi:
1. https://cantik.tempo.co/read/news/2016/09/26/336807412/yuk-buat-sendiri-pengharum-ruangan-dari-bahan-alamihttp://www.satujam.com/12-tanaman-yang-dapat-mengharumkan-kamar-tidur-kamu/
2. http://www.richtonparklibrary.org/images/stories/pdfs/2015/DIY-Natural-Room-Scents.pdf
3. https://hellosehat.com/berbagai-bahan-alami-untuk-pengharum-ruangan/
4. https://wolipop.detik.com/read/2015/10/20/103646/3048289/858/jangan-langsung-dibuang-ini-5-manfaat-kulit-jeruk-untuk-rumah-anda


Related Posts :