Senin, 07 Agustus 2017

4 Bakteri Berbahaya Di Dalam Kamar Mandi

Berbicara mengenai kebersihan rumah, salah satu bagian rumah yang mesti kita cermati yaitu kamar mandi. Sebabnya, kamar mandi menjadi tempat favorit bagi beragam bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Nah, bakteri-bakteri yang paling banyak ditemukan, dilansir dari situs healthcommkey.com yaitu E-Coli, Streptococcus, Paratuberculosis, dan Salmonela. Bila satu atau lebih bakteri tersebut hinggap di tubuh kita, sangat berisiko mengakibatkan penyakit. Lalu, bagaimana agar kamar mandi lebih terbebas dari bakteri-bakteri tersebut? Berikut beberapa tips mudah dan praktis agar kamar mandi lebih terbebas dari empat bakteri tersebut, dilansir dari situs yang sama.


Gambar 1. Kamar Mandi

Membersihkan Bakteri E-Coli
Bakteri E-Coli biasa tinggal di dalam kotoran manusia. Dampak bakteri ini bagi kesehatan yaitu demam, penyakit kolera, muntah, dan kejang-kejang. Nah, selain hinggap di kotoran manusia, bakteri ini bisa juga hinggap di lantai kamar mandi, permukaan sabun, peralatan mandi, dan gagang pintu. Nah, agar kamar mandi lebih terbebas dari bakteri tersebut, membersihkan kamar mandi termasuk kloset menjadi hal penting. Sangat disarankan juga, mencuci tangan dengan cairan khusus hand-sanitizer (cairan khusus pembersih tangan) sebelum keluar dari kamar mandi. Sebabnya, tak tertutup kemungkinan bakteri tersebut hinggap di jemari dan telapak tangan.

Membersihkan Bakteri Streptococcus
Bakteri kedua yang biasa ditemukan di dalam kamar mandi yaitu Streptococcus. Nah, apa dampak bakteri ini bagi kesehatan? Diantaranya luka tenggorokan, demam tinggi ataupun demam dengan kulit yang memerah, rematik, dan gangguan ginjal. Terkait asal bakteri ini, bakteri ini sering ditemukan telapak dan jemari tangan manusia. Nah, agar bakteri ini tak menyebar di dalam kamar mandi, mencuci telapak tangan, jemari tangan, dan kuku dengan carian hand-sanitizer saat akan menggunakan kamar mandi menjadi hal penting.

Membersihkan Bakteri Paratuberculosis
Paratuberculosis menjadi bakteri lainnya yang biasanya tinggal di dalam kamar mandi. Nah, bila terpasang shower di dalam kamar mandi, semprotkan air selama beberapa menit sebelum mandi. Sebabnya, menurut suatu penelitian, bakteri ini biasa hinggap di shower. Selain pada shower, tak tertutup kemungkinan juga bakteri ini akan hinggap di bagian kamar mandi lainnya. Dampak bakteri ini bagi kesehatan yaitu mual, gangguan pencernaan, mudah lelah, dan menurunnya berat badan. Untuk menghindari bakteri ini menginfeksi tubuh kita, sangat disarankan mengganti pipa secara rutin. Misalnya, sekali ataupun dua kali selama sebulan. Bersihkan juga kamar mandi secara rutin.

Membersihkan Bakteri Salmonella
Bakteri Salmonella merupakan bakteri yang mampu tinggal di dalam perut manusia. Salah satu sebab utama bakteri ini masuk ke dalam perut manusia yaitu melalui makanan yang tak dimasak dengan baik dan benar. Nah, setelah melakukan buang air besar, bakteri akan tinggal di dalam feses (kotoran manusia). Bila kloset tak dibersihkan dengan baik dan benar, maka kloset akan menjadi sumber penyebaran bakteri tersebut. Dampak bakteri ini bagi kesehatan yaitu sangat berisiko mengakibatkan penyakit tipes, diare, pencernaan, mual dan demam. Nah, agar kamar mandi lebih terbebas dari bakteri tersebut, bersihkan kloset secara rutin. Gunakan cairan khusus pembersih kloset. Sangat disarankan juga mencuci tangan dengan menggunakan handsanitizer setelah berada di dalam kamar mandi.

Demikian, 4 bakteri yang berbahaya yang banyak ditemukan di dalam kamar mandi. Karena 4 bakteri tersebut berbahaya bagi kesehatan, membersihkan masing-masing bakteri dengan cara yang sudah dijelaskan menjadi hal yang tak dapat kita abaikan. Tak ada salahnya juga menyediakan cairan hand sanitizer di dalam kamar mandi.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. http://healthcommkey.org/bacteria-found-in-bathrooms/
2. http://banjarmasin.tribunnews.com/2015/10/01/penyakit-yang-bersumber-dari-bakteri-yang-hidup-di-kamar-mandi

Sumber Gambar
1. http://berlinhappens.com/wp-content/uploads/2016/05/kamar-mandi-minimalis-wc-jongkok.jpg


Related Posts :