Kamis, 17 Agustus 2017

Akan Menata Interior? Cermati 4 Hal Berikut

Apakah kita akan menata interior dalam waktu dekat? Nah, agar interior terlihat lebih harmonis dipandang mata, ada banyak hal yang mesti kita cermati. Termasuk juga tiga hal berikut. Dengan mencermati tiga hal berikut, interior akan terlihat lebih harmonis. Karenanya, membuat kita lebih nyaman berada di dalam rumah. Berikut 3 hal yang sebaiknya kita cermati saat menata interior, dilansir dari situs lifehacker.com.

Titik Fokus Ruangan
Dengan adanya titik fokus ruangan, pandangan mata akan lebih tertuju ke titik tersebut. Karenanya, ruangan akan terlihat lebih menarik. Untuk memberikan titik fokus ruangan, letakkan objek yang cenderung terlihat kompleks dibandingkan objek-objek lainnya. Ataupun, yang berwarna khusus Sesuaikan juga objek dengan fungsi ruangan.

Misalnya, meletakkan sofa berwarna-warni bermotif bunga di ruang keluarga. Meletakkan sofa tersebut membuat pandangan mata lebih tertuju memandangnya. Meletakkan sofa pun sesuai dengan fungsi ruang keluarga, yaitu untuk duduk melepaskan lelah. Ambil contoh lainnya, kita akan memberi titik fokus di ruang tidur. Kita dapat meletakkan sprai kasur yang bermotif floral (dedaunan kompleks) agar pandangan mata lebih tertuju memandangnya. Contoh lainnya, kita dapat memajang lukisan besar bertema buah-buahan pada dinding ruang makan.


Gambar 1. Contoh Penerapan Titik Fokus Ruangan Di Dalam Ruang Keluarga. Pandangan Mata Tertuju Memandang Sofa.

Terapkan Rule of Odds
Rule of odds, artinya penggunaan bilangan ganjil. Aturan ini dapat kita terapkan untuk mengatur komposisi tampilan visual. Termasuk penataan tampilan visual dalam interior. Aturan ini pun biasanya diterapkan dalam bidang fotografi. Nah, dengan menerapkan aturan ini, akan menciptakan tampilan visual yang menarik.

Lalu, bagaimana menerapkannya untuk menata interior? Letakkan objek-objek secara berdekatan dalam jumlah ganjil. Baik objek yang sama maupun objek yang berbeda. Saat objek-objek dalam jumlah ganjil berdekatan, pandangan mata akan tertuju memandang titik pusat objek-objek tersebut. Karenanya, menciptakan kesan keseimbangan yang kuat.. Ambil contoh, meletakkan tiga buah foto ataupun lima vas berisi bunga berbeda ukuran di atas meja. Ataupun, meletakkan meja sofa di tengah-tengah dua sofa yang berada di samping kiri dan kanannya. Rule of Odd pun dapat juga kita terapkan untuk membuat titik fokus di dalam ruangan.


Gambar 2. Contoh Penerapan Rule of Odds dalam Meja Makan. Meja Makan Ini Menciptakan Kesan Keseimbangan.

‘Mainkan’ Warna-Warna Gelap Terang.
Dilansir dari situs yang sama, perpaduan warna-warna gelap terang menciptakan tampilan visual yang menarik. Karenanya, agar interior terlihat harmonis dipandang mata, tak ada salahnya kita menerapkannya di dalam interior. Menerapkan cara ini pun tak membuat interior terlihat begitu monoton. Ambil, bila dinding berwarna putih, kita dapat meletakkan sofa berwarna hijau gelap. Contoh lainnya, bila sofa berwarna merah gelap, kita dapat meletakkan meja sofa berwarna putih terang. Contoh penerapan ‘memainkan’ warna-warna gelap terang dapat kita amati pada gambar kedua di atas.

Sisakan Ruang Kosong
Dalam penataan interior, adanya ruang kosong menjadi hal penting. Sebabnya, membuat ruangan terasa lapang. Sebaliknya, bila ruang kosong begitu kurang, ruangan akan terasa sempit. Terlebih, bila rumah berukuran kecil. Nah, agar ruang kosong benar-benar kosong, kita sebaiknya tak meletakkan apapun di ruang tersebut. Contoh adanya ruang kosong yang cukup dalam ruangan dapat kita amati pada gambar pertama di atas.

Demikian, 3 hal yang sebaiknya kita cermati terkait penataan interior. Nah, ingin mencoba menerapkan satu atau lebih hal-hal yang dijelaskan? Bila ya, selamat mencoba…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://lifehacker.com/how-to-use-basic-design-principles-to-decorate-your-hom-1687607782

Sumber Gambar:
1.https://shop.dezignable.com/blog/wp-content/uploads/2011/05/orange-sofa-focal-point-in-living-room.png
2. http://homesfeed.com/wp-content/uploads/2015/10/gorgeous-all-glass-dining-table-with-unique-black-modern-chairs-design-with-vintage-luxurious-centerpiece-and-brown-wall-paint-and-glass-window.jpg


Related Posts :