Kamis, 28 September 2017

Tips Menata Pencahayaan Di Dalam Ruangan

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/tips-menata-pencahayaan-di-dalam-ruangan

Dalam menata ruangan, pencahayaan menjadi salah satu hal yang mesti kita cermati. Dengan pencahayaan yang baik, akan terasa lebih terang saat malam. Karenanya, kita dan tamu akan merasa lebih nyaman berada di dalam rumah. Sebaliknya, bila pencahayaan kurang baik, ruangan cenderung gelap. Karenanya, tak tertutup kemungkinan kita merasa kurang nyaman berada di dalam rumah. Nah, untuk membantu menata pencahayaan di dalam ruangan, kita dapat menerapkan trik-trik berikut.

Padukan Beberapa Lampu Pada Langit-Langit Dengan Beberapa Lampu Meja dan Lampu Lantai

Ditinjau dari aspek penempatan, ada tiga jenis lampu yang dapat kita letakkan di dalam ruangan. Yaitu, lampu langit-langit, lampu meja dan lampu lantai. Nah, agar ruangan terasa lebih terang saat malam, padukan tiga jenis lampu tersebut. Perpaduan sinar lampu pada langit-langit dengan sinar lampu meja akan menjadikan ruangan tamu terasa lebih terang. “Jangan hanya bergantung pada satu sumber lampu”, tutur Alan Tanskely, seorang pakar desain interior, dilansir dari situs housebeautiful.com. “Padukan beberapa lampu langit-langit dengan beberapa lampu lantai dan lampu meja”.

Letakkan juga lampu meja di dekat dinding. Tujuannya, agar sinar lampu yang memantul pada dinding memberikan rasa hangat. Selain lebih menerangi ruangan, keberadaan lampu meja pun menciptakan tampilan visual yang menarik.


Gambar 1. Contoh Perpaduan Lampu Lantai dan Lampu Meja

Pilihlah Lampu yang Dilengkapi Sakelar Pengatur Cahaya

Lampu menjadi salah satu hal terpenting di dalam ruangan. “Lampu menciptakan atmosfer dan suasana dramatis tertentu ”, tutur Lawrence Bullad, seorang pakar interior, dilansir dari situs yang sama. Nah, agar sinar lampu memancarkan nuansa atmosfer dan kesan dramatis yang kita inginkan, pilihlah lampu yang dilengkapi sakelar pengatur cahaya. Ambil contoh, bila menginginkan suasana ruangan yang lebih romatis, kita dapat mengurangi terang sinar lampu hingga mendekati gelap. Contoh lainnya, bila kita menginginkan suasana ruangan yang lebih hangat, kita dapat menyetel sinar lampu tak terlalu terang dan tak terlalu gelap.


Gambar 2. Contoh Sakelar Pengatur Terang Sinar Lampu

Cermati Ketinggian Langit-Langit

Secara mendasar, semakin dekat lampu dengan kepala kita, maka kita akan lebih nyaman beraktivitas saat gelap. Sebaliknya, bila lampu berada semakin jauh dari kepala, kita cenderung kurang nyaman beraktivitas saat gelap. Nah, terkait rumah, cermati ketinggian plafon, Bila plafon terlalu tinggi, sebaiknya kita tak memasang lampu langsung pada langit-langit plafon. Gantungkan beberapa lampu dengan penggantung khusus lampu. Tujuannya, agar membuat kita lebih nyaman beraktivitas di dalam rumah saat malam. Nah, bila plafon begitu tinggi dan luas langit-langit plafon begitu luas, kita dapat menggantungkan lampu gantung hias.


Gambar 3. Contoh Lampu Gantung

Demikian, beberapa trik menata pencahayaan di ruang tamu. Kesimpulannya, menata pencahayaan bukanlah hal sulit bagi siapapun. Agar kita lebih nyaman beraktivitas di rumah saat malam, tak ada salahnya menerapkan tips-tips yang sudah dijelaskan.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.housebeautiful.com/home-remodeling/interior-designers/tips/a3333/lighting-mistakes/

Sumber Gambar:
1. https://static.pexels.com/photos/189333/pexels-photo-189333.jpeg
2. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/44/Electric_residential_lighting_dimmer_switch.JPG
3. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/f0/Chandelier_at_Mangkunegaran_Palace.jpg


Related Posts :