Selasa, 17 Oktober 2017

Interior Bergaya Country (Pedesaan)

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/interior-bergaya-country-pedesaan

Apakah kita sedang mencari-cari gaya interior yang menarik untuk kita terapkan di dalam rumah? Bila ya, kita dapat mencoba menerapkan interior bergaya country (pedesaan). Secara konseptual, sesuai namanya, interior rumah bergaya country yaitu gaya interior yang merefleksikan suasana dan aura pedesaan. Karena merefleksikan hal tersebut, gaya interior ini begitu dekat dengan elemen-elemen pedesaan. Diantaranya, pencahayaan, udara dan bahan baku pembangunan rumah. Ketiga elemen tersebut begitu dekat dengan suasana dan aura pedesaan.

Lalu, seperti apa wujud gaya interior tersebut? Seperti yang sudah disebutkan, terdapat tiga elemen. Pada elemen pertama, yaitu pencahayaan, matahari menjadi sumber utama pencahayaan. Dengan memasang banyak jendela, cahaya matahari lebih terasa, Sedangkan pada elemen kedua yaitu udara, udara bersumber dari alam. Agar udara yang bersumber dari alam lebih mengalir di dalam rumah, langit-langit yang didesain tinggi menjadi hal penting. Nah, pada elemen ketiga, yaitu bahan baku, didominasi bahan kayu. Bahan baku berbahan kayu yang digunakan berpermukaan kasar dan di-finishing dengan tak sempurna. Namun, diberi warna yang sesuai agar terlihat lebih artistik. Berikut contoh interior bergaya country.


Gambar 1. Contoh Interior Bergaya Country

Nah, sedangkan bila ditinjau dari aspek tata ruang, tak ada batas antar ruangan yang permanen seperti halnya dalam rumah bergaya modern. Pada rumah bergaya modern, pintu dan dinding menjadi batas permanen antar ruangan. Tak adanya batas tersebut, dipadukan dengan ketiga elemen-elemen tersebut, semakin mempertegas kesan suasana dan aura country.

Seperti yang sudah disebutkan, kayu menjadi bahan yang sangat mendominasi bahan baku rumah bergaya interior country. Misalnya, pada dinding ataupun fondasi langit-langit. Bahan ini menjadi bahan dominan furniture. Nah, sebagai informasi penting, menurut suatu penelitian, dilansir dari situs makeitwood.com, kayu merupakan bahan yang dapat mengurangi stres, meningkatkan produktivitas, membuat lebih bahagia dan tenang. Kayu pun termasuk bahan yang mampu mencegah penghantaran panas. Karenanya, bila furniture rumah ataupun bahan baku pembangunan rumah didominasi bahan kayu, tentunya akan membuat para penghuni rumah merasa lebih rindang dan fresh

Dengan demikian, mengacu kepada keunggulan-keunggulan kayu tersebut, bahan ini memang begitu cocok digunakan sebagai bahan furniture di dalam rumah bergaya interior country. Sebabnya, bahan kayu membawa pikiran dan benak kita ke dalam suasana dan aura pedesaan yang begitu tenang dan asri. Nah, apakah tertarik ingin menerapkannya?

Demikian, penjelasan singkat interior rumah bergaya country. Kesimpulannya, gaya interior ini menawarkan keunikan tersendiri dan ciri khas tersendiri. Bagi yang sedang membangun rumah dan menginginkan tampilan interior yang unik, gaya interior tersebut dapat menjadi alternatif. Bila ingin mencoba menerapkan gaya interior baru yang tak terlalu ‘mainstream’, gaya tersebut pun dapat menjadi alternatif. Selamat merasakan suasana dan aura pedesaan di dalam rumah…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. Tabloid Nova Edisi XXIX Halaman 11
2. http://makeitwood.org/benefits-of-wood/

Sumber Gambar
http://maxpixel.freegreatpicture.com/Western-Fireplace-Interior-Country-Style-Log-Cabin-143213


Related Posts :