Senin, 02 Oktober 2017

Memahami Kelebihan dan Kekurangan Skylight Pada Rumah

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/memahami-kelebihan-dan-kekurangan-skylight-pada-rumah

Selain pada bagian dinding, jendela pun dapat juga dipasang pada langit-langit rumah. Karena jendela berada pada bagian tersebut, interior rumah akan lebih terang. Teknik ini biasa biasa disebut skylight. Dinamakan demikian karena langit terpampang di langit-langit rumah. Nah, bila kita ingin memasangnya, tak ada salahnya lebih memahami kelebihan dan kekurangan skylight terlebih dahulu. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan skylight?


Gambar 1. Contoh Skylight

Kelebihan-Kelebihan Skylight
  • Dengan memasang skylight, seperti yang sudah disebutkan, interior rumah akan lebih terang. Karenanya, membuat kita lebih nyaman berada di dalam rumah saat siang hari. Interior rumah pun terasa lebih segar dan alami karena mendapatkan lebih banyak pasokan sinar matahari.
  • Bila interior rumah kita cenderung gelap saat siang, memasang skylight dapat menjadi alternatif untuk menghemat penggunaan listrik.
  • Keberadaan skylight pun menghias interior menjadi lebih menarik. Terlebih, bila desain skylight begitu sedap dipandang mata.
  • Selain kelebihan-kelebihan tersebut, rumah pun akan terasa lebih hangat. Tentu saja, karena interior rumah disinari lebih banyak cahaya matahari. Rumah pun akan lebih sehat, karena sinar matahari terbukti mampu membunuh berbagai kuman dan bakteri. Udara yang masuk ke dalam rumah pun, saat jendela dibuka, membuat para penghuni rumah merasa lebih segar dan sejuk
  • Sebagai hal penting yang dapat kita pertimbangkan, menurut penelitian, dilansir dari situs facilitiesnet.com, semakin sering manusia memandang sinar matahari, produktivitas kerja akan meningkat. Hal ini sudah dibuktikan oleh para karyawan Walmart. Karena ruangan kerja karyawan WalMart dilengkapi skylight, performa kerja mereka selalu memuaskan. Inilah manfaat lainnya skylight.


Gambar 2. Contoh Skylight Pada Gedung Bertingkat

Kekurangan-Kekurangan Skylight

Lalu, selain kelebihan-kelebihannya, apa saja kekurangan skylight?
  • Pertama, dalam hal daya tahan dan perawatan. Bila jendela skylight kurang mendapatkan perawatan, jendela akan lebih mudah bocor. Bila bocor, air hujan akan merembes masuk ke dalam rumah. Dengan demikian, merawat skylight secara rutin menjadi hal penting.
  • Kedua, dalam hal teknis pemasangannya. Memasang skylight memang tak mudah. Bila skylight tak terpasang dengan baik, selain lebih mudah bocor, tak tertutup kemungkinan akan membuat rumah terasa lebih gerah. Selain itu, interior rumah akan terasa lebih silau. Bila rumah terasa silau, kita akan kurang nyaman berada di dalam rumah. Kita pun akan kurang nyaman beraktivitas di dalam rumah. Dengan demikian, bila ingin memasangnya, alangkah baiknya menggunakan jasa konsultan profesional dan berpengalaman.
  • Ketiga, agar skylight terpasang dengan baik, pada dasarnya membutuhkan perhitungan, teknik, dan infrastruktur khusus. Misalnya, memilih materi yang sesuai, menghitung kekuatan daya topang ataupun menentukan sudut yang sesuai. Tentunya, kita mesti menggunakan konsultan profesional dan berpengalaman agar skylight terpasang dengan baik. Terlebih, bila kita belum begitu mahir memasangnya.

Demikian, kelebihan dan kekurangan skylight. Dengan memahami kelebihan dan kekurangannya, sangat membantu kita mempertimbangkan apakah akan memasangnya. Bila tertarik memasang skylight, selamat memasangnya…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. http://www.vtechskylights.com/2011/03/top-5-reasons-to-have-a-skylight/
2. http://www.roofer911.com/skylights-pros-cons.htm
3. http://www.facilitiesnet.com/lighting/topic/Daylighting-Advantages-And-Disadvantages--19593

Sumber Gambar:
1. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/f5/Rooftop_Interior_Skylight_of_420_Lafayette_St_Sylvia_Wald_%26_Po_Kim_Gallery.jpg/2448px-Rooftop_Interior_Skylight_of_420_Lafayette_St_Sylvia_Wald_%26_Po_Kim_Gallery.jpg
2. https://c.pxhere.com/photos/7c/08/building_glass_hand_rail_ceiling-33233.jpg!d


Related Posts :