Rabu, 11 Oktober 2017

Menata Ruang Keluarga Berdasarkan Ukurannya

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/menata-ruang-keluarga-berdasarkan-ukurannya

Di dalam rumah terdapat ruang keluarga. Agar kita lebih nyaman berada di dalam ruangan tersebut, menata ruangan tersebut menjadi hal penting. Sebelum menata ruang keluarga, ketahui kategori ukuran ruang keluarga terlebih dahulu.

Nah, ruang keluarga dapat kita kategorikan berdasarkan ukurannya. Masing-masing penataan setiap kategori tersebut berbeda-beda. Lalu, apa saja kategori ruang keluarga serta bagaimana penataan setiap kategori ruang keluarga tersebut? Berikut kategori-kategori ruang keluarga, dimulai dari kategori terkecil. Dijelaskan pula beberapa tips menata masing-masing kategori ruang keluarga tersebut


Gambar 1. Contoh Ruang Keluarga

Ruang Keluarga Berukuran Sangat Kecil
Bila ruang keluarga di rumah kita berukuran panjang sekitar 2,1 meter dan berukuran lebar sekitar 3 meter, ruangan tersebut termasuk kategori ruang keluarga berukuran sangat kecil. Nah, agar lebih nyaman berada di ruangan keluarga berkategori sangat kecil, sebaiknya hanya meletakkan 2 kursi sofa berukuran kecil saja. Letakkan kedua sofa di salah satu sisi ruangan. Ruangan keluarga berkategori sangat kecil pun hanya dapat dihuni maksimal 3 orang.

Ruang Keluarga Berukuran Kecil
Bila ruang keluarga di rumah kita berukuran panjang sekitar 3 meter dan berukuran lebar sekitar 4 meter, ruangan tersebut termasuk kategori ruang keluarga berukuran kecil. Ruangan keluarga berkategori kecil dapat dihuni hingga 4 atau 5 orang. Terkait sofa, letakkan maksimal 4 sofa. Letakkan masing-masing sofa pada setiap sisi dinding. Kombinasi ini membuat 4 orang yang menghuni ruang keluarga nyaman duduk di dalam ruang keluarga. Agar dapat dihuni lima orang, tambahkan satu sofa kecil. Bila ingin menonton tayangan televisi, sebaiknya menggantung televisi pada salah satu dinding.

Ruang Keluarga Berukuran Sedang
Bila ruang keluarga di rumah kita berukuran panjang sekitar 3.7 meter dan berukuran lebar sekitar 5.5 meter, ruangan tersebut termasuk kategori ruang keluarga berukuran sedang. Ruang keluarga berukuran sedang dapat dihuni hingga 10 orang. Terkait sofa, letakkan 5 sofa berukuran sedang menghadap televisi. Dengan meletakkan 5 sofa, akan lebih nyaman duduk mengobrol dan menonton tayangan televisi.

Ruang Keluarga Berukuran Besar
Nah, berapa ukuran ruang keluarga yang termasuk kategori besar? Bila ruang keluarga di rumah kita berukuran panjang lebih dari 4.6 meter dan berukuran lebar lebih dari 6 meter, ruangan tersebut termasuk kategori ruang keluarga berukuran sedang. Bila ruang keluarga kita termasuk kategori besar, bagaimana menatanya? Kita dapat menaruh lebih banyak sofa, selama tak membuat ruangan terasa sempit. Kita pun tak perlu meletakkan sofa terlalu dekat dengan dinding.

Bila terdapat beragam furniture, letakkan furniture-furniture berdasarkan bentuknya lalu letakkan pada salah satu bagian ruangan. Dengan menerapkan cara ini, ruangan akan terlihat lebih rapih. Bila tak terdapat beragam furniture, tak perlu meletakkan sofa ataupun furniture yang ada dalam posisi berjauhan. Sebabnya, cenderung membuat ruangan terasa lebih sempit.

Demikian, kategori-kategori ruang keluarga berdasarkan ukurannya. Serta, beberapa tips menata setiap kategori tersebut. Nah, karena ruang keluarga menjadi ruangan yang vital, tak ada salahnya kita menatanya berdasarkan kategori luas ruangan keluarga. Selamat menata ruang keluarga…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.houseplanshelper.com/living-room-size.html

Sumber Gambar:
http://maxpixel.freegreatpicture.com/static/photo/1x/Living-Room-Facilities-Decoration-Live-728731.jpg


Related Posts :