Minggu, 08 Oktober 2017

Tips Agar Balkon Rumah Lebih Aman Bagi Anak-Anak

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/tips-agar-balkon-rumah-lebih-aman-bagi-anak-anak

Apakah rumah kita bertingkat dan terdapat balkon? Dan juga, apakah anak-anak senang bermain-main di tempat tersebut? Bila ya, tak ada salahnya mencermati keamanannya. Terlebih, bila balkon begitu tinggi. Sebabnya, bila balkon kurang aman, tak tertutup kemungkinan anak-anak akan terjatuh dari balkon. Bila anak-anak terjatuh dari balkon yang tinggi, tentunya akan mengakibatkan cedera fatal. Bahkan, bisa saja berujung menjadi kehilangan nyawa. Berikut beberapa tips menata balkon agar lebih aman bagi anak-anak.


Gambar 1. Balkon Rumah

Pasang Peralatan Keamanan Semaksimal Mungkin Termasuk Pagar Pembatas
Cermati apakah balkon rumah kita dilengkapi berbagai hal yang benar-benar memberikan rasa aman? Misalnya, apakah dilengkapi pagar pembatas balkon agar anak-anak tak mudah terjatuh? Ataukah apakah pagar pembatas begitu longgar? Nah, bila hal-hal tersebut tak terpasang, sebaiknya kita lekas memasangnya. Pasanglah alat-alat keamanan sebaik semaksimal mungkin. Dengan memasang peralatan tersebut, akan sangat menghindari anak-anak terjatuh dari balkon, Tak hanya bagi anak-anak saja, orang dewasa pun akan lebih terhindar dari hal yang tak diinginkan tersebut.

Pindahkan Benda-Benda yang Dapat Dipanjat Ataupun Dinaiki Anak Dari Balkon
Cermati balkon apakah terdapat benda yang dapat dipanjat ataupun dinaiki anak. Terlebih, bila benda-benda tersebut berada di dekat pagar pembatas balkon. Bila terdapat benda tersebut di balkon, sebaiknya kita lekas memindahkannya dari balkon. Sebabnya, karena anak-anak senang bermain, tak tertutup kemungkinan anak akan memanjatnya ataupun menaikinya. Saat anak memanjatnya atau menaikinya, tak tertutup kemungkinan akan terjatuh dari balkon. Cermati juga pagar pembatas balkon. Bila pagar dapat dipanjat anak, sebaiknya kita lekas menggantinya dengan pagar yang sulit dipanjat anak.

Pasang Kunci Ekstra Pada Pintu Balkon
Sebagai langkah pencegahan lainnya, kita dapat juga memasang kunci ekstra yang sulit dibuka anak pada pintu balkon. Bila anak begitu mudah membuka pintu balkon, anak-anak tentunya akan begitu mudah menuju balkon untuk bermain. Nah, dengan memasang kunci tersebut, anak tak akan mudah menuju balkon. Karenanya, akan sangat mencegah anak terjatuh dari balkon. Dapat juga mengunci pintu balkon dengan gembok khusus

Pengawasan Orang Tua pun Penting
Saat anak-anak bermain-main di balkon, pengawasan pun menjadi hal penting. Sebabnya, meskipun balkon dilengkapi berbagai peralatan keamanan, tak tertutup kemungkinan anak-anak akan menyerah begitu saja. Ambil contoh, meskipun pagar pembatas balkon sulit dipanjat, tak tertutup kemungkinan anak-anak akan berusaha memanjatnya. Terlebih, bila anak begitu senang bergerak ke sana ke mari. Bila kita merasa anak-anak begitu berbahaya bermain di balkon, sebaiknya lekas menyuruhnya untuk tak bermain di tempat tersebut. Dapat juga memarahinnya agar anak bermain di tempat lain.

Demikian, beberapa tips menata balkon agar lebih aman. Sebagai hal penting, dari tahun 1998 hingga 2002 di Australia, terdapat 252 kasus orang terjatuh dari balkon. Anak berusia 12 hingga 24 bulan menempati presentase terbesar. Sebagai tambahan, balkon memang menjadi menyenangkan bagi orang dewasa. Kita dapat melihat-lihat keadaan sekeliling dari ketinggian. Akan tetapi, bagi anak-anak, balkon bisa saja menjadi tempat yang membahayakan.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://oureverydaylife.com/highrise-balcony-safety-toddlers-43647.html

Sumber Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2015/12/13/02/42/home-1090573_960_720.jpg


Related Posts :