Kamis, 12 Oktober 2017

Tips Mencat Furniture Rumah Bagi Pemula

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/tips-mencat-furniture-rumah-bagi-pemula

Di pasaran, tersedia beragam cat khusus furniture. Dengan mencat beragam furniture dengan warna-warna menarik, interior rumah akan terlihat lebih menawan dam sedap dipandang mata. Nah, apakah kita akan mencat furniture rumah dalam waktu dekat? Bila ya, sebelum mencatnya, tak ada salahnya menyimak tips-tips berikut. Terlebih, bagi yang belum begitu berpengalaman mencat furniture. Ataupun, bagi yang pertama kali akan melakukan hal tersebut. Berikut beberapa tips mencat furniture rumah.


Gambar 1. Belum Berpengalaman Mencat Furniture? Simak Tips-Tips Berikut

Cermati Ventilasi Ruangan
Sebelum mencat furniture, cermati apakah udara cukup mengalir di ruangan tempat kita mencat furniture. Sebabnya, bila udara kurang mengalir, cat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kering. Sebagai hal penting, sangat disarankan mencat furniture di dalam garasi terbuka. Ataupun, di dalam ruangan dengan jendela yang terbuka. Bila furniture yang akan dicat dapat kita pindahkan, tak ada salahnya kita membawanya ke tempat tersebut Cermati juga, apakah terdapat debu yang beterbangan ataupun asap. Sebabnya, debu dan asap akan menempel pada permukaan besi.

Hamparkan Koran Ataupun Kertas Bekas
Saat proses mencat furniture, sebaiknya hamparkan koran ataupun kertas bekas di bawah furniture yang akan kita cat. Sebabnya, tak tertutup kemungkinan, cairan cat akan mengenai lantai. Bila cat mengenai lantai, tentunya kita mesti mengeluarkan tenaga ekstra untuk membersihkannya. Terlebih, bila pada lantai terdapat keramik. Membersihkan cat yang menempel pada lantai keramik tentunya membutuhkan tenaga ekstra. Tutup juga benda-benda di sekitar furniture dengan koran secukupnya. Tujuannya, agar cat tak mengenai benda tersebut.

Ratakan Permukaan Furniture Terlebih Dahulu
Sebaiknya, sebelum mencat furniture, ratakan permukaan furniture dengan ampelas terlebih dahulu. Sebabnya, bila permukaan furniture kurang rata kita cat, hasil pegencatan akan terlihat kurang rapih. Terkait jenis ampelas yang kita gunakan, kita dapat bertanya kepada penjual ampelas mengenai jenis ampelas yang sebaiknya kita gunakan. Ataupun, kita dapat mencari jenis ampelas yang sesuai via internet. Sebagai hal penting, sebaiknya kenakan masker ataupun sarung tangan saat mengampelas permukaan.

Bersihkan Permukaan Furniture
Sebelum mencat furniture, cermati seluruh permukaan secara lebih seksama. Bila ada debu ataupun kotoran lainnya yang menempel pada permukaan, lekas bersihkan. Sebabnya, bila debu dan kotoran lainnya tak dibersihkan terlebih dahulu sebelum mencat, hasil cat cenderung akan kurang menawan. Sebabnya, cat dan debu akan menempel pada permukaan furniture.

Mencat Furniture Secara Berlapis
Umumnya, bagi yang pertama kali mencat rumah, hanya mencat furniture satu lapis saja. Padahal, dengan mencat furniture secara berlapis, cat tak akan mudah luntur. Nah, dalam proses mencat furniture, biarkan lapisan pertama hingga benar-benar kering. Setelahnya, kita tambahkan lapisan selanjutnya. Agar lapisan selanjutnya benar-benar kering seutuhnya, tunggulah selama kurang lebih sehari. Sangat disarankan juga mencat dengan lapisan primer secara berlapis.

Gunakan Lapisan Cat Dasar
Para pemula pun cenderung kurang memperhatikan pentingnya lapisan primer (dasar) saat mencat. Padahal, dengan menggunakan lapisan tersebut, hasil cat akan tampak lebih baik dan menawan. Ambil contoh, bila ingin mengganti warna lemari dari biru gelap menjadi merah terang, umumnya para pemula langsung mengecatnya dengan warna merah. Tak tertutup kemungkinan, warna merah pada permukaan lemari tampak cenderung gelap. Nah, dengan demikian, sangat disarankan menggunakan lapisan primer (dasar). Di pasaran tersedia berbagai cat lapisan primer.

Tambahan, Kenakan Pakaian Tak Terpakai
Saat mencat, tak tertutup kemungkinan cat pun akan mengenai pakaian. Terlebih, bila kita termasuk pemula dalam mencat furniture. Bila pakaian terkena cat, tak tertutup kemungkinan akan sulit hilang. Meskipun dicuci berkali-kali. Nah, dengan demikian, sangat disarankan mengenakan pakaian tak terpakai saat mencat

Demikian, beberapa tips mencat furniture rumah. Kesimpulannya, tips-tips tersebut sangat membantu kita agar hasil cat tampak lebih menawan. Terlebih, bila kita termasuk pemula dalam mencat furniture. Selamat mencat furniture rumah…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.familytime.com/showarticle.aspx?articleid=891

Sumber Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2017/06/19/19/01/paint-2420634_960_720.jpg


Related Posts :