Kamis, 02 November 2017

Berapa Sebaiknya Ketinggian Ranjang Tidur?

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/berapa-sebaiknya-ketinggian-ranjang-tidur

Berapa ketinggian ranjang di kamar tidur kita? Ketinggian ranjang tidur menjadi hal yang kurang diperhatikan penghuni rumah. Padahal, ketinggian ranjang tidur tersebut menjadi salah satu hal penting dalam penataan rumah. Dengan memilih ranjang tidur dengan ketinggian yang sesuai, kamar tidur akan lebih nyaman dipandang. Sebagai informasi, dalam kajian Feng Shui, sangat penting memperhatikannya agar kita lebih nyaman beristirahat. Lalu, berapa sebaiknya ketinggian ranjang tidur?


Gambar 1. Kasur Berukuran Tinggi dan Rendah

Sesuaikan Ketinggian Ranjang Tidur dengan Ketinggian Ruangan dan Usia
Tinggi ranjang tidur standar yaitu 22 hingga 25 inci. Nah, bila rumah kita berlangit-langit tinggi, tingginya sebaiknya minimal 25 inci. Tujuannya, agar ranjang mengisi ruangan sehingga kamar tidur lebih terlihat harmonis. Tinggi ini dihitung dari kasur bagian bawah hingga bagian atas kasur. Bagi orang berusia lanjut yang sulit turun dari ranjang tidur, sebaiknya tak memilih ranjang tidur yang pendek. Pilihlah ranjang tidur yang memudahkan kaki menginjak lantai. Tujuannya, agar lebih mudah turun dan menaiki ranjang. Pilihlah juga yang memudahkan untuk duduk di tepi ranjang tidur.Tujuannya pun sama, yaitu agar lebih mudah turun dari ranjang

Kasur Berukuran Minimal 18 Inci Cocok Juga Bagi Orang Berusia Lanjut
Bila ranjang tidur terlalu tinggi ataupun rendah, orang berusia lanjut umumnya sulit menghamparkan tubuhnya di atasnya. Nah, bagi orang berusia lanjut, agar lebih mudah menghamparkan tubuh di atas kasur, pilihlah kasur dengan ketinggian minimal 18 inci. Selain lebih cocok bagi orang berusia lanjut, kasur ini ‘matching’ dengan gaya interior rumah modern saat ini. Padukan kasur ini dengan furniture berukuran pendek, agar seluruh isi ruangan terlihat menyatu.

Padukan Ranjang Tidur dengan Hal-Hal Berikut
Ranjang tidur dengan ketinggian yang sesuai sebenarnya belum cukup membuat kita lebih nyaman beristirahat. Anita Zhou, seorang praktis Feng Shui yang bekerja di Singapura, menyebutkan ada hal-hal lainnya yang membuat kita lebih nyaman beristirahat. Nah, dengan menambahkan hal-hal tersebut di kamar tidur, semakin membuat kita lebih nyaman beristirahat. Hal-hal tersebut antara lain tak memajang cermin berukuran besar di dinding kamar tidur, tak meletakkan ranjang tidur terlalu dekat dengan jendela, dan tak meletakkan televisi terlalu dekat dengan ranjang.

Cermati juga Ketinggian Kasur
Selain ketinggian ranjang tidur, ketinggian kasur pun perlu kita cermati juga. Bila kasur terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, membuat tubuh kita kurang nyaman berada di atas kasur. Nah, bila kita sering merasa kurang nyaman berada di atas kasur saat ini, mungkin sebaiknya mempertimbangkan mengganti kasur dengan yang lebih tinggi ataupun yang lebih rendah.

Demikian, beberapa paduan memilih ranjang tidur dengan ketinggian yang sesuai. Dan juga, hal-hal lainnya yang membuat kita lebih nyaman beristirahat.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. http://homeguides.sfgate.com/proper-height-bed-101546.html
2. http://feng-shui.lovetoknow.com/Feng_Shui_Heights_of_Beds

Sumber Gambar
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/2b/Bunk_Bed.jpg


Related Posts :