Minggu, 26 November 2017

Memanfaatkan Cahaya Matahari Untuk Lebih Menerangi Rumah

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/memanfaatkan-cahaya-matahari-untuk-lebih-menerangi-rumah

Berbicara mengenai energi, maka kita mesti mengkaji energi yang melimpah di alam. Salah satunya yaitu energi sinar matahari. Nah, terkait rumah, kita dapat memanfaatkan sinar cahaya matahari sebagai energi gratis untuk menerangi rumah. Memanfaatkan sinar cahaya matahari pun tentunya akan menghemat konsumsi pengeluaran listrik. Bila rumah cenderung terasa gelap saat pagi hingga siang, dapat juga mencobanya. Lalu, bagaimana memanfaatkannya? Simak trik-trik berikut


Gambar 1. Ruangan dengan Sinar Matahari Masuk Melalui Jendela

Memasang Cermin Pada Dinding yang Berhadapan dengan Jendela
Letakkan cermin pada dinding yang berhadapan dengan jendela. Dengan menerapkan cara ini, sinar matahari akan memantul sehingga ruangan akan terasa lebih terang. Lalu, bagaimana bila tak ada dinding di hadapan jendela? Carilah ‘spot’ tertentu pada dinding yang memunculkan jendela pada cermin. Cara ini pun akan memantulkan cahaya matahari.

Memasang Cermin dalam Posisi Kemiringan Tertentu
Umpamakan sinar matahari sebagai sinar laser. Sinar laser akan terpantul bila mengenai permukaan cermin. Nah, kita dapat mencoba trik ini. Bila ada ruangan ataupun area ruangan ataupun ruangan yang terasa begitu gelap, pasang cermin dalam posisi miring menghadap area ruangan ataupun ruangan tersebut. Perhitungkan juga arah datangnya sinar matahari. Bila memungkinkan, sangat disarankan memasang cermin dalam posisi miring pada dinding yang berhadapan dengan jendela.

Pasang Cermin Berukuran Besar Pada Area Jalan Keluar Masuk Rumah
Cermati area yang menjadi jalan keluar masuk rumah. Area ini biasanya gelap bila pintu ditutup. Nah. agar area ini lebih terang, pasang cermin pada ujung dinding area jalan tersebut. Di hadapan area tersebut, biasanya terdapat dinding. Ambil contoh, kita akan masuk ke dalam rumah. Setelah masuk ke dalam rumah, kita melihat dinding. Di spot tersebutlah, cermin diletakkan.

Gunakan Cat Dinding Berwarna Terang
Warna-warna terang akan memantulkan cahaya. Karenanya, di dalam rumah, dinding berwarna terang sesungguhnya ibarat cermin. Dinding berwarna terang akan memantulkan sinar cahaya matahari karenanya akan membuat rumah menjadi lebih terang. Nah, bila dinding rumah kita cenderung berwarna gelap, agar rumah lebih terasa terang, tak ada salahnya menggantinya dengan warna terang. Selain dapat dipantulkan dengan warna terang, lemari kaca pun akan memantulkan cahaya. Kita pun dapat juga menaruh lemari kaca di dalam rumah.

Letakkan Cermin Berukuran Kecil Pada Spot Berikut
Apakah terdapat banyak barang di rumah kita? Nah, agar barang tersebut tampak lebih terang, letakkan cermin berukuran kecil pada dinding yang berhadapan dengan benda-benda tersebut. Ambil contoh, di dalam rumah kita, foto-foto terpajang pada suatu bagian sisi dinding. Letakkan cermin pada dinding yang berhadapan dengan foto-foto tersebut. Bila tak ada dinding dihadapan foto-foto tersebut, carilah spot dinding yang memunculkan foto-foto tersebut pada cermin. Dengan menerapkan cara ini, cahaya akan memantul ke foto-fofo tersebut.

Demikian, beberapa trik mudah dan praktis memanfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan saat pagi hingga sore. Nah, tertarik mencobanya? Bila ya, selamat mencoba…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.egresspro.com/window/6-benefits-of-natural-sunlight-in-the-home-especially-the-basement/
http://homeguides.sfgate.com/use-mirrors-increase-sunlight-home-48809.html

Sumber Gambar:
http://maxpixel.freegreatpicture.com/static/photo/1x/Living-Room-House-Modern-1567541.jpg


Related Posts :