Kamis, 30 November 2017

Pentingnya Menata Warna dalam Penataan Interior

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/pentingnya-menata-warna-dalam-penataan-interior

Penghuni rumah umumnya kurang begitu mencermati aspek warna dalam penataan interior. Bahkan, ada juga yang menganggap warna sebagai hal yang kurang begitu penting. Karenanya,warna menjadi hal yang sangat begitu diabaikan. Nah, apakah kita termasuk yang penghuni rumah yang demikian? Padahal, aspek warna dalam penataan interior sesungguhnya menjadi salah satu hal penting. Lalu, mengapa demikian?


Gambar 1. Warna-Warna Menarik Pada Interior

Dilansir dari situs freshome.com, warna sebenarnya mempengaruhi mood dan pikiran orang yang memandangnya. Bahkan, menurut suatu penelitian, dilansir dari situs frontiersin.org, warna-warna yang tampak menarik pun mampu membuat penghuni rumah merasa lebih bahagia. Sebagai hal penting, dilansir dari situs yang sama, penghuni rumah akan merasa kurang bahagia bila tak memandang warna-warna menarik meskipun interior rumah berukuran begitu besar.

Setiap warna mengandung makna tersendiri. Ambil contoh, warna biru ataupun hijau dapat memunculkan rasa lebih tenang dalam jiwa dan pikiran sehingga membuat lebih merasa rileks. Karenanya, warna tersebut cocok dijadikan warna dinding dan sebagian besar warna furniture ruang keluarga ataupun ruang tidur. Contoh lainnya, warna coklat yang dapat memunculkan rasa hangat.

Selain membuat penghuni rumah merasa lebih bahagia, pemilihan warna yang tepat pun membuat interior lebih manis dipandang mata. Nah, bila interior begitu manis dipandang mata, membuat kita lebih nyaman dan rileks saat berada di dalam rumah. Terlebih, setelah melakukan aktivitas melelahkan. Begitu pun bagi tamu yang sedang berkunjung ke rumah kita. Nah, untuk membantu pemilihan warna, kita dapat mencari berbagai inspirasi via internet ataupun membaca majalah interior. Beberapa merk cat rumah pun menyediakan beragam pilihan tema warna yang menarik.

Bila memiliki banyak waktu luang, kita dapat mempelajari teori color wheel. Bagi yang memiliki latar belakang pendidikan desain grafis ataupun bagi yang pernah mempelajarinya, tentunya sudah memahaminya. Secara mendasar, teori tersebut berkaitan dengan teknik-teknik pemilihan warna-warna agar warna-warna yang tampak terlihat harmonis. Bila menguasai teori tersebut, memudahkan kita untuk bereksperimen memadukan dan mengkombinasikan aneka warna. Karenanya. Warna yang tampak akan terlihat begitu manis dipandang mata. Alangkah baiknya juga kita memahami makna psikologi setiap warna, agar warna-warna yang tampak lebih membuat mood kita lebih baik. Misalnya, warna merah yang bermakna semangat ataupun warna kuning terang yang bermakna ceria.

Kesimpulannya, tak dapat dipungkiri, warna sesungguhnya menjadi salah satu hal penting dalam penataan interior. Karenanya, mengabaikan warna dalam penataan interior sesungguhnya merupakan hal yang keliru. Hanya saja, tak semua penghuni rumah memahaminya. Dan juga, tak semua penghuni memahami teknik-teknik pemilihan warna dengan begitu baik. Nah, bukankah rumah seharusnya menjadi istana yang indah dan menawan bagi penghuninya? Nah, karena kita tentunya ingin merasa mood lebih baik dan juga merasa lebih bahagia di dalam rumah, sangat penting mencermati aspek warna dalam penataan interior.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
1. http://freshome.com/room-color-and-how-it-affects-your-mood/
2. http://www.frontiersin.org/blog/How_Interior_Design_and_Color_Affects_Human_Happiness/2661
3. http://www.color-meanings.com/psychological-effects-color-interior-design/

Sumber Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2016/04/20/08/25/colorful-1340664_960_720.jpg


Related Posts :