Selasa, 21 November 2017

Petimbangan-Pertimbangan dalam Memilih Keramik Lantai

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/petimbangan-pertimbangan-dalam-memilih-keramik-lantai

Apakah kita akan merenovasi rumah? Bila ya, tak ada salahnya memasukkan agenda mengganti keramik. Tentu saja, agar rumah terlihat lebih menawan. Bagi yang ingin menginginkan suasana rumah yang berbeda, tak ada salahnya juga mencoba mengganti keramik. Nah, bila ingin mengganti keramik, berikut beberapa pertimbangan memilih lantai. Dengan memilih keramik yang tepat, tentunya keramik akan lebih membuat rumah terlihat lebih menawan.


Gambar 1. Keramik

Keramik Berukuran Besar Cocok Dipasang di Ruangan Kecil
Dengan memasang keramik berukuran besar di lantai ruangan berukuran kecil, ruangan akan terasa lebih besar. Sebabnya, garis batas antar keramik tak akan terlalu tampak. Hal ini dapat kita kembangkan lebih jauh. Caranya, pilihlah keramik yang dihiasi motif tertentu pada bagian sisi-sisinya. Misalnya, motif kotak-kotak ataupun motif abstrak yang berwarna hitam. Keramik ini membuat garis batas antar keramik tak semakin tampak. Akan tetapi, tak lantas memasang keramik dengan ukuran yang begitu besar di ruangan berukuran kecil. Sebabnya, cenderung membuat ruangan kurang nyaman dipandang mata.

Keramik Bermotif Mozaik Cocok Untuk Memberikan Nuansa Harmonis
Keramik Mozaik, secara mendasar, yaitu keramik-keramik yang membentuk pola tertentu. Misalnya, pola trapesium ataupun pola lingkaran. Di pasaran, tersedia beragam keramik tersebut. Nah, keramik ini cocok untuk memberikan nuansa harmonis pada ruangan. Karenanya, bila menginginkan ruangan yang lebih segar dan lebih menawan, memasangnya dapat menjadi alternatif. Keramik ini cocok dipasang di berbagai ruangan. Termasuk dapur dan kamar mandi. Contoh keramik mozaik dapat kita amati pada gambar pertama.

Memasang Keramik dalam Posisi Menyilang Cocok Juga Di Lantai Berukuran Besar
Bila akan mengganti keramik lantai ruangan berukuran besar, dapat juga mempertimbangkan memasang keramik baru dalam posisi menyilang. Dengan memasang keramik dalam posisi tersebut, ruangan akan terlihat lebih luas daripada luas ruangan sesungguhnya. Nah, bila akan mengganti keramik lantai ruangan berukuran besar, tertarik mencoba memasangnya?

Keramik Untuk Lebih Menciptakan Suasana Ketenangan
Menginginkan ruangan yang terasa lebih tenang? Bila ya, padukan keramik berukuran kecil dengan keramik berukuran besar. Keramik besar dipasang di tengah-tengah ruangan. Pasang keramik berukuran kecil untuk mengelilingi keramik besar. Memasang keramik dengan ini, membuat ruangan terasa lebih tenang. Berikut contoh pemasangan keramik tersebut


Gambar 2. Contoh Pemasangan Keramik

Keramik Agar Ruangan Terasa Lebih Kecil
Tak semua orang merasa nyaman berada di dalam ruangan berukuran besar. Terkait keramik, selain dapat membuat ruangan terasa besar, keramik pun dapat juga membuat ruangan terasa lebih kecil. Dengan memasang keramik berwarna sama, berbeda ukuran, dan yang dihiasi motif tertentu, membuat ruangan terasa lebih kecil. Nah, apakah ingin merasakan ruangan yang terasa lebih kecil daripada yang sesungguhnya? Bila ya, pasanglah keramik tersebut. Berikut contoh pemasangan keramik tersebut


Gambar 3. Contoh Pemasangan Keramik

Memasang Keramik Berukuran Kecil Membutuhkan Waktu Lebih Lama
Apakah menginginkan pemasangan keramik yang lebih cepat? Nah, bila menginginkan waktu pemasangan keramik yang lebih cepat, sebaiknya memasang keramik berukuran besar. Pemasangan keramik berukuran besar, secara mendasar, lebih cepat dibandingkan keramik berukuran kecil. Sebaliknya, bila tak terlalu ‘dikejar’ waktu pemasangan keramik, dapat memasang keramik berukuran kecil.

Demikian, beberapa tips dalam memilih keramik lantai. Nah, sudahkah mendapatkan gambaran keramik apa yang akan kita pasang? Selamat mengganti keramik…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://www.homeflooringpros.com/blog-guides/tile-sizes-shapes/

Sumber Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2014/02/24/05/20/tile-273394_960_720.jpg
2. Gambar Ilustrasi Hasil Desain Penulis
3. Gambar Ilustrasi Hasil Desain Penulis


Related Posts :