Kamis, 02 November 2017

Sehatkah Tak Memakai Alas Kaki Di Dalam Rumah?

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/sehatkah-tak-memakai-alas-kaki-di-dalam-rumah

Melepaskan alas kaki sebelum memasuki rumah, bagi tamu yang akan berkunjung, menjadi etika yang dijunjung tinggi dan juga menjadi bagian budaya masyarakat Indonesia. Tentu saja, agar alas kaki tak mengotori lantai rumah. Begitu pun dengan para penghuni yang umumnya tak mengenakan alas kaki saat berada di dalam rumah.

Nah, bila kita kaji lebih mendalam, sehatkah tak memakai alas kaki di dalam rumah? Bila dikaji lebih mendalam, tak memakai alas kaki sebenarnya sangat bagi tubuh kita Lalu, mengapa? Simak beberapa hal berikut, dilansir dari artikel berjudul Walking Barefoot In The House is Good for Health bersumber dari situs ortopediagagliardi.it.


Gambar 1. Tak Memakai Alas Kaki

Memperkuat Keseimbangan Tubuh dam Otot-Otot Kaki
Mengapa berjalan tanpa alas kaki memperkuat keseimbangan tubuh? Berjalan tanpa alas kaki membuat kita berdiri secara alami tanpa bantuan alas kaki. Karena berdiri secara alami, akan memperkuat keseimbangan tubuh. Sedangkan bila berdiri dengan alas kaki, sebenarnya posisi berdiri tak alami. Nah, bagi anak-anak, sangat disarankan tak beraktivitas mengenakan alas kaki di dalam rumah. Tentu saja, karena anak-anak masih berada dalam tahap pertumbuhan. Lalu, mengapa berjalan tanpa alas kaki pun memperkuat otot-otot kaki? Seperti yang sudah disebutkan, posisi berdiri tanpa alas kaki merupakan posisi berdiri alami. Nah, karena berdiri dengan posisi alami menjadi bagian berjalan tanpa alas kaki, berjalan tanpa alas kaki akan memperkuat otot-otot kaki.

Membuat Jari Kita Lebih Fleksibel
Berjalan tanpa alas kaki pun membuat jari kaki lebih fleksibel saat digerakkan. Lalu, mengapa? Berjalan tanpa alas kaki membuat jari kaki lebih leluasa kita gerakan. Sedangkan bila berjalan mengenakan alas kaki, misalnya sandal, jari kaki akan cenderung kurang leluasa bergerak. Bila jari kita lebih leluasa kita gerakan, tentunya kita akan akan lebih nyaman beraktivitas. Nah, dengan demikian, agar lebih nyaman beraktivitas di dalam rumah seperti memasak ataupun bermain bersama anak kita, tak ada salahnya tak mengenakan alas kaki.

Mengatasi Kaki yang Bengkak Karena Beraktivitas
Pernahkah kita merasa kaki begitu sakit dan lelah setelah melepaskan sepatu? Saat kita beraktivitas dengan mengenakan sepatu, kaki sebenarnya mengalami proses pembengkakan. Terlebih, bila melakukan aktivitas yang begitu padat sepanjang hari. Proses pembengkakan bisa saja berujung menjadi rasa sakit. Bila mengalami hal tersebut, untuk mengatasinya, berjalanlah tanpa alas kaki. Sebabnya, melakukan hal tersebut akan lebih memperlancar peredaran darah bagian kaki. Dengan lancarnya peredaran darah pada bagian kaki, tentunya kaki akan kembali normal.

Mencegah Penyakit
Menurut penelitian, bakteri dan kuman dapat hingga pada alas kaki. Bila bakteri dan kuman menyebar di dalam rumah kita, tentunya sangat berisiko menyebabkan penyakit. Nah, untuk mencegah penyebaran bakteri dan kuman, sangat disarankan tak mengenakan alas kaki di dalam rumah. Nah, meskipun tak mengenakan alas kaki mencegah penyebaran kuman, tak lantas tak membersihkan lantai. Sebabnya, bila lantai jarang dibersihkan, sangat berisiko juga menjadi sarang bakteri dan kuman.

Kesimpulannya, tak dapat dipungkiri berjalan tanpa alas kaki dalam rumah sangat baik bagi tubuh kita. Nah, apakah kita tak terbiasa tak mengenakan alas di dalam rumah? Mari berjalan tanpa alas kaki di dalam rumah…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.ortopediagagliardi.it/2016/04/15/camminare-scalzi-casa-bene-alla-salute/?lang=en

Sumber Gambar:
1. http://maxpixel.freegreatpicture.com/static/photo/1x/Fusspflege-Barefoot-Foot-Skin-Ten-Foot-Care-2488528.jpg


Related Posts :