Rabu, 08 November 2017

Tips Hemat Biaya Renovasi Rumah

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/tips-hemat-biaya-renovasi-rumah

Renovasi adalah hal yang pertama kali dilakukan saat membeli rumah yang sudah jadi. Rumah yang sudah terbangun bisa didesain sesuai dengan keinginan pemilik rumah atau ada bagian yang rusak akan dilakukan perbaikan melalui renovasi. Biaya renovasi tidak terlalu besar dibandingkan mengubah seluruh struktur rumah.

Melakukan renovasi pada sebuah rumah membutuhkan biaya yang cukup besar. Bahan bangunan yang dibutuhkan cukup banyak apalagi sekarang harga bahan bangunan semakin tinggi. Selain itu, pemilik rumah harus membayar pekerja bangunan untuk melakukan renovasi. Oleh karena itu, pemilik rumah harus pintar dalam menghemat biaya renovasi. Berikut ini tips hemat biaya renovasi rumah yang dapat dilakukan supaya pengeluaran tidak membengkak.


Gambar 1. Bagian Depan Rumah Yang Masih Dalam Kondisi Bagus

  1. Merenovasi Bagian Yang Dianggap Penting
    Merenovasi bagian yang dianggap penting atau kerusakannya perlu dilakukan perbaikan seperti warna cat dinding yang kusam, plafon yang rusak, keramik yang pecah, pintu yang tidak berfungsi dengan baik, dan bagian lain yang dianggap perlu dilakukan perbaikan. Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang dianggap penting untuk dilakukan renovasi. Renovasi kamar mandi biasanya berupa mengganti keramik kamar mandi, mengganti wastafel, dan memasang kloset baru.

  2. Membeli Bahan Bangunan Yang Murah
    Gunakan bahan bangunan yang murah tetapi dengan kualitas yang baik. Selain itu, setiap toko bahan bangunan menjual bahan bangunan dengan harga yang bervariasi sehingga jangan memutuskan untuk membeli sebelum mengetahui harga bahan bangunan di toko yang lain. Biasanya ada toko bahan bangunan yang menjual dengan harga yang miring atau lebih murah dari toko bahan bangunan lainnya.

  3. Pilihlah Konsep Ruangan Yang Sederhana
    Memilih konsep ruangan yang sederhana supaya tidak melakukan renovasi yang terlalu banyak. Konsep ruangan yang sederhana seperti konsep minimalis sangat menguntungkan karena tidak perlu menggunakan furniture yang mahal dan proses renovasi yang tidak terlalu banyak. Untuk konsep yang sederhana bisa menggunakan cat dinding berwarna putih, mengganti keramik dengan warna putih polos, dan tidak mengubah bentuk dari ruangan tersebut. Semakin ribet sebuah konsep ruangan maka semakin mahal biaya renovasi yang dikeluarkan.

  4. Menggunakan Tukang Dengan Sistem Bayaran Harian Atau Borongan
    Jika menggunakan sistem borongan akan lebih murah namun tukang akan bekerja kurang maksimal sedangkan harian akan membuat tukang mengulur-ulur waktu sehingga biayanya semakin membengkak. Untuk mengantisipasi hal tersebut sebaiknya pemilik rumah bisa memilih dengan sistem borongan tetapi tetap membantu mengawasi pekerjaan yang dilakukan oleh tukang supaya mendapatkan hasil yang maksimal.


Gambar 2. Renovasi Kamar Mandi

Tips menghemat biaya renovasi dapat dilakukan untuk memperkecil biaya renovasi yang akan dikeluarkan. Tentunya akan menghemat pengeluaran pemilik rumah karena saat ini bahan bangunan semakin mahal dan ditambah lagi dengan harga rumah yang semakin mahal. Tips tersebut sangat membantu sekali bagi yang ingin merencanakan renovasi rumah.

Oleh: Jenny
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://griyarenovasi.com/tag/biaya-renovasi-rumah

Gambar:
1. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/55/Rumah_Hasanuddin_Paska_Renovasi_-_panoramio.jpg/640px-Rumah_Hasanuddin_Paska_Renovasi_-_panoramio.jpg
2. http://www.freeimageslive.com/galleries/home/diy/pics/bathroom_renovation.jpg


Related Posts :