Senin, 25 Desember 2017

Memahami Kelebihan dan Kekurangan Gerbang Geser (Sliding Gate)

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/memahami-kelebihan-dan-kekurangan-gerbang-geser-sliding-gate

Berbicara mengenai jenis gerbang utama rumah, terdapat dua jenis gerbang yang umum digunakan. Yaitu, gerbang yang dibuka-tutup secara digeser dan gerbang yang dibuka-tutup secara diayun. Gerbang yang dibuka tutup secara digeser, dibuka dan ditutup ke arah samping. Pada bagian bawah gerbang, terdapat rel khusus sebagai tempat pijakan gerbang. Sedangkan gerbang yang dibuka-tutup secara diayun, menggunakan sejenis engsel pada bagian sisi gerbang. Gerbang ini dibuka ke arah luar dan ke arah dalam seperti halnya pintu.

Nah, pada tulisan ini, akan membahas kelebihan dan kekurangan gerbang geser. Bila kita ingin memasang gerbang geser pada rumah kita, tak ada salahnya mempertimbangkannya kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Berikut kelebihan dan kekurangan gerbang geser


Gambar 1. Gerbang Geser

Kelebihan-Kelebihan Gerbang Geser
  1. Tak membutuhkan banyak ruang untuk membuka ataupun menutup gerbang. Tentu saja, karena gerbang dibuka dan ditutup ke arah samping. Gerbang geser pun sangat cocok ditempatkan di dekat jalan raya. Saat gerbang terbuka, gerbang tak akan menghalangi jalan raya. Baik bagi kendaraan bermotor ataupun bagi pejalan kaki.
  2. Bagian bawah gerbang geser lebih awet. Sebabnya, menggunakan rel dan roda khusus. Berbeda dengan gerbang ayun yang sebenarnya rawan gesekan pada bagian bawah. Semakin banyak gesekan antara bagian bawah gerbang ayun dengan lantai, tentunya akan merusak bagian bawah gerbang. Tak tertutup kemungkinan bagian bawah gerbang akan bolong.
  3. Bila terdapat bagian tanah yang menonjol tajam, sangat cocok memasang gerbang geser. Bila memasang gerbang ayun dan terdapat bagian tanah yang menonjol tajam, bagian bawah gerbang akan lebih cepat mengalami kerusakan. Berbeda dengan memasang gerbang geser. Gerbang geser dibuka-tutup tanpa melewati bagian tanah yang menonjol tajam.

Kekurangan-Kekurangan Gerbang Geser
  1. Terkadang mengeluarkan suara desis ataupun suara yang pekik. Baik saat ditutup ataupun dibuka. Sebabnya, gerbang dibuka melewati pijakan rel. Terlebih, bila kita tak rutin melumasi bagian bawah gerbang dan bagian roda dan rel gerbang. Untuk menghindari suara desis, melumasinya menjadi hal penting. Memerlukan juga perawatan rutin agar suara desis tak muncul.
  2. Membutuhkan perawatan lebih. Gerbang geser sebenarnya terdiri dari banyak komponen. Misalnya, rel, roda gerbang, penggantung gerbang, dan sebagainya. Nah, masing-masing komponen tersebut memerlukan perawatan rutin. Bila tak dirawat secara rutin, tak tertutup kemungkinan gerbang tak dapat dibuka ataupun ditutup.
  3. Pemasangan Lebih mahal. Biaya pemasangan, gerbang geser secara mendasar sebenarnya lebih mahal dibandingkan gerbang ayun. Sebabnya, memerlukan pemasangan komponen-komponen tambahan. Misalnya, memerlukan biaya tambahan untuk memasang rel ataupun untuk membeli roda gerbang. Terlebih, bila kita menginginkan gerbang geser yang berukuran panjang.

Demikian, kelebihan dan kekurangan gerbang geser (sliding gates). Sekali lagi, dengan memahami kelebihan dan kekuranganya, membantu kita mempertimbangkan apakah akan memasang gerbang tersebut di rumah kita.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://fleurs-et-bouquets.com/2015/04/20/advantages-and-disadvantages-of-sliding-gates/

Sumber Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2013/12/23/04/01/front-gate-232822_960_720.jpg


Related Posts :