Rabu, 13 Desember 2017

Memperindah Interior dengan Lampu

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/memperindah-interior-dengan-lampu

Kita dapat memanfaatkan lampu untuk memperindah interior. Nah, pada tulisan ini, akan membahas beberapa tips mudah dan praktis memperindah interior dengan lampu yang biasa dipasang ataupun digantung pada langit-langit. Dalam keilmuan desain interior, lampu tersebut dinamakan ambient light. Ambient light, secara mendasar, yaitu pencahayaan yang menerangi ruangan secara keseluruhan. Umumnya, rumah menggunakan ambient light yang tergantung pada langit-langit. Untuk memperindah interior dengan lampu ambient light, berikut beberapa tips mudah dan praktis yang dapat kita coba. Selamat menyimak…

Menggantungkan Atau Memasang Lebih Dari Satu Lampu Pada Langit-Langit
Pasang lebih dari satu lampu pada langit-langit. Dapat juga menggantung lebih dari satu lampu dengan penggantung khusus. Letakkan lampu-lampu secara beraturan. Misalnya, memasang lampu pada setiap jarak seperempat meter. Bila langit-langit rumah kita rendah, pilihlah lampu yang tak mengenai kepala kita. Sebagai hal penting, tata posisi lampu sebaiknya mungkin agar lampu-lampu tak membuat ruangan terasa silau. Kita akan kurang nyaman berada di dalam ruangan, bila ruangan terasa silau. Dengan menerapkan tips. ini, memunculkan suasana dan aura yang lebih menyegarkan. Karenanya, akan mencegah ataupun membunuh rasa stres.


Gambar 1. Memasang Beberapa Lampu Pada Dinding

Pasang Lampu Pada Spot-Spot Dinding Tertentu
Di pasaran, terdapat aneka jenis lampu yang dirancang khusus untuk dipasang pada dinding. Lampu ini pun termasuk ambient light. Sebabnya, lampu ini menerangi ruangan secara keseluruhan. Untuk memperindah interior dengan lampu tersebut, letakkan beberapa lampu dinding pada spot-spot tertentu pada dinding. Kita mesti cermat memilih spot-spot yang akan dipasang lampu dinding. Ambil contoh, kita dapat meletakkan setiap lampu dinding di setiap tengah-tengah dinding. Hindari juga terlalu banyak memasang lampu dinding. Sebabnya, ruangan akan terasa silau. Menerapkan tips ini pun membuat ruangan terasa lebih menyegarkan.


Gambar 2. Contoh Lampu Dinding

Gantungkan Beberapa Lampu Hias
Secara mendasar, lampu hias yaitu lampu yang dikemas dalam desain yang menarik. Misalnya, dikemas dalam bentuk desain melingkar. Sesuai namanya, lampu ini digantungkan pada langit-langit. Agar ruangan terasa lebih menyegarkan, gantung beberapa lampu hias pada ketinggian tertentu yang membuat kita merasa nyaman. Misalnya, bila kita merasa nyaman lampu hias digantungkan pada ketinggian 1 meter dari langit-langit, kita gantungkan lampu hias pada ketinggian tersebut.

Dapat juga menggantungkan beberapa lampu pada ketinggian yang berbeda. Dengan catatan, ketinggian tersebut membuat kita merasa lebih nyaman. Misalnya, menggantungkan dua lampu hias pada ketinggian 1 meter dan 1,5 meter dari langit-langit. Contoh lampu hias dapat kita simak pada gambar pertama.

Dengan menerapkan cara ini, selain membuat interior lebih terang, kita pun lebih berada di dalam rumah saat malam hari. Tips ini cocok diterapkan di rumah berlangit-langit tinggi. Bila rumah kita berlangit-langit rendah, dapat juga mencobanya.

Kesimpulannya, memperindah interior dengan lampu, selain membuat ruangan lebih terang saat malam, ruangan pun akan terlihat lebih menawan. Kita pun akan lebih nyaman berada di dalam rumah saat malam hari. Nah, tertarik mencobanya? Bila ya, selamat mencoba menata lampu..

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.delmarfans.com/educate/basics/lighting-types/

Sumber Gambar:
1. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/30/Arrow_Hotel_interior_lobby_2.2.JPG
2. https://cdn.pixabay.com/photo/2012/10/29/22/58/hallway-63542_960_720.jpg


Related Posts :