Jumat, 29 Desember 2017

Rumah Minimalis Bergaya Modern

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/rumah-minimalis-bergaya-modern

Apakah rumah kita tergolong minimalis? Rumah minimalis, secara mendasar, yaitu rumah yang berukuran kecil. Nah, bila rumah kita tergolong minimalis , dengan sentuhan dan trik khusus, rumah minimalis akan tampak lebih modern. Bila kita ingin mengubah gaya interior rumah minimalis, dapat menerapkan satu atau lebih sentuhan dan trik tersebut. Lalu, apa saja sentuhan dan trik tersebut?Berikut beberapa karakteristik rumah minimalis bergaya modern.

Terbuka, Bersih, dan Tersinari Cahaya
Terapkan juga konsep ruang terbuka. Konsep ruang terbuka, secara mendasar, yaitu tak ada dinding yang membatasi ruang makan, dapur, ruang tamu, dan ruang keluarga. Karenanya, meskipun rumah berukuran kecil, rumah akan terasa lebih lapang. Agar seluruh bagian ruangan tersinari cahaya, kita dapat memasang satu atau lebih jendela berukuran sedang hingga besar. Cermati juga kebersihan rumah. Perpaduan konsep ruang terbuka dengan ruang yang bersih dan tersinari cahaya memancarkan kesan rumah minimalis yang bergaya modern. Nah, saat malam, atur posisi beberapa lampu agar menyinari seluruh bagian ruangan. Berikut contoh interior yang terbuka, bersih, dan tersinari cahaya.


Gambar 1. Interior Minimalis yang Terbuka, Bersih, dan Tersinari Cahaya

Utamakan Kesederhanaan dalam Hal Bentuk dan Fungsi
Kesederhanaan menjadi elemen penting dalam rumah bergaya minimalis. Baik kesederhanaan dalam hal bentuk maupun fungsi. Singkatnya, less is more. Nah, pada interior, pilihlah furniture yang memunculkan kesan kesederhanaan. Misalnya, dalam memilih lemari untuk menyimpan dokumen penting. Pilihlah lemari yang hanya terdiri satu laci berukuran besar. Bila memilih lemari yang terdiri dari banyak laci, cenderung membuat ruangan terasa padat. Contoh lainnya, dalam memilih kursi. Pilihlah kursi yang berbentuk sederhana namun nyaman membuat kita duduk.


Gambar 2. Contoh Kursi Berdesain Sederhana

Hindari Menghias Termasuk pada Dinding Ruangan
Misalnya, dalam hal eksterior. Kita tak perlu repot-repot menghias eksterior. Agar tampak kesan minimalis modern, tampilkan eksterior apa adanya. Akan tetapi, tak lantas sama sekali seadanya Selain itu, hal-hal yang tampak pada eksterior mestilah berdaya guna. Misalnya, dalam pemilihan jendela. Pilihlah jendela yang berdesain sederhana. Agar jendela lebih rapih, kita dapat mengecatnya dengan cat khusus kayu. Bagian dinding pun tak perlu kita hias. Misalnya, menambahkan ornamen pada dinding. Tampilkan dinding dengan warna apa adanya.

Penempatan Furniture yang Efektif.
Kita dapat memilih furniture yang sesuai dengan selera. Misalnya, bila menyukai bentuk bulat, kita dapat memilih meja makan atau meja makan berbentuk sofa. Nah, agar ruangan terasa lebih lapang, letakkan furniture secara efektif. Misalnya, meletakkan lemari tak terlalu dekat sofa. Contoh lainnya, meletakkan meja makan tak terlalu menempel pada dinding agar ruang makan terasa lebih lapang. Contoh penempatan furniture yang efektif dapat kita amati pada gambar pertama.

Demikian, beberapa sentuhan dan trik khusus untuk menjadikan rumah minimalis terlihat modern. Nah, bila rumah kita tergolong minimalis, tertarik ingin mencobanya?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.yr-architecture.com/5-characteristics-of-modern-minimalist-house-designs/

Sumber Gambar:
1. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/9/94/22_West_-_interior_view_-_Ritz_Carlton_sign.jpg
2. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/68/Chair_against_a_wall_%289784370786%29.jpg


Related Posts :