Selasa, 05 Desember 2017

Trik Praktis Menyulap Ruangan Kecil Terasa Lebih Besar

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/trik-praktis-menyulap-ruangan-kecil-terasa-lebih-besar

Tinggal di rumah berukuran luas menjadi idaman siapapun. Akan tetapi, tak semua orang tinggal di rumah tersebut. Nah, bila kita tinggal di rumah berukuran minimalis, adakah ada trik-trik khusus agar ruangan kecil terasa lebih besar? Terlebih, bila rumah dihuni begitu banyak penghuni? Agar ruangan berukuran minimalis terasa lebih besar, terapkan trik mudah dan praktis berikut. Selamat menyimak…


Gambar 1. Terdapat Trik Khusus Agar Ruangan Kecil Terasa Lebih Besar

Memasang Cermin
Trik pertama yaitu memanfaatkan cermin. Pasang cermin di tengah-tengah dinding ruangan. Dapat juga memasang cermin pada spot yang berdekatan dengan sumber cahaya. Misalnya, di dekat jendela ataupun di hadapan lampu. Tujuannya, agar cermin memantulkan cahaya sehingga membuat ruangan terasa lebih besar. Selain membuat ruangan kecil terasa lebih besar, memasang cermin pun membuat ruangan terasa lebih terang.

Arahkan Pandangan Lebih Tertuju Ke Langit-Langit Rumah
Ditinjau dari aspek arah dimensi ruangan, secara mendasar ada dua aspek. Yaitu, aspek horizontal dan aspek vertikal. Nah, dengan menyembunyikan aspek horizontal dan menonjolkan aspek vertikal, ruangan pun akan terasa lebih besar. Sebabnya, pandangan akan tertuju ke langit-langit rumah sehingga besar kecilnya ruangan tak menjadi fokus. Nah, terdapat beragam cara agar pandangan lebih tertuju ke langit-langit rumah. Misalnya, mencat dinding dengan pola desain stripping vertikal. Ataupun, memajang sekumpulan foto ataupun lukisan berukuran kecil pada bagian atas dinding tengah dinding. Berikut contoh desain stripping vertikal.


Gambar 2. Contoh Stripping Vertical

Gunakan Warna-Warna Netral
Apa yang dimaksud dengan warna netral? Warna netral, secara mendasar, yaitu warna-warna gelap terang dari suatu warna. Misalnya, warna-warna netral dari warna biru diantaranya warna biru terang, biru laut, biru air, dan sebagainya. Contohnya lainnya warna-warna netral dari putih diantaranya abu-abu dan hitam. Dengan menerapkan warna-warna netral pada lantai, dinding, furniture, dan langit-langit, ruangan akan terasa lebih besar. Ambil contoh, bila dinding berwarna biru terang, kita dapat meletakkan sofa dengan warna biru yang lebih terang. Selain itu, menggunakan warna-warna netral pun membuat ruangan terasa lebih menawan. Contoh penggunaan warna-warna netral dapat kita amati pada gambar pertama di atas.

Letakkan Furniture Berbobot Ringan
Bobot furniture yang berat cenderung membuat ruangan terasa mengerut. Terlebih, bila begitu banyak furniture tersebut tersimpan di dalam ruangan. Sebaliknya, furniture berbobot ringan sebenarnya membuat ruangan terasa lebih lapang. Nah, dengan demikian, agar ruangan kecil terasa lebih besar, letakkan furniture-furniture berbobot ringan di dalam ruangan.

Letakkan Furniture yang Berbentuk Sederhana dan Berukuran Kecil
Letakkan furniture berukuran kecil yang tak terlalu ‘memakan’ ruang. Cermati juga bentuk furniture. Letakkan furniture yang berbentuk sederhana. Sebagai hal penting, utamakan fungsi daripada seni. Dengan menerapkan cara ini, lebih banyak menciptakan ruang kosong. Karenanya, membuat ruangan kecil terasa lebih besar Ambil contoh, dalam hal pemilihan sofa. Pilihlah sofa yang tak dilengkapi sandaran bahu dan sandaran tangan. Keberadaan sofa tersebut membuat ruangan terasa lebih besar.

Demikian, beberapa trik mudah dan praktis menyulap ruangan kecil terasa lebih besar. Siapapun dapat menerapkan trik-trik tersebut. Selamat mencoba…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://freshome.com/small-living-room-ideas/

Sumber Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2015/08/23/01/52/living-room-902345_960_720.jpg
2. Hasil Desain Penulis


Related Posts :