Minggu, 28 Januari 2018

Keistimewaan Ruangan Berbentuk Melingkar

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/keistimewaan-ruangan-berbentuk-melingkar

Otak kita menunjuk reaksi menarik saat memandang bentuk melingkar. Nah, apakah reaksi tersebut? Menurut suatu penelitian, dilansir dari situs fastcodesign.com, orang lebih menyukai ruangan yang berbentuk melingkar dibandingkan ruangan yang cenderung berbentuk lurus. Terlebih, bila furnitur-furnitur rumah pun berbentuk melingkar. Lalu, mengapa? Sebabnya, ruangan berbentuk melingkar memunculkan tak ada ancaman di dalam rumah. “Kita sebenarnya lebih menyukai bentuk melingkar, sebabnya menandakan tak ada ancaman”, tutur Oshin Vartanian, seorang psikologi dari Universitas Toronto. Ia turut serta dalam tim penelitian tersebut.

Hasil penelitian Harvard Medical School pun, beberapa tahun silam, menemukan hal yang tak jauh berbeda. Menurut penelitian tersebut, bentuk yang tajam dan lurus cenderung menanamkan rasa takut dan terancam di dalam jiwa manusia. Sedangkan bentuk melingkar, menurut penelitian tersebut, menanamkan rasa lebih aman di dalam jiwa manusia. Nah, apakah kita dapat merasakan perbedaan tersebut?

Lalu, apakah kita akan membangun ataupun merenovasi rumah dalam waktu dekat? Bila ya, dapat berkreasi mencoba membangun ruangan dengan bentuk dasar melingkar. Selain berbentuk kotak, ruangan pun sebenarnya dapat juga berbentuk melingkar. Misalnya, memadukan bentuk kotak dengan bentuk setengah lingkaran. Namun, umumnya ruangan berbentuk dasar kotak.

Sebagai perbandingan, berikut ruangan berbentuk melingkar dan berbentuk kotak. Kita amati dan rasakan secara mendalam. Diantara kedua ruangan tersebut, ruangan manakah yang lebih membuat kita merasa lebih aman nyaman. Menurut penelitian yang telah dilakukan Vartanian sebagian besar memilih ruangan berbentuk melingkar sebagai ruangan yang membuat jiwa lebih merasakan aman dan nyaman.


Gambar 1. Ruangan Berdesain Melingkar


Gambar 2. Ruangan Berdesain Kotak

Cermati kedua gambar interior tersebut secara seksama dan mendalam. Pada gambar pertama menunjukkan ruangan ruang tamu yang berbentuk melingkar. Sedangkan pada gambar kedua menunjukkan ruangan ruang tamu yang berbentuk kotak. Kita rasakan secara mendalam kesan apa yang muncul dalam otak kita dari setiap ruangan. Menurut penelitian Vartarian dan Harvard University, kita akan merasa lebih tenang dan aman bila memandang ruangan berdesain melingkar. Ruangan pun terasa juga lebih mengalir. Termasuk ruangan yang tampak pada gambar pertama.

Nah, agar ruangan semakin terasa mengalir, aspek warna pun menjadi hal penting. Hiasi ruangan dengan warna-warna menarik. Kita dapat mencari inspirasi perpaduan warna-warna yang menarik via internet ataupun majalah interior. Penataan furnitur-furnitur pun menjadi hal penting. Bila kurang tertata dengan rapi, cenderung membuat interior terasa kurang mengalir.

Kesimpulannya, bila kita ingin merasa lebih nyaman dan aman, ruangan berbentuk melingkar dapat menjadi alternatif. Bila tertarik membangun ruang melingkar, kita dapat mencari inspirasi dari berbagai media. Misalnya, media internet ataupun majalah. Furnitur-furnitur berbentuk melingkar pun tak terlalu sulit kita dapatkan di pasaran. Kita pun dapat juga berkreasi membuatnya. Nah, ingin mencoba membangun ruangan melingkar?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://www.fastcodesign.com/3020075/why-our-brains-love-curvy-architecture

Sumber Gambar:
1. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/ad/Round_Room%2C_Casa_Loma %2C_Toronto%2C_Canada.jpg/800px-Round_Room%2C_Casa_Loma%2C_Toronto%2C_Canada.jpg
2. https://cdn.pixabay.com/photo/2017/08/05/12/08/living-room-2583032_960_720.jpg


Related Posts :