Sabtu, 06 Januari 2018

Memanfaatkan Jendela Agar Interior Tampak Menawan

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/memanfaatkan-jendela-agar-interior-tampak-menawan

Jendela menjadi salah satu bagian penting rumah. Nah, jendela sesungguhnya tak hanya bermanfaat untuk menerangi rumah saja. Kita pun dapat memanfaatkannya untuk menghias interior agar menjadi terlihat lebih menawan. Kita pun, ataupun bagi tamu, akan merasa lebih segar dan nyaman berada di dalam rumah. Nah, tertarik mencoba menghias interior dengan memanfaatkan cermin? Berikut beberapa tips menata desain jendela.

Tempatkan Satu atau Lebih Jendela Pada Spot Dinding yang Tepat. Selain menerangi interior rumah, kaca pun menjadi media untuk memandang area di luar rumah. Nah, tempatkan jendela pada spot yang tepat agar menampilkan area luar rumah dengan begitu indah. Ambil contoh, pada eksterior rumah kita terdapat taman. Nah, carilah spot di dalam rumah yang dapat menampilkan pemandangan taman dengan begitu indah. Pasanglah jendela pada spot tersebut. Dengan menerapkan tips ini, interior rumah akan tampak begitu menawan. Dapat juga memasang jendela pada seluruh ataupun sebagian besar dinding, bila dinding menampilkan pemandangan luar rumah dengan begitu manis.


Gambar 1. Jendela Menampilkan Panorama Pemandangan Luar Rumah

Pertimbangkan Transparansi (tembus pandang) Kaca Jendela Di pasaran, tersedia beragam kaca jendela dengan tingkat transparansi yang berbeda. Nah, pilihlah kaca dengan tingkat transparansi cahaya yang sesuai dengan kebutuhan kita. Ambil contoh, kita akan memasang jendela di ruang keluarga. Bila merasa sinar matahari yang masuk melalui jendela terlalu menyilaukan, pilihlah kaca jendela dengan tingkat transparansi yang rendah. Kita akan merasa kurang nyaman di dalam rumah, bila cahaya matahari terlalu silau. Bila merasa membutuhkan cahaya yang terang, pilihlah kaca jendela dengan tingkat transparansi yang tinggi.

Padukan Jendela yang Berbentuk Sama Ataupun yang Berbeda Bentuk. Kita pun dapat juga berkreasi menata jendela dengan meletakkan jendela-jendela yang berbentuk sama ataupun berbeda. Misalnya, kita memadukan jendela berbentuk bujur sangkar dengan berbentuk persegi panjang. Salah satu contoh memadukannya yaitu letakkan jendela berbentuk persegi panjang di posisi tengah. Lalu, pada bagian sisi, letakkan jendela berbentuk bujur sangkar. Masih banyak variasi memadukannya. Misalnya, memadukan jendela-jendela berdesain bundar. Kita mesti cermat memadukannya, agar jendela terlihat rapih dan harmonis.


Gambar 2. Perpaduan Jendela Berbentuk Kotak dan Persegi Panjang

Tempatkan Jendela pada Langit-Langit Rumah. Selain pada dinding, jendela pun dapat juga kita letakkan pada langit-langit rumah. Cara ini biasanya disebut skylight. Tentu saja, karena menampilkan sinar yang berasal dari langit. Interior rumah pun akan terasa lebih segar dan menawan. Hanya saja, karena memasangnya tak begitu mudah, kita membutuhkan jasa konsultan yang profesional. Selain itu, kelemahan lainnya skylight yaitu membutuhkan perawatan khusus. Kita pun mesti cermat meletakkannya agar tak membuat seisi rumah terasa begitu silau.


Gambar 3. Contoh Pemasangan Skylight

Demikian, beberapa tips menata jendela untuk menghias interior rumah. Kesimpulannya, selain lebih menerangi rumah, tips-tips tersebut dapat menjadi alternatif untuk menghias interior. Selain tips-tips tersebut, tentunya masih banyak cara kreatif lainnya memanfaatkan jendela untuk menghias interior Nah, tertarik mencobanya? Selamat mencoba dan semoga terinspirasi…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://freshome.com/2013/11/08/10-ways-window-design-can-influence-interiors/

Sumber Gambar:
1. https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/6a/Gordijnen_aan_venster.JPG
2. https://cdn.pixabay.com/photo/2017/08/06/11/08/white-2591358_960_720.jpg
3. http://cdn.home-designing.com/wp-content/uploads/2012/12/living-room-skylights-13.jpg


Related Posts :