Minggu, 28 Januari 2018

Menata Ruang Keluarga Berdasarkan Aktivitas

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/menata-ruang-keluarga-berdasarkan-aktivitas

Memang, ada banyak trik dan teknik rahasia untuk menata ruang keluarga. Kita dapat menemukannya di berbagai media. Nah, salah satu trik yang dapat kita coba yaitu menatanya dengan menyesuaikannya berdasarkan aktivitas yang biasa kita lakukan di dalam ruang tersebut. Sebelum memulai menata ruang keluarga, catatlah satu atau lebih aktivitas yang biasa dan sering kita lakukan di dalam ruang tersebut. Lalu, sesuaikan layout dengan aktivitas tersebut.

Mari kita mulai pembahasan. Bila kita terbiasa dan sering menonton beragam tayangan televisi, beristirahat santai, tidur siang, membaca buku, majalah, ataupun koran, sangat cocok menata ruang keluarga seperti yang ditampakkan ilustrasi berikut. Ilustrasi tersebut sangat cocok juga bila rumah kita sering dikunjungi para tamu. Kita akan lebih nyaman melakukan aktivitas-aktivitas tersebut bila ruang keluarga tertata seperti yang kurang lebih ditampakkan pada ilustrasi berikut. Furnitur-furnitur utama yang kita butuhkan antara lain sofa panjang, meja sofa, sofa kecil, dan meja bundar. Ilustrasi tak jauh berbeda dengan layout ruang keluarga umumnya.


Gambar 1. Contoh Layout

Nah, bila kita senang bermain-main bersama anggota keluarga lainnya ataupun bersama rekan ataupun teman, misalnya bermain kartu gapleh, game online, ataupun makan bersama, sangat cocok menata ruang keluarga seperti yang tampak yang pada ilustrasi berikut. Kita akan lebih nyaman melakukan aktivitas tersebut. Furnitur-furnitur utama yang kita butuhkan yaitu beberapa kursi makan dan meja berukuran besar. Aturlah posisi meja agar semua orang yang duduk ‘kebagian tempat’. Dapat juga mempertimbangkan menggunakan meja berbentuk bundar.


Gambar 2. Contoh Layout

Bila ruang keluarga kita berukuran besar serta terbiasa dan sering melakukan dua kategori aktivitas tersebut, kita dapat menggabungkan dua layout tersebut. Misalnya, pada ruang keluarga sebelah kiri, kita tata berdasarkan seperti yang ditampakkan layout pertama. Pada ruang keluarga sebelah kanan, kita tata berdasarkan seperti yang ditampakkan layout kedua. Kita dapat lebih leluasa melakukan kedua kategori aktivitas tersebut. Ilustrasi tampak seperti penataan meja makan. Namun, dapat digunakan untuk banyak aktivitas.

Sebagai tambahan sekaligus hal penting yang mesti kita perhatikan, letakkan beberapa furnitur yang mendukung aktivitas kita. Misalnya, bila kita senang menonton televisi, kita taruh beberapa speaker berukuran jumbo di dekat televisi. Contoh lainnya, bila kita senang makan bersama bersama rekan-rekan di rumah kita, pertimbangkan ukuran meja. Pilihlah meja dengan ukuran yang sesuai. Contoh lainnya, bila senang membaca buku, gunakan lampu yang bercahaya cukup terang. Tentu saja, agar lebih nyaman membaca buku saat malam. Pertimbangkan juga warna-warna furnitur agar interior tampak lebih menawan.

Demikian, trik mudah dan praktis menyesuaikan aktivitas kita dengan layout ruang keluarga. Kesimpulannya, menerapkan trik ini mudah dilakukan siapapun. Nah, apakah akan menata ruang keluarga dalam waktu dekat? Mencoba trik tersebut dapat menjadi alternatif. Ingin mencobanya?

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.houseplanshelper.com/living-room-design-ideas.html

Sumber Gambar:
Gambar Milik Pribadi
Gambar Milik Pribadi


Related Posts :