Selasa, 09 Januari 2018

Pengaruh Langit-Langit Berwarna Hitam Terhadap Interior

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/pengaruh-langit-langit-berwarna-hitam-terhadap-interior

Apa warna langit-langit rumah kita? Langit-langit rumah pun dapat juga berwarna hitam. Umumnya, langit-langit berwarna putih ataupun berwarna terang. Nah, menggunakan warna hitam sebagai warna langit-langit sebenarnya dapat menjadi salah satu cara mudah dan praktis untuk menghias interior. Lalu, bagaimana sesungguhnya efek atau pengaruh langit-langit berwarna hitam terhadap interior? Berikut pengaruh langit-langit berwarna hitam terhadap nuansa interior.


Gambar 1. Langit-Langit Berwarna Hitam

  • Bila terdapat furnitur ataupun benda lainnya yang berwarna hitam di dalam rumah, interior terlihat lebih menawan. Sebabnya, langit-langit berwarna hitam dengan furnitur tersebut akan terlihat menyatu. Contohnya dapat kita amati pada gambar pertama di atas. Lemari, dinding di belakang televisi,, dan beberapa furnitur lainnya yang berwarna hitam terlihat menyatu dengan langit-langit. Penyatuan tersebut memberikan kesan menawan pada interior.

  • Langit-langit berwarna hitam pun mempertegas batasan antara interior dengan langit-langit interior. Tampaknya batasan tersebut tentunya membuat interior tampak lebih menawan dan lebih menarik. Terlebih, bila interior berukuran luas. Contohnya pun dapat kita amati pada gambar pertama di atas. Tampaknya langit-langit berwarna hitam mempertegas batas yang jelas antara interior dengan langit-langit.

  • Membuat ruangan terasa lebih pendek. Tak semua orang merasa nyaman berada di dalam ruangan berlangit-langit tinggi. Nah, apakah kita termasuk yang demikian? agar ruangan terasa lebih pendek, menjadikan hitam sebagai warna langit-langit rumah dapat menjadi alternatif. Selain membuat ruangan terasa lebih pendek, langit-langit berwarna hitam pun membuat interior tampak lebih menawan.

  • Mempertegas ‘eksistensi’ atau keberadaan ruangan. Contoh penerapannya dapat kita amati pada gambar pertama. Di atas kursi dan meja, tampak langit-langit berwarna hitam. Langit-langit berwarna hitam mempertegas keberadaan ruangan tersebut. Hanya saja, agar ‘eksistensi’ ruangan terasa, hanya langit-langit di atas ruangan yang mesti berwarna hitam. Sisanya, berwarna putih ataupun berwarna terang.

  • Langit-langit berwarna hitam pun sebenarnya mampu menyembunyikan kesan berantakan benda-benda yang berserakan. Memang, ada saatnya rumah kita begitu berantakan. Dinding berwarna hitam membuat benda-benda tersebut tak mudah menjadi fokus perhatian. Bila dinding berwarna terang, benda-benda yang berserakan akan begitu mudah terlihat. Tentu saja, karena mudah menjadi fokus perhatian.

  • Cocok bila kita senang memajang satu ataupun lebih foto, poster berukuran besar, ataupun gambar lainnya pada dinding?. Nah, apakah kita senang memajangnya? Bila ya, tak ada salahnya menjadikan hitam sebagai warna langit-langit rumah. Memadukannya dengan langit-langit berwarna hitam membuat foto, poster, ataupun gambar lainnya yang terpajang terasa lebih hidup dan dramatis.

Demikian, pengaruh sesungguhnya langit-langit berwarna hitam terhadap nuansa interior. Kesimpulannya, hitam pun dapat menjadi warna alternatif langit-langit. Bila menginginkan gaya interior baru ataupun yang tak terlalu cenderung ‘mainstream’, dapat juga mencobanya. Nah, tertarikkah mencobanya? Bila tertarik, selamat merasakan nuansa interior baru…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://www.houzz.com/ideabooks/20882074/list/11-reasons-to-paint-your-ceiling-black

Sumber Gambar:
1.https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/80/Tavan_ex.jpg


Related Posts :