Jumat, 26 Januari 2018

Pintu Khas Negeri Prancis

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/pintu-khas-negeri-prancis

Prancis diakui sebagai salah satu kiblat fashion dunia. Nah, selain dalam hal fashion, terdapat beberapa hal yang menjadi ciri khas interior negeri asal Napoleon dan negeri yang beribukota Paris tersebut. Salah satunya yaitu pintu French Door.

Lalu, apa aspek menarik pintu tersebut? Hal yang membedakan French Door dengan pintu umumnya yaitu adanya kaca pada pada pintu. French Door terdiri dari beberapa kotak jendela yang terletak pada sebagian besar badan pintu. Dari bagian atas hingga bagian bawah pintu. Dengan kata lain, French Door tersusun dari beberapa kaca dan bingkai pintu. Pintu ini dapat dipasang sebagai pintu masuk rumah ataupun pintu yang membatasi ruangan di dalam rumah. Berikut contoh pintu French Door.



Gambar 1. French Door

Terkait material pintu, biasanya terbuat dari kayu, fiberglass, dan besi. French Door dengan bagian pintu yang terbuat dari kayu terlihat begitu elegan dan manis. French Door dengan bagian pintu yang terbuat dari fiberglass tampak begitu bersih dan modern. Sedangkan French door dengan bagian pintu yang terbuat dari besi tampak begitu elegan dan bersinar. Kita pun dapat juga mencatnya dengan warna apapun yang kita sukai. Dapat juga memasang gorden agar menutupi rumah saat malam

Nah, ditinjau dari aspek manfaat, terdapat beberapa manfaat pintu tersebut. Karenanya, keberadaan pintu tersebut tak hanya memperindah interior saja. Apa saja manfaat tersebut? Manfaat pertama yaitu lebih ‘menyatukan’ eksterior dengan interior. Kita dapat lebih leluasa memandang eksterior rumah. Bila terdapat taman, memasang pintu tersebut dapat menjadi alternatif. Kita pun dapat memandang eksterior luar rumah sambil bersantai di dalam rumah.

Manfaat kedua yaitu membuat interior rumah menjadi terang. Seperti yang sudah disebutkan, terdapat beberapa kotak kaca pada sebagian besar pintu. Karenanya, sinar matahari akan lebih banyak memasuki bagian dalam rumah sehingga interior rumah menjadi lebih terang. Bila rumah kita terasa gelap, memasang pintu tersebut pun dapat menjadi alternatif. Tampaknya kaca pun membuat ruangan terasa lebih besar. Sebabnya, sinar matahari yang memasuki rumah lebih banyak.

Hanya saja, dalam hal keamanan, French Door sebenarnya begitu rentan. Ini aspek kelemahan pintu tersebut. Sebabnya, pencuri bisa saja memecahkan jendela lalu membobol gagang pintu. Nah, untuk mengurangi risiko tersebut, sangat disarankan menggunakan gagang pintu berkualitas baik. Dan juga, tak ada salahnya memasang alarm bersuara nyaring pada pintu. Bila pintu terbuka, alarm akan bersuara. Dapat juga memasang slot pintu yang dilengkapi dengan kunci.

Kesimpulannya, apakah tertarik ingin mencoba memasang pintu French Door tersebut pada interior rumah kita? Bila ingin menambahkan kesan western style ataupun aroma khas Prancis, kita dapat menambahkannya. Kita dapat segera memesannya di jasa pembuatan pintu terdekat. Selamat merasakan aroma interior rumah khas Prancis…

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://www.renewalbyandersen.com/blogs/2015/02/what-is-a-french-door.aspx
http://www.freediyhomeimprovement.com/2014/03/01/french-door-interior-and-exterior-french-doors-material-and-construction/

Sumber Gambar:
1a.https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d8/Just_Nancy_House_Edgewater%2C_Florida_-_French_Door_View.jpg
1b. https://cdn.pixabay.com/photo/2014/02/04/18/57/green-door-258279_960_720.jpg


Related Posts :