Minggu, 11 Februari 2018

Tips Menentukan Letak Sofa

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/tips-menentukan-letak-sofa

Di posisi mana kita meletakkan sofa di dalam ruangan? Rumah memang tak dapat terlepas dari sofa. Di pasaran pun, tersedia beragam sofa bermotif menarik dan menawan. Harganya pun bervariasi. Dari mulai harga yang terjangkau hingga harga ‘berkelas premium’.

Namun, penghuni rumah umumnya kurang memahami bagaimana menentukan letak sofa. Selain itu,. Umumnya juga penghuni rumah meletakkan sofa dalam posisi saling berhadapan. Baik di ruangan berukuran kecil maupun besar. Padahal, masih banyak posisi lainnya meletakkan sofa. Nah, dengan cermat menentukannya, kita lebih nyaman berada di dalam rumah. Lalu, bagaimana menentukan letak sofa? Berikut beberapa tips menentukan letak sofa.


Gambar 1. Sofa Membelakangi Jendela

Sofa Membelakangi jendela. Bila jendela berukuran tinggi dan sofa berukuran cenderung pendek, kita dapat mencoba meletakkan sofa di hadapan jendela. Meletakkan sofa di posisi ini memberikan panorama interior yang menarik. Bila jendela berukuran pendek dan sofa relatif tinggi, sebaiknya tak mencoba tips ini. Sebabnya, akan menghalangi sinar masuk ke dalam rumah. Rumah akan menjadi lebih gelap. Cermati juga jarak antara jendela dengan sofa. Letakkan sofa tak menempel ataupun terlalu dekat dengan jendela. Letakkan dengan jarak 10 hingga 12 inci dari jendela. Tujuannya, agar udara lebih banyak mengalir. Dan juga, agar jendela tak mudah rusak.

Sofa Menghadap Jendela. Sofa dapat juga diletakkan menghadap jendela. Dengan menerapkan tips ini, kita dapat memandang panorama dan suasana di luar rumah. Nah, di hadapan sofa, kosongkan ruangan agar kita lebih leluasa memandang panorama dan suasana tersebut. Bila terdapat taman di halaman rumah, sangat cocok menerapkan tips ini.


Gambar 2. Sofa Menghadap Jendela

Sofa Berada Di Depan Pintu. Meletakkan sofa di depan pintu memang tak lazim. Tentu saja, karena akan menghalangi kita dan penghuni rumah lainnya masuk dan keluar ruangan. Namun, bila terdapat ruang untuk lalu lalang, tak ada salahnya dapat juga mencoba meletakkan sofa di depan pintu. Meletakkan sofa di depan pintu akan menciptakan panorama visual yang menarik.


Gambar 3. Sofa Berada Di Depan Pintu

Tambahan, Cermati Ruang Kosong Di Sekitar Sofa. Sofa merupakan furnitur yang berukuran besar. Karenanya, kita mesti mencermati ruang kosong di sekitar sofa. Bila tak terdapat ruang kosong, menyulitkan para penghuni rumah melewatinya. Misalnya, bila jarak antara sofa dan meja sofa terlalu sempit, menyulitkan kita dan penghuni rumah lainnya melewatinya. Sediakan ruang kosong yang cukup antara sofa dengan furnitur-furnitur lainnya. Sebagai hal penting, bila ruangan berukuran kecil, bila terdapat beberapa sofa, sebaiknya tak meletakkan sofa saling berhadapan. Sebabnya, membuat ruangan terasa padat dan sempit. Letakkan sofa dalam posisi saling menyamping

Demikian, beberapa tips menentukan letak sofa. Kesimpulannya, dalam desain interior, penataan sofa sesungguhnya menjadi hal penting. Nah, tertarik ingin menata kembali letak sofa? Selamat berkreasi menata sofa…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://www.thespruce.com/sofa-placement-tips-4108023

Sumber Gambar 1,2,3 : Gambar Milik Pribadi


Related Posts :