Jumat, 02 Maret 2018

Keunggulan Peralatan Makan Berbahan Kayu

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/keunggulan-peralatan-makan-berbahan-kayu

Peralatan makan berbahan kayu memang begitu kental dengan kesan tradisional dan kurang modern. Karenanya, penghuni rumah umumnya memilih menggunakan peralatan makan yang terbuat dari bahan kaca ataupun keramik. Di pelosok pedesaan, kita mungkin masih dapat menemukan peralatan makan tersebut. Ada juga yang menggunakan peralatan makanan yang terbuat dari plastik. Misalnya, gelas ataupun piring plastik.

Meskipun terkesan kurang modern dan begitu tradisional, peralatan makan berbahan kayu tak dipandang sebelah mata. Sebabnya, peralatan makan ini memberikan beberapa manfaat penting. Berikut beberapa keunggulan peralatan makan berbahan kayu.


Gambar 1. Piring Berbahan Kayu

Tak Menyerap Panas.
Keunggulan pertama peralatan makan berbahan kayu yaitu tak menyerap panas. Karenanya, kita lebih nyaman menyantap makanan ataupun meminum minuman hangat. Ambil contoh, kita akan menyantap sup ataupun makanan berkuah yang hangat. Dengan menggunakan mangkuk berbahan kayu, panas tak akan menyerap pada permukaan piring. Karenanya, memudahkan kita menyantapnya. Contoh lainnya, kita akan membuat kopi hangat. Dengan menggunakan gelas yang terbuat dari bahan kayu, memudahkan kita memegangnya.

Tak Membahayakan Karena Tak Bereaksi dengan Makanan.
Secara kimiawi, logam termasuk material yang sebenarnya mudah bereaksi dengan makanan.Terlebih, bila peralatan yang terbuat dari bahan logam berkualitas rendah. Bila logam bereaksi dengan makanan, memengaruhi rasa makanan. Tak tertutup kemungkinan, makanan akan terasa begitu ‘aneh’. Nah, dengan menggunakan peralatan makan berbahan kayu, hal tersebut dapat kita hindarkan. Sebabnya, kayu termasuk bahan yang tak bereaksi dengan makanan

Anti Bakteri.
Menurut suatu penelitian, bakteri tak betah hinggap di atas permukaan kayu. Sebabnya, permukaan kayu menjadi tempat yang tak nyaman bagi bakteri untuk berkembang. Sedangkan pada permukaan logam ataupun plastik, bakteri lebih mudah berkembang biak. Nah, agar peralatan makan kita lebih steril, tak ada salahnya mencoba menggunakan peralatan makan yang terbuat dari bahan kayu.

Lebih Awet dan Tahan Lama.
Tak tertutup kemungkinan, peralatan makan berbahan kaca tak sengaja terjatuh bila tak sengaja terjatuh, piring ataupun gelas berbahan kaca akan pecah. Bila pecah, kita biasanya tak dapat menggunakannya. Kita pun mesti membuangnya. Sedangkan piring ataupun gelas yang berbahan kayu, tak akan pecah bila tak sengaja terjatuh. Dengan kata lain, peralatan makan berbahan kayu sebenarnya lebih tahan lama dan awet dibandingkan peralatan makan berbahan kaca ataupun keramik.

Demikian, keunggulan peralatan makan berbahan kayu. Kesimpulannya, hal-hal yang modern belum tentu memberikan manfaat yang lebih baik. Termasuk juga dalam hal peralatan makan. Peralatan makan berbahan kayu memberikan beberapa keunggulan yang tak terdapat pada peralatan makan berbahan logam ataupun plastik. Nah, ingin mencoba menyantap ataupun menyajikan makanan dengan peralatan makan berbahan kayu? Selamat mencoba…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://yanisgallery.com/reason-to-have-wooden-dinnerware-set/

Sumber Gambar:
http://maxpixel.freegreatpicture.com/static/photo/1x/Dishware-Material-Round-Palm-Leaf-Plates-Wooden-1917960.jpg


Related Posts :