Jumat, 02 Maret 2018

Keunggulan Peralatan Masak Berbahan Kayu

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/keunggulan-peralatan-masak-berbahan-kayu

Di pasaran, selain peralatan masak berbahan logam ataupun plastik, tersedia juga beragam peralatan masak yang terbuat dari bahan kayu. Harganya pun bervariatif. Dari mulai harga yang terjangkau hingga harga yang ‘berkelas premium’ Nah, peralatan masak berbahan apa yang tersimpan di dalam dapur kita? Logam, plastik, ataukah kayu? Nah, bila kita kaji lebih mendalam, apa saja kelebihan peralatan masak berbahan kayu? Bila senang ataupun hobi memasak, tak ada salahnya kita lebih memahaminya.


Gambar 1. Spatula Berbahan Kayu

Berikut beberapa keunggulan peralatan masak berbahan kayu.
  • Menggunakan peralatan masak berbahan kayu tak menggores peralatan masak lainnya. Tentu saja, karena permukaan kayu lebih lembut dibandingkan permukaan logam. Kita pun dapat lebih leluasa mengolah makanan.
  • Tak mengalirkan panas. Kayu termasuk bahan yang tak mengalirkan panas. Karenanya, setelah memasak, untuk mencucinya, kita tak perlu menunggu hingga peralatan masak menjadi dingin. Bila kita memasak menggunakan sendok ataupun garpu berbahan kayu, kita lebih nyaman mengolah makanan.
  • Lebih ‘steril’ dari zat-zat berbahaya. Dibandingkan permukaan logam, permukaan kayu lebih steril dari zat-zat berbahaya. Sebabnya, dibandingkan permukaan logam, zat-zat berbahaya tak mudah menempel pada permukaan kayu. Makanan pun akan lebih higienis, bila tak bercampur dengan zat-zat berbahaya. Bila memasak dengan peralatan masak berbahan logam, tak tertutup kemungkinan akan bercampur dengan makanan.
  • Lebih aman dari kuman dan bakteri. Menurut suatu penelitian, permukaan kayu mampu melenyapkan lebih banyak kuman dan bakteri. Sedangkan pada permukaan besi ataupun plastik, kuman dan bakteri lebih mudah berkembang biak. Dengan demikian, agar makanan lebih ‘steril’ dan juga lebih sehat, tak ada salahnya memasak mengggunakan peralatan masak berbahan kayu.

Nah, dibalik keunggulannya, terdapat juga beberapa kelemahan peralatan masak berbahan kayu. Tak ada salahnya juga kita lebih memahaminya. Kelemahan-kelemahan tersebut antara lain,
  • Lebih sulit mencucinya. Terlebih, bila banyak sisa-sisa makanan menempel pada pori-pori permukaan kayu. Peralatan masak berbahan kayu lebih mudah mengembang bila kita rendam di dalam air. Merendamnya dalam air tentunya menjadi hal keliru untuk kita lakukan.
  • Bila tak disimpan dengan baik ataupun tak dipegang dengan baik saat memasak, tampilan permukaannya lebih mudah retak. Selain itu, warnanya pun akan cepat pudar. Terlebih, bila sering menggunakannya.
  • Bila tampilan warnanya begitu mengkilap, warna yang menempel pada permukaan peralatan masak berbahan kayu berisiko bercampur dengan makanan. Warna tersebut termasuk bahan kimia.

Demikian, keunggulan peralatan masak berbahan kayu. Serta, kekurangan peralatan masak tersebut. Kesimpulannya, meskipun peralatan masak berbahan kayu kental dengan kesan tradisional, peralatan masak berbahan kayu tak bisa kita pandang sebelah mata. Nah, ingin mencoba memasak dengan peralatan masak berbahan kayu? Bila ya, selamat memasak…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
https://healthy-cookware.com/advantages-of-using-wooden-kitchen-tools/

Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/7e/Medin%C4%97_mentel%C4%97.jpg


Related Posts :