Sabtu, 17 Maret 2018

Menghias Interior Rumah dengan Tembok Bebatuan

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumahbebatuan/@puncakbukit/menghias-interior-rumah-dengan-tembok-bebatuan

Bebatuan menjadi salah satu bahan yang dapat kita manfaatkan untuk menghias rumah. Nah, selain dapat digunakan pada eksterior rumah, bebatuan pun dapat kita manfaatkan untuk menghias interior rumah. Namun, penghuni rumah umumnya memandang bahwa bebatuan hanya dapat digunakan pada eksterior. Misalnya, menggunakan batu sebagai batas kolam ikan, meletakkannya pada taman, ataupun menggunakan batu sebagai bahan dinding pagar.

Pada interior, kita dapat mencoba memanfaatkan bebatuan sebagai bahan dinding rumah. Kita hias interior rumah dengan dinding bebatuan. Nah, dengan menghias interior dengan dinding bebatuan, tak hanya menjadikan interior tampak lebih ‘natural’ dan asri saja. Ada juga keuntungan-keuntungan lainnya. Keuntungan pertama yaitu membuat rumah menjadi lebih tenang. Batu termasuk bahan yang mampu meredam suara bising. Keuntungan kedua yaitu dinding lebih awet dan tahan lama. Batu pun termasuk bahan yang kuat dan keras. Gambar berikut yaitu contoh interior rumah yang dihias dengan bebatuan.


Gambar 1. Contoh Dinding Bebatuan


Gambar 2. Contoh Lainnya Dinding Bebatuan

Tips-tips mudah dan praktis
Bila tertarik menghias interior rumah dengan bebatuan, berikut beberapa tips mudah dan praktis mempercantik interior rumah dengan dinding bebatuan. Selamat menyimak…

  • Letakkan lampu agar menerangi sebagian ataupun seluruh dinding batuan. Misalnya, memasang lampu gantung di area sekitar dinding tersebut. Dinding bebatuan yang tersinari cahaya lampu saat malam, menciptakan tampilan visual yang menarik,‘natural’, dan menawan.
  • Batu termasuk bahan yang membuat suhu udara menjadi lebih dingin. Untuk menyiasati, hamparkan karpet tebal yang hangat, sofa berbahan tebal, dan sebagainya,
  • Bila rumah berukuran kecil, tak mesti tampak bebatuan pada seluruh bagian dinding. Meskipun bagian dinding bebatuan hanya sedikit, cukup memberikan kesan ‘natural’ dan asri. Bila tampak bebatuan pada interior seluruh bagian dinding rumah berukuran kecil, Interior rumah cenderung terasa padat dan sempit.
  • Cermati juga‘desain’ batu. Batu yang berbentuk kotak-kotak memunculkan kesan modern. Sedangkan batu yang berdesain ‘tak beraturan’ memberikan kesan nuansa pedesaan.
  • Letakkan satu ataupun beberapa tanaman di dekat dinding bebatuan. Tanaman termasuk salah satu benda alam. Batu pun termasuk salah satu benda alam. Bila keduanya kita padukan, perpaduan tanaman dengan dinding berbahan batu akan memperkuat kesan ‘natural’ dan asri di dalam interior.
  • Dapat juga menggunakan berbagai jenis bebatuan. Misalnya, menggunakan batuan yang berbeda jenis pada setiap dinding. Dengan menggunakan berbagai jenis bebatuan, ruangan akan tampak lebih dinamis dan berkarakter.

Demikian, beberapa tips mudah dan praktis mempercantik dinding berbahan bebatuan. Bila ingin menghadirkan nuansa interior berbeda ataupun menginginkan gaya interior yang lebih natural dan asri, kita dapat mengganti dinding rumah kita dengan dinding berbahan tembok. Lalu, menerapkan tips-tips tersebut. Nah, sekali lagi, ingin mencobanya? Bila ya, selamat mencoba…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.interiorish.com/decorate-walls-natural-stone/

Sumber Gambar:
1. https://cdn.pixabay.com/photo/2017/04/06/23/31/pedorido-2209636_960_720.jpg
2. http://maxpixel.freegreatpicture.com/static/photo/1x/Kitchen-Facing-Wall-Modern-Style-Dining-Room-2132347.jpg


Related Posts :