Sabtu, 17 Maret 2018

Mengurangi Sampah Di Dalam Rumah

Sudah terbit di: https://steemit.com/rumah/@puncakbukit/mengurangi-sampah-di-dalam-rumah

Rumah memang tak dapat terlepas dari sampah. Nah, sampah sebenarnya menjadi musuh yang sangat merepotkan bagi para penghuni rumah. Terlebih, bila sampah begitu banyak dan begitu menggunung. Bila sampah begitu banyak dan menggunung, kita pun akan begitu repot membuangnya. Bila rumah kita berukuran minimalis, keberadaan sampah tentunya membuat kita kurang nyaman berada di dalam rumah. Nah, untuk mengurangi sampah di dalam rumah, kita dapat mencoba tips praktis berikut


Gambar 1. Tumpukan Sampah

Membeli Produk dalam Kemasan Besar.
Bila akan membeli suatu produk kebutuhan sehari-hari, misalnya shampo ataupun sabun, sebaiknya pilihlah produk dalam kemasan besar. Bila kita terbiasa membeli produk dalam kemasan kecil, misalnya membeli sachet sampo ataupun sabun kemasan kecil, biasanya kemasan tersebut akan menjadi tumpukan sampah. Terlebih, bila kita sering membelinya. Dengan membeli produk dalam kemasan besar, sebenarnya mengurangi jumlah sampah di dalam rumah.

Membeli Kantong Belanja yang dapat Digunakan Berulang-ulang.
Saat ini, tersedia beragam kantong khusus untuk menyimpan barang-barang yang kita beli. Bahkan,desainnya begitu menarik. Kantong ini pun terbuat dari bahan yang tak mudah sobek. Nah, bila kita akan berbelanja, bawalah kantong tersebut untuk menyimpan barang-barang. Dengan memasukkan barang-barang ke dalam kantong tersebut, rumah akan lebih terbebas dari sampah plastik. Terlebih, bila kita sering berbelanja dalam jumlah yang banyak. Bila menggunakan plastik untuk membawanya, biasanya plastik akan menjadi sampah.

Manfaatkan Kemasan Tak Terpakai.
Carilah kemasan produk yang dapat kita pergunakan untuk suatu hal. Misalnya, kaleng minuman. Kita dapat menjadikannya sebagai kaleng untuk menyimpan berbagai peralatan alat tulis. Menerapkan cara ini akan mengurangi sampah di dalam rumah. Kita pun tak perlu membeli kotak untuk menyimpan peralatan alat tulis. Contoh lainnya, kita dapat memanfaatkan botol minuman plastik menjadi pot tanaman.

Membawa Wadah Sendiri.
Kita pun dapat juga membawa wadah sendiri saat akan membeli suatu hal. Ambil contoh, kita akan membeli makanan siap saji. Nah, masukkan makanan siap saji ke dalam wadah yang kita bawa. Bila menggunakan kemasan yang tersedia, biasanya akan menjadi sampah. Terlebih, bila kita membeli cukup banyak makanan tersebut. Wadah tersebut pun dapat kita gunakan berulang kali. Contoh lainnya, kita akan membeli minuman siap seduh. Kita dapat membawa gelas yang dapat dibuka tutup. Di pasaran, tersedia beragam gelas tersebut dengan desain yang begitu menarik.

Demikian, beberapa tips praktis mengurangi sampah di dalam rumah. Bila kita mengabaikan keberadaan sampah, suatu saat sampah akan sangat merepotkan kita. Kita pun mesti menyediakan tenaga ekstra untuk mengeluarkan seluruh sampah dari dalam rumah. Ibarat pepatah sedikit demi sedikit lama -lama menjadi bukit. Agar rumah kita lebih terbebas dari sampah, tak ada salahnya menerapkan tips-tips tersebut.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://www.lessismore.org/materials/29-tips-to-reduce-waste

Sumber Gambar:
https://www.grrif.ch/Htdocs/Images/IF_Content_630/8386.jpg?puid=85a06f69-24cf-48bc-8e97-90909cbe1ca9


Related Posts :